This PC can't run Windows 11

‘PC ini tidak dapat menjalankan Windows 11’: Cara memperbaiki masalah dengan TPM dan Boot Aman

Kami menemukan beberapa cara untuk mengatasi kesalahan instalasi Windows 11 yang mengganggu. Berikut adalah cara untuk memecahkan masalah.

Jika Anda melihat bahwa PC Anda tidak kompatibel dengan Windows 11, mungkin karena sistem Anda tidak mengaktifkan dua pengaturan keamanan, Boot Aman dan TPM 2.0. Berikut cara melakukannya.

Microsoft memulai peluncuran bertahap Windows 11 bulan ini. Tetapi Anda mungkin belum mendapatkan Windows 11 dulu. Jika Anda berencana mengunduh OS baru di PC yang ada, Anda mungkin mengalami beberapa kendala karena persyaratan sistem untuk sistem operasi baru. (Berikut cara mengunduh Windows 11 dan cara membuat drive penginstalan Windows 11.)

Jika Anda telah mencoba menginstal Windows 11 Insider Preview atau menggunakan aplikasi Microsoft PC Health Check dan disambut dengan pesan kesalahan yang berbunyi, “PC ini tidak dapat menjalankan Windows 11,” sistem Anda mungkin tidak mengaktifkan dua pengaturan keamanan penting: Boot Aman dan TPM 2.0. (Berikut adalah dua hal lain yang harus Anda lakukan sebelum mengunduh Windows 11.)

BACA JUGA:   Cara Mengganti HDD Laptop Dengan SSD tanpa Install Ulang

Banyak komputer modern dan chip pemrosesan dari Intel dan AMD memiliki fitur ini di dalamnya, dan keduanya sekarang diperlukan untuk semua mesin yang menjalankan Windows 11.

Setelah mengunduh aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC, Anda dapat mengeklik Periksa Sekarang untuk memulai proses pemindaian. Aplikasi akan memberi tahu Anda apakah komputer Anda akan mendukung Windows 11, atau apa yang hilang, dan Anda dapat mengklik Lihat Semua Hasil untuk informasi lebih lanjut.

Jika PC Anda cukup untuk mendukung keduanya, mengaktifkan TPM (kependekan dari Trusted Platform Module) dan Boot Aman seringkali cukup mudah. Tidak diperlukan keahlian khusus, dan Anda hanya perlu mengklik menu. Jika Anda belum pernah mendengar kata “menu BIOS” Anda mungkin merasa bahawa melakukan itu adalah pekerjaan yang sangat sulit, tetapi jangan takut. Dengan sedikit kesabaran, pemula pun dapat melakukannya.

BACA JUGA:   Windows 11 Tidak Kompatibel di PC Kamu? Begini cara ceknya

Silakan coba Cara Mengaktifkan TPM dan Secure Boot di BIOS GIGABYTE

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *