Windows 11 Tidak Kompatibel di PC Kamu? Begini cara ceknya

Bulan lalu, Windows 11 dirilis dan itu datang dengan banyak masalah kompatibilitas. Sejak Microsoft merilis upgrade OS Windows besar pertamanya dalam enam tahun musim panas ini, masalah kompatibilitas telah ada di pikiran banyak pengguna PC.

Menurut Microsoft, Windows 11 harus kompatibel dengan sebagian besar PC. Terlepas dari kenyataan bahwa tanggal rilis Windows 11 telah berlalu, perangkat yang kompatibel mungkin masih belum ada pembaharuan terakhir; Microsoft memperkirakan bahwa kamu mungkin harus menunggu hingga pertengahan 2022 untuk mengunduh dan menginstal Windows 11.

Sayangnya, alat Microsoft sendiri untuk memverifikasi kompatibilitas perangkat, aplikasi “Pemeriksaan Kesehatan PC (Microsoft’s PC Health Check)”, tidak siap ketika Windows 11 awalnya diperkenalkan (ada laporan bahwa itu tidak memberikan informasi yang cukup kepada pelanggan tentang mengapa perangkat mereka tidak kompatibel) , jadi dihapus sementara.

BACA JUGA:   Aplikasi Blokir Iklan Terbaik 2022

Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft, di sisi lain, saat ini aktif dan berjalan. Software ini akan memberi tahu kamu jika komputer kamu memenuhi persyaratan sistem untuk Windows 11, dan jika tidak, software itu akan menjelaskan alasannya dan menyediakan koneksi ke sumber daya tambahan.

Namun, ini bukan satu-satunya pilihan untuk melihat apakah perangkat kamu kompatibel dengan upgrade Windows 11 gratis. Sebaiknya periksa PC kamu sendiri sekarang setelah tanggal rilis Windows 11 telah berlalu (perhatikan, bahwa penerapannya akan tertunda). Jika PC kamu tidak memenuhi standar kelayakan, kamu mungkin perlu menggantinya pada tahun 2025, karena Microsoft berencana untuk menghentikan Windows 10 secara bertahap selama beberapa tahun ke depan.

BACA JUGA:   7 Aplikasi Melihat Bintang untuk Android dan Iphone

 

Opsi 1: Periksa kompatibilitas komputer kamu dengan Windows 11 menggunakan software Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft

Untuk melihat apakah PC kamu memenuhi persyaratan sistem untuk Windows 11, ikuti langkah-langkah ini.

1. Dapatkan Pemeriksaan Kesehatan PC dari Microsoft.(Download Microsoft’s PC Health Check)

Klik Instal setelah membuka file dan menyetujui persyaratan layanan. Pastikan kotak berlabel “Open PC Health Check” dicentang, lalu klik Finish.

2. “PC health at a glance.” menurut halaman berkamu aplikasi. “Introducing Windows 11,” kata sebuah kotak di bagian atas. Lalu Check now.

BACA JUGA:   3 Cara Menulis di WA/ WhatsApp Dengan Huruf Warna, Tebal, Miring

Jika komputer kamu tidak kompatibel, kamu akan melihat pemberitahuan yang menyatakan “PC ini saat ini tidak memenuhi persyaratan sistem Windows 11”, dengan detail selengkapnya di bawah.

This PC can't run Windows 11

Kamu bisa mendapatkan upgrade Windows 11 secara gratis jika PC kamu kompatibel. Tanggal rilis resmi untuk Windows 11 adalah 5 Oktober, tetapi Microsoft merencanakan penyebaran bertahap. Atau munkin kamu bisa melihat Tutorial Cara Mengatasi Windows 11 tidak kompatibel

Opsi 2: Periksa kompatibilitas Windows 11 dengan program WhyNotWin11.

WhyNotWin11, aplikasi sumber terbuka (open-source), adalah alternatif yang baik untuk aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC. Aplikasi Github, yang ditulis oleh pengembang non-Microsoft, memiliki antarmuka yang kurang ramah pengguna, tetapi seharusnya memberi kamu lebih banyak informasi dan membahas lebih dalam tentang berbagai potensi masalah kompatibilitas.

BACA JUGA:   Cara Menggunakan Aplikasi Cek Mental yang sedang Tren

TechRadar memiliki informasi lebih lanjut tentang cara menggunakannya untuk melihat apakah perangkat kamu kompatibel dengan Windows 11.

Opsi 3: Tinjau daftar persyaratan sistem Windows 11 Microsoft.

Untuk melihat apakah PC kamu saat ini dapat menjalankan Windows 11, kunjungi situs web Microsoft dan lihat daftar persyaratan sistem, atau lihat tabel di bawah. kamu bisa mendapatkan upgrade Windows 11 secara gratis jika PC kamu cocok saat tersedia.

Apa prasyarat untuk menjalankan Windows 11?

Seluruh daftar persyaratan sistem untuk Windows 11 dapat dilihat di sini, yang mencakup setidaknya 4GB RAM, 64GB penyimpanan, dan layar 720p dengan ukuran diagonal lebih dari 9 inch.

WINDOWS 11 REQUIREMENTS

Spec Requirement
Processor 1GHz or faster with 2 or more cores on a compatible 64-bit processor or system on a chip
RAM 4GB
Storage 64GB or larger storage device
System firmware UEFI, Secure Boot-capable
TPM Trusted Platform Module (TPM) version 2.0
Graphics card Compatible with DirectX 12 or later with WDDM 2.0 driver
Display HD (720p) display greater than 9 inches diagonally, 8 bits per color channel
Internet connection and Microsoft account For Windows 11 Home edition: internet connectivity; Microsoft account to complete device setup on first use. For all Windows 11 editions: Internet access to perform updates and to download and use some features; Microsoft account for some features
BACA JUGA:   Cara mengecek kesehatan baterai OPPO