Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat

Norma diperlukan dalam masyarakat karena untuk mewujudkan ketertiban dalam masyarakat. Agar kehidupan bersama dalam masyarakat dapat berjalan aman dan tertib. Itulah tujuan utama dari norma. Sedangkan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat adalah karena dengan adanya norma maka kehidupan bermasyarakat menjadi lebih tertib dan tercipta keamanan dalam masyarakat.

Untuk jawaban yang lebih lengkap, mari kita lihat pembahasan lebih dalam berikut.

Apa Pentingnya Norma dalam Masyarakat? Pembentukan apa yang dikenal sebagai norma dalam kehidupan sosial suatu masyarakat diperlukan untuk menghindari atau menyelesaikan konflik dalam masyarakat. Kita, sebagai manusia, sadar atau tidak, terbiasa dengan apa yang disebut sebagai “standar perilaku” atau apa yang disebut Norma.

Daftar Isi

Apa yang dianggap sebagai norma?

Aturan atau peraturan yang ditetapkan yang berlaku untuk semua warga negara atau kelompok dalam suatu masyarakat, dan yang berfungsi sebagai pedoman, ketertiban, dan kontrol perilaku setiap warga negara atau kelompok dikenal sebagai norma.

Akibatnya, norma-norma sosial berdampak pada perilaku manusia dalam masyarakat, dengan tujuan untuk mempromosikan keamanan dan ketertiban umum. Oleh karena itu, setiap warga negara diwajibkan untuk mematuhi hukum yang berlaku.

Mengapa Norma Diperlukan dalam Masyarakat Modern?

Kebutuhan masyarakat akan norma berasal dari kenyataan bahwa dalam masyarakat ditetapkan peraturan yang tepat, yang memungkinkan semua anggota masyarakat dan kelompok untuk hidup dalam damai dan harmoni sambil juga berkontribusi pada penciptaan keamanan dalam masyarakat.

Norma atau etika diperlukan dalam masyarakat karena norma atau etika itu membantu menjaga ketertiban. Agar masyarakat dapat berfungsi dengan aman dan tertib, setiap orang harus bekerja sama.

BACA JUGA:   Jelaskan cara melakukan daya tahan pernapasan

Sementara itu, pentingnya norma dalam kehidupan sosial dapat dijelaskan oleh fakta bahwa ketika standar diterapkan, kehidupan sosial menjadi lebih teratur dan aman secara alami, sehingga berkontribusi pada stabilitas masyarakat.

Macam-macam norma sosial

Norma umum dapat dibagi menjadi tiga jenis: norma agama, norma sosial, dan Norma susila. Norma agama adalah yang paling umum. Masing-masing dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini.

  1. Norma agama
    Dalam konteks interaksi manusia dengan manusia lain, norma agama adalah aturan yang dibangun dalam ajaran agamanya dan yang mengatur tindakan manusia dalam hubungannya dengan manusia lain.
  2. Norma agama
    Dalam situasi sosial, norma sosial adalah standar yang mengatur bagaimana orang berperilaku dalam interaksi mereka satu sama lain.
  3. Norma susila
    Norma susila adalah prinsip-prinsip yang mengatur perilaku manusia dalam pergaulan sehari-hari, seperti hubungan antara laki-laki dan perempuan. Mereka juga dikenal sebagai standar etika.
BACA JUGA:   Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah

Munculnya suatu aturan atau regulasi dalam masyarakat dapat dianggap sebagai katalisator bagi terciptanya norma-norma di lingkungan tersebut.

Sepanjang hidupnya, manusia secara alami akan berubah menjadi makhluk sosial yang memahami bahwa makhluk sosial adalah makhluk atau individu yang mengandalkan keberadaan dan reproduksi orang lain untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

Dalam kebanyakan kasus, manusia atau individu hidup dalam sebuah kelompok, di mana kelompok tersebut dapat berbentuk kelompok komunal maupun kelompok material dari objek-objek.

Selanjutnya, karena tuntutan atau tuntutan setiap manusia itu unik, bila dievaluasi dari sudut pandang yang berbeda, seperti sudut pandang setiap orang dan kelompok, maka akan menimbulkan masalah kepentingan.

BACA JUGA:   Negara di benua afrika yang terpisah dengan benua afrika adalah

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut maka dibuatlah suatu norma (etika) antara setiap orang dan kelompok, sehingga norma tersebut berfungsi sebagai pedoman dan juga mempengaruhi tingkah laku dalam rangka memelihara keseimbangan dalam masyarakat.

Apa Pentingnya Norma dalam Masyarakat? Ini Alasannya

Berdasarkan argumen di atas, dapat dikatakan bahwa norma diperlukan dalam masyarakat karena mereka memainkan peran penting dalam pembentukan ketertiban dalam masyarakat. Berikut ini adalah fungsi khusus yang dimainkan norma dalam kehidupan masyarakat, dijelaskan lebih dalam.

  1. Mewujudkan ketertiban dalam masyarakat.
  2. Mewujudkan cita-cita dalam masyarakat yang demokratis.
  3. Menjadi pelatih kehidupan bagi individu dari komunitas Anda.
  4. Anggota masyarakat harus diwajibkan untuk mengikuti aturan.
  5. Kehidupan masyarakat akan lebih stabil dan teratur jika Anda melakukan ini.
  6. Asumsikan peran standar emas untuk berbagai jenis perilaku di masyarakat
  7. Norma ditetapkan untuk mendorong komunikasi di antara orang-orang.
  8. Norma memiliki fungsi penting dalam memastikan bahwa perilaku setiap individu tidak menyimpang dari norma.
BACA JUGA:   Berikut ini yang termasuk katrol dengan keuntungan mekanik 2 adalah

Oleh karena itu masyarakat membutuhkan norma, dengan adanya norma bertujuan untuk memberikan petunjuk kepada setiap individu tentang bagaimana berperilaku.

Mereka yang berani melanggar hukum akan menghadapi konsekuensi berat, termasuk pengucilan, cemoohan, teguran, bahkan hukuman jika ketahuan oleh pihak berwenang.

Itu semua informasi yang saya miliki. Apa tujuan norma dalam masyarakat? Semoga ilmu ini bermanfaat bagi kita semua di kemudian hari. Terima kasih banyak atas waktu Anda. Salam untuk Anda dan teman-teman Anda.