https://www.mediapost.id/tag/vitamin-c

Penting! 12 Manfaat Kurma Yang Sudah Terbukti Untuk Kesehatan

Manfaat kurma sangat baik untuk kesehatan, termasuk meningkatkan energi, kadar zat besi dalam tubuh, dan membantu pencernaan. Kurma populer di seluruh dunia karena mengandung banyak nutrisi, serat, dan antioksidan. Karena karakteristik anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-tumornya, buah-buahan kering ini mungkin berguna dalam mengobati berbagai penyakit.

Apa itu Kurma?

Kurma adalah buah dari pohon kurma yang rasanya enak dan kenyal (Phoenix dactylifera). Selama ribuan tahun, kurma telah menjadi makanan pokok di seluruh Timur Tengah. Pohon kurma dan buah kurma dianggap suci oleh umat Islam, dan buah-buahan kering ini merupakan bagian utama dalam diet selama waktu puasa Ramadhan.

Tergantung pada jenisnya, setiap kurma dapat mengandung 60 hingga 70% gula dan serat dalam jumlah tinggi, menjadikannya penambah energi sehat yang sangat baik. Ini juga kaya akan zat besi, yang dapat membantu mengatasi anemia.

Manfaat Kurma saat ini juga digunakan sebagai pemanis alami dalam smoothie, jus, bar nutrisi, dan makanan yang dipanggang seperti kue dan muffin di seluruh dunia. Varian premium dengan almond atau selai kacang, serta bahan khusus seperti molase kurma.

Kurma adalah sumber energi, serat, gula, dan berbagai vitamin dan mineral yang baik, menurut USDA FoodData Central tentang Manfaat Kurma. Kurma mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium, belerang, dan seng. Mereka mungkin juga mengandung vitamin penting seperti thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, folat, vitamin A, dan vitamin K.

Menurut peneliti Cornell, Chang Yong Lee dan Mohamed Ali Al-2008 Farsi review yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition, 100 gram, atau sekitar 4 kurma per hari, dapat menyediakan lebih dari 15% kebutuhan harian mineral penting seperti tembaga, kalium, magnesium, dan selenium.

BACA JUGA:   7 Alasan Mengapa Batuk Kalian Tidak Kunjung Hilang

 

Manfaat Kurma untuk kesehatan

Mari kita lihat lebih dekat beberapa manfaat kurma bagi kesehatan yang sudah terbukti melalui berbagai penelitian.

Manfaat Kurma yang menjadi Sumber Energi yang Baik

Gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa berlimpah dalam kurma. Kandungan gula yang tinggi ini merespon atas kandungan energinya yang tinggi. Banyak orang di seluruh dunia dikatakan makan kurma rendah lemak alami. Untuk meningkatkan energi mereka dengan cepat ketika mereka merasa lesu atau mengantuk. [Sumber penelitian]

Orang Islam yang berpuasa, saat berbuka biasanya memakannya dan meminum airnya. Ini juga mencegah makan berlebihan setelah berbuka.

Manfaat Kurma yang membantu Meningkatkan Kesehatan Otak

 

Manfaat Kurma yang membantu Meningkatkan Kesehatan Otak

Kurma dapat melindungi terhadap stres oksidatif dan peradangan di otak, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Musthafa Mohamed Essa, Ph.D. dan rekan kerja. “Buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya akan total fenolat dan antioksidan alami seperti anthocyanin, asam ferulic, asam protocatechuic, dan asam caffeic,” menurut penelitian. Bahan kimia polifenol ini mungkin dapat membantu mengurangi perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia.

Manfaat Kurma yang dapat membantu Menghilangkan Sembelit

Kurma digunakan untuk menyembuhkan sembelit dalam pengobatan tradisional Tunisia. Satu porsi 100 gram kurma Medjool memiliki 6,7 gram serat makanan. Menurut sebuah penelitian tahun 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, buah-buahan kering ini menawarkan serat makanan dalam jumlah yang signifikan, terutama serat yang tidak larut.

Kurma termasuk serat tidak larut, yang dapat membantu mendukung pencernaan yang baik dengan menggembungkan tinja dan mengurangi gejala sembelit.

Untuk menyiapkan kurma, rendam dalam air semalaman untuk melunakkannya. Kemudian, dalam food processor, campurkan kurma yang sudah direndam dengan sedikit cairan rendaman untuk membentuk pasta kurma yang kental dan kaya serat.

Manfaat Kurma yang dapat membantu Mengobati Gangguan Usus

Menurut penelitian, kurma mengandung serat yang tidak larut dan larut, serta banyaknya asam amino bermanfaat membantu pencernaan makanan dan melewati saluran pencernaan. Serat juga dapat membantu meringankan penyakit termasuk penyakit gastroesophageal reflux (GERD), divertikulitis, dan wasir, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Review.

Kurma dapat Menyingkirkan anemia

Kurma dapat Menyingkirkan anemia

Banyak nutrisi, termasuk zat besi, dapat ditemukan dalam kurma. Anemia, gangguan yang ditandai dengan kelelahan, pusing, kuku rapuh, dan sesak napas, bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi. Untungnya, meningkatkan asupan makanan kaya zat besi, seperti kurma, dapat membantu meringankan gejala anemia. [Sumber Penelitian]

BACA JUGA:   Sikat Gigi Sebelum Apa Sesudah Makan?

Manfaat Kurma untuk mencegah Penyakit Jantung

Waseem Rock dkk. menerbitkan sebuah penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry yang menemukan bahwa makan kurma mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif, yang keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis (penumpukan plak lemak di arteri).

Manfaat Kurma untuk Mengobati Disfungsi Seksual?

Ada banyak manfaat kurma untuk pria, tetapi ini adalah salah satu yang paling penting. Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan pada tahun 2006 menunjukkan efek serbuk sari kurma dan minyak pada fungsi seksual, menyimpulkan bahwa tingkat tinggi komponen estrogen dan flavonoid kurma membantu dalam jumlah dan motilitas sperma.

Menurut penelitian lain yang dilakukan di India, serbuk sari kurma mungkin telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati infertilitas pria.

Oleh karena itu, jika Anda mencari cara sederhana untuk meningkatkan libido dan fungsi seksual Anda, kurma organik mungkin patut dicoba, berkat efeknya yang mirip afrodisiak.

Cara membuat: Rendam segenggam kurma dalam susu kambing segar semalaman, lalu tumbuk dengan bubuk kapulaga dan madu dalam susu yang sama. Namun, sebelum mencoba, Anda harus berbicara dengan praktisi medis yang dapat dipercaya untuk mengidentifikasi pengobatan terbaik untuk Anda.

Manfaat Kurma yang membantu Mencegah Rabun Senja

Kurma kaya akan karotenoid, yang dapat membantu menghindari rabun senja dan menjaga penglihatan yang baik, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Heart Views.

Manfaat Kurma untuk Mengobati Diare

Makanan tinggi potasium, seperti kurma, dapat membantu memulihkan dan mengisi kembali elektrolit yang hilang karena diare persisten, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Columbia University Medical Center. Mereka juga dapat meningkatkan pencernaan dan mengurangi sifat diare kronis yang tidak terduga karena kandungan seratnya yang tinggi.

Manfaat Kurma untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang Anda

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D., et al. dari North Dakota State University, kurma mengandung boron, yang merupakan salah satu elemen yang meningkatkan kesehatan tulang.

Manfaat Kurma untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Critical Review in Food Science and Nutrition, buah-buahan kering mengandung sejumlah besar mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium, menjadikannya makanan super untuk kekuatan tulang dan melawan penyakit yang menyakitkan dan melemahkan seperti osteoporosis.

BACA JUGA:   Berikut Makanan yang Dihindari oleh Penderita Kolesterol

Kurma organik mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya dapat membantu kesehatan tulang, terutama pada orang tua.

Membantu Anda Menambah Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Buah-buahan kering ini tinggi gula, protein, dan banyak vitamin dan mineral penting lainnya, menurut USDA. Mereka juga tinggi serat, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Kurma Medjool adalah camilan bergizi dan menyenangkan yang dapat ditemukan di sebagian besar toko supermarket.

Dalam sebuah penelitian pada hewan tahun 2014, ditemukan bahwa makan kurma dapat membantu Anda menambah berat badan. Sebuah studi hewan tahun 2016, di sisi lain, tidak menemukan kenaikan berat badan seperti itu. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung manfaat ini, mengingat klaim yang tidak konsisten.

Manfaat Kurma untuk Membantu Meredakan Gejala SAR

Manfaat Kurma yang menjadi Sumber Energi yang Baik

Menurut sebuah studi 2012, kurma dapat membantu orang dengan SAR (Seasonal Allergic Rhinitis), gangguan yang mempengaruhi hampir 30 juta orang di Amerika Serikat saja. Imunoterapi kurma ditemukan membantu dalam mengurangi berbagai penanda peradangan pada pasien dengan rinitis alergi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Inflammatory Research

Kurma Memiliki Potensi untuk Mendorong Tenaga Secara Alami

Kurma dapat membantu dalam dorongan persalinan secara alami serta bantuan persalinan terlambat pada wanita hamil. Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Obstetrics and Gynecology.Ketika diberi kurma, 154 wanita hamil tidak perlu diinduksi untuk persalinan dengan prostaglandin dan oksitosin,.

Kurma tidak memiliki konsekuensi negatif pada ibu atau anak. Studi lain menemukan bahwa makan enam kurma setiap hari selama empat minggu sebelum persalinan  secara signifikan mengurangi kebutuhan untuk induksi.

Peringatan: Meskipun kandungan nutrisinya tinggi, buah-buahan kering ini harus dipilih dengan hati-hati karena permukaannya sangat lengket, yang dapat menarik berbagai kotoran.

Terakhir, perlu diingat bahwa kurma kering mengandung banyak gula dan kalori, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya jika tertelan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menjaga asupan dalam jumlah yang cukup dan menikmatinya sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang untuk memaksimalkan potensi manfaat kurma untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *