Tutorial cara upgrade RAM laptop

Cara Upgrade RAM Laptop Kamu? Mudah, Ikuti Petunjuk Ini

Bagaimana sih cara upgrade RAM agar dapat mengatasi masalah, saat laptop kalian lambat atau sistem yang berjalan tampaknya macet ketika kalian membuka terlalu banyak tab. Ketika laptop kalian kehabisan memori fisik, RAM mulai mentransfer data ke HDD atau SSD kalian, yang merupakan operasi yang secara eksponensial lebih lambat (bahkan dengan chip RAM yang paling lambat). Meskipun tidak semua laptop modern memungkinkan kalian mengakses RAM, banyak yang memungkinkan kalian untuk meningkatkan memori.

Berapa RAM yang kalian Butuhkan?

Sebelum lebih lanjut membaca cara Cara Upgrade RAM, ketahui dulu berapa Ram yang akan kalian butuhkan. Secara umum, lebih banyak RAM lebih disukai. Mengganti dari 4 GB ke 8 GB RAM hampir pasti akan membuat efek yang signifikan. Mengganti dari 8 GB ke 16 GB menghasilkan beberapa peningkatan kinerja. Tentu saja, banyak hal bergantung pada cara kalian menggunakan laptop

Untuk sebagian besar pengguna, kami sekarang menyarankan setidaknya 8 GB RAM. Itu semacam cara aman bagaimana kebanyakan orang menggunakan laptop mereka. Jika kamu seorang gamer atau sering melakukan banyak tugas pada banyak program yang lebih besar, kamu mungkin menginginkan 16-32 GB jika anggaran memungkinkan.

BACA JUGA:   7 Aksesori Laptop Pendukung Yang Wajib Dimiliki!

Kalian pasti ingin RAM sebanyak yang kalian mampu jika kalian berurusan dengan file media besar (seperti di Photoshop atau Lightroom), menggunakan virtual machines pada PC kalian, atau memiliki kebutuhan khusus lainnya (dan PC kalian dapat mengakomodasi secara fisik).

1. Tentukan berapa banyak RAM yang kalian gunakan.

Di Windows Task Manager, kalian dapat melihat berapa banyak memori yang digunakan laptop kalian. Cukup klik kanan taskbar dan pilih Task Manager dari menu. Kemudian lihat tab performance di Task Manager untuk melihat berapa banyak RAM yang digunakan dari total yang tersedia. Kalian juga dapat melihat berapa banyak slot memori fisik yang sedang digunakan, serta berapa banyak yang dapat diakses untuk ekspansi.

melihat berapa banyak memori yang digunakan laptop

 

Dengan menggulir ke tab Memori dan mengklik opsi “Open Resource Monitor” di bagian bawah jendela Task Manager, kalian dapat melihat tampilan yang lebih detail. Perhatikan bahwa pada Windows 7, layar akan tampak sedikit berbeda (gambar di bawah ini berasal dari Windows 10).

melihat memori yang digunakan laptop di open resource monitor

 

 

2. Tentukan apakah kalian memenuhi syarat untuk upgrade atau tidak

Sayangnya, banyak laptop memiliki bagian bawah yang tersegel atau memori yang disolder langsung ke motherboard, membuat upgrade RAM tidak mungkin dilakukan. (Mungkin juga sistem hanya mengenali sejumlah RAM.) Coba alat Crucial’s Memory Advisor untuk melihat apakah kalian dapat memperbarui RAM kalian. Setelah kalian memasukkan merek dan model laptop kalian, kalian akan melihat layar yang menampilkan jumlah maksimum memori dan jumlah slot yang dimilikinya.

BACA JUGA:   Cara Mengganti HDD Laptop Dengan SSD tanpa Install Ulang

3. Temukan memory banks kalian dengan membuka panel.

Untuk Cara Upgrade RAM, kalian memerlukan alat berikut.

Untuk menjamin bahwa pemasangan RAM baru berjalan dengan baik, kalian memerlukan alat yang tepat. Berikut ini adalah beberapa saran:

Obeng: sekrup yang menutupi panel belakang laptop mungkin bervariasi. Sekrup laptop yang paling banyak digunakan biasanya sekrup yang berbentuk bintang.

RAM: RAM baru yang kalian beli harus portabel sehingga kalian dapat melakukan pembaruan dalam sekali pasang.

Ketika sudah siap untuk mengganti RAM kalian, ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum melanjutkan Cara Upgrade RAM untuk keamanan:

  • Hindari berada di lingkungan yang lembab.
  • Debu dan kotoran dapat dihilangkan dari laptop kalian dengan menyekanya dengan kain lembut.
  • Untuk menghilangkan muatan listrik statis dari tubuh kalian, kenakan tali ESD atau sentuh permukaan logam di laptop kalian.

Petunjuk langkah-langkah Cara Upgrade RAM lama dengan yang baru:

Langkah 1: Pastikan Laptop kalian dimatikan.

Step2: Lepaskan panel yang menutupi bank memori di bagian bawah laptop kalian.

(Untuk mengakses RAM dan komponen lainnya, kalian mungkin perlu membongkar seluruh bagian belakang laptop, tergantung pada sistem kalian.)

Langkah 3: Keluarkan baterai laptop.

Step4: Setelah kalian melepas baterai, kalian akan melihat beberapa sekrup di sekitar panel. Dapatkan obeng dengan ujung yang sama dengan sekrup.

BACA JUGA:   Lakukan Perawatan Hardware Laptop Secara Rutin

Langkah 5: Lepaskan semua sekrup dari area di sekitar panel baterai.

Langkah 6: Buka panel dengan hati-hati.

cara buka panel laptop

Langkah 7:  Cabut RAM dengan hati-hati menggunakan ujung jari kalian.
Jika semua slot memori kalian sudah penuh, kalian harus melepas DIMM lama sebelum memasang yang baru. Dorong klem yang menahan modul memori di tempatnya terpisah untuk melepaskannya. Modul memori harus dimiringkan ke atas.

cara mencabut RAM dengan benar

Kemudian, pegang modul memori di bagian tepinya dan angkat tanpa menyentuh konektor emas di bagian bawah,

Langkah 8: Jika RAM menempel erat di dalam slotnya, tarik keluar dengan hati-hati dengan obeng pipih.

Langkah 9: Lihat lagi posisi semula dengan benar. Agar RAM yang baru lebih mudah dipasang. Kemudian Pasang RAM yang baru.

Cara mencabut RAM dengan hati-hati
Langkah 10: Saat kalian memasukkan RAM baru, pastikan kalian mendengar suara pop.

Cara memasang RAM yang Baru

Langkah 11: Pasang kembali dan kencangkan semua panel yang sebelumnya dilepas.

Langkah 12: Diamkan setidaknya 5 menit untuk laptop menyesuaikan diri dengan RAM baru.

Step13: Nyalakan laptop kalian untuk memeriksa RAM baru.

Langkah 14: Pilih “Start on Windows”
Buka System Information atau Task Manager untuk memeriksa ulang apakah RAM baru kalian telah diinstal.

Langkah ke-15: Di bilah pencarian, ketik “Task Manager.”

Langkah16: Pilih “Task Manager” dari menu drop-down.

Langkah 17: Pilih “Memory” untuk melihat ruang RAM baru.

Begitulah Cara Upgrade RAM lama dengan yang baru. Mudah buka? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *