Jelaskan apa yang dimaksud dengan daya tahan

Jelaskan apa yang dimaksud dengan daya tahan

Apa sih yang dimaksud dengan daya tahan tubuh? Daya tahan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan dalam waktu lama tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

Adapun pengertian lebih lengkap sebagai berikut:

  1. The Physiology of Physical Training (2018), Daya tahan adalah kemampuan fisiologis yang kompleks, yang dipisahkan ke dalam kategori-kategori seperti aerob, laktat anaerob, dan alaktik anaerob berdasarkan sifat metabolik.
  2. Suharno (1985), Daya tahan adalah sebagai kemampuan organisme seseorang untuk melawan kelelahan yang timbul saat menjalankan aktivitas dalam waktu yang lama.
  3. Weineck, Pengertian daya tahan yaitu kemampuan yang dilakukan seseorang untuk mengatasi kelelahan yang bersifat fisik ataupun psikis.
  4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Daya tahan dapat didefinisikan sebagai kemampuan bertahan terhadap semua pengaruh dari luar yang bisa merugikan, seperti penyakit, godaan, serangan musuh, dan lain sebagainya.
BACA JUGA:   Lagu syukur merupakan contoh lagu bertangga nada?

Daya tahan dibedakan menjadi dua, yaitu ….

a. daya tahan sendi dan otot
b. daya tahan kardiovaskuler dan otot
c. daya tahan kardiovaskuler dan sendi
d. daya tahan sendi dan tubuh

Banyak pertanyaan  di kolom pencarian tentang Daya tahan dibedakan menjadi dua, yaitu ….” Jika kalian salah satu yang mencari jawaban dari soal tersebut, dan menemukan  ada pilihan jawaban di atas

Maka jawaban yang tepat adalah b. daya tahan kardiovaskuler dan otot

7 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Kondisi Cuaca Ekstrim

Saat ini, kita sering mengalami keadaan musim pancaroba dengan cuaca yang cukup keras. Keadaan cuaca yang tidak dapat diprediksi, ketika curah hujan mungkin sangat deras dalam satu hari sehingga dapat dengan cepat berubah menjadi suhu yang sangat panas. Dalam keadaan seperti ini, tubuh kita dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca.

BACA JUGA:   Untuk mengukur suatu arus listrik menggunakan alat ukur ?

Perubahan cuaca yang ekstrem berpotensi menimbulkan penyakit seperti demam, sakit kepala, influenza, radang, diare, dan berbagai penyakit lainnya. Sangatlah penting untuk menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Dalam hal berada dalam kondisi yang baik, daya tahan adalah salah satu elemen yang paling penting untuk dipertimbangkan. Karena daya tahan tubuh yang melemah, kesehatan tubuh kita lebih rentan untuk dirugikan.

Ada tujuh saran untuk menjaga kesehatan Kalian agar tetap terjaga dalam menghadapi kondisi cuaca buruk:

Tidur yang cukup

Penting untuk mendapatkan tidur yang cukup untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Seseorang mungkin merasa sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup di kali karena tuntutan pekerjaan mereka. Ketika baterai ponsel habis, ia harus diisi ulang agar dapat dimanfaatkan secara maksimal. Demikian pula, tubuh kita harus diisi ulang dengan istirahat yang cukup agar kembali bugar. Agar tubuh kita bugar, disarankan untuk tidur yang sehat dan benar selama 7-8 jam.

BACA JUGA:   Yang termasuk peralatan kerajinan keramik di ataranya adalah

Menjaga Pola Makan Sehat itu penting.

Makanan adalah asupan untuk kebutuhan tubuh kita; tetapi, ketika kita benar-benar lapar, kita mungkin melahap makanan secara tidak bertanggung jawab untuk mengurangi rasa lapar yang melumpuhkan. Mulai saat ini, kita harus berhati-hati dan membedakan makanan yang kita konsumsi, memperhatikan jumlah, nutrisi, keteraturan, dan kebersihan dalam makanan kita.

Menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan seseorang Baik berorientasi pribadi dan lingkungan

Kebersihan merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan kuman atau virus untuk berkumpul. Karena itu, penting untuk mempraktekkan kebersihan pribadi yang baik secara teratur, seperti mandi, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan sebelum memasak, mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, dan membersihkan tubuh setelah kembali ke rumah setelah beraktivitas. dari rumah.

BACA JUGA:   Iklan yang dicetak biasanya diterbitkan di...

Selain menjaga kebersihan tubuh kita, kita juga harus menjaga kebersihan rumah kita, yang artinya kita harus memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar kita. Kita harus selalu menjaga kebersihan rumah dengan menyapu dan mencuci lantai, membersihkan perabotan di rumah, dan membersihkan kamar tidur kita secara konsisten.

Kebiasaan Buruk Harus Dihilangkan

Buatlah upaya sadar untuk menghentikan kebiasaan negatif termasuk begadang, makan sembarangan, meminum minuman beralkohol, merokok, dan tidur lebih awal di pagi hari. Semua barang ini berpotensi merusak metabolisme tubuh kita, serta kesehatan dan sistem kekebalan tubuh kita, dari waktu ke waktu.

Minum banyak cairan.

Karena air membentuk sekitar dua pertiga dari berat tubuh manusia, penting untuk makan banyak air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Disarankan untuk minum air putih 2-3 liter per hari. Manfaat banyak minum air putih antara lain dapat memenuhi kebutuhan cairan dari metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, dan mencegah dehidrasi.

BACA JUGA:   Lewis Hamilton tercepat di latihan kedua Grand Prix Arab Saudi setelah kecelakaan Charles Leclerc

Olahraga

Manfaat mengikuti olahraga secara teratur sangat banyak, dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, kita dapat memastikan bahwa sel darah putih kita mencapai seluruh bagian tubuh dan sistem kekebalan tubuh kita tetap dalam kondisi baik.

Suplemen

Tidak ada salahnya mengonsumsi suplemen nutrisi, seperti vitamin, untuk membantu melindungi tubuh kita dari sakit dan penyakit. Atau kalian bisa mengonsumsi kurma.

Berikut adalah tujuh strategi untuk menjaga sistem kekebalan Kalian tetap kuat dalam menghadapi cuaca buruk yang sekarang terjadi. Semoga semua saran dapat dilaksanakan untuk menjaga kesehatan seseorang dalam kondisi yang baik.