Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah

Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah….
a.)menggunakan dua tangan
b.)menggunakan salah satu tangan
c.)menggunakan tangan kanan
d.)menggunakan tangan kiri

Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah
Dengan (b) menggunakan salah satu tangan. ✔

Untuk soal no 30 pilihan ganda PJOK kelas 7 ini kata kuncinya terdapat pada cara menggiring bola yang dibenarkan artinya aturan menggiring dalam permainan basket.

Dalam buku dijelaskan bahwa untuk melakukan gerakan dribble menggunakan satu tangan (kanan ataupun kiri). Artinya keduanya boleh digunakan secara bergantian, bukan salah satu sisi saja. Sehingga jawaban yang paling tepat dan sudah pasti benar adalah b menggunakan salah satu tangan.

Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini:

Teknik Dasar Menggiring bola dalam Permainan Bola Basket

Menggiring bola dalam permainan bola basket adalah upaya menahan dan memindahkan bola dari satu titik ke titik lain dengan cara memantulkan bola dari lantai lapangan dan menggunakan gerakan kaki dan tangan yang berirama untuk menopang dan membawa bola dari titik A ke titik B. Teknik menggiring bola adalah salah satu metode yang paling penting dalam bola basket, bersama dengan teknik menembak, teknik layup, teknik passing, dan teknik rebound, dan itu juga yang paling sulit.

BACA JUGA:   Jelaskan cara melakukan daya tahan pernapasan

Menggiring bola basket tidak dapat dilakukan secara acak karena ada batasan tiga langkah setelah pemain menggiring bola sebelumnya. Selain itu, menggiring bola harus dilakukan secara teratur agar bola mudah dikendalikan dan pantulan bola yang merupakan ciri khas olahraga ini selalu terlihat saat pemain sedang menguasai bola atau menggiring bola.

Bagaimana Cara Terbaik Menggiring Bola di Bola Basket?

Cara terbaik menggiring bola di permainan bola basket menurut JR NBA

  • Jika Kamu memulai dengan postur berdiri, pastikan Kamu berada dalam posisi siap menerima dan menahan bola menggunakan taktik dribbling sebelum menerima bola.
  • Tahap selanjutnya setelah bola diberikan kepada Kamu adalah memegang bola dengan kedua tangan kemudian menyentuh pantulan bola pertama dan kedua dengan satu atau kedua tangan, tergantung preferensi Kamu.
  • Gunakan jari Kamu untuk memantulkan bola agar lebih mudah ditangani.
  • Saat bola dipantulkan, ikuti lintasan bola dan berikan kekuatan padanya; saat bola ditangkap, lakukan tangkapan yang kuat dengan tangan Kamu.
  • Berkonsentrasilah pada bagian depan tubuh Kamu saat menggiring bola tanpa melirik bola untuk bersiap melangkah ke posisi yang berbeda.
  • Menggunakan kedua tangan dan kaki yang berlawanan, lakukan satu langkah satu menggiring bola secara konsisten, melindungi bola dengan tubuh dan lengan Kamu, dan menggiring bola dekat dan jauh dengan kecepatan lambat atau dipercepat.
  • Saat memegang bola, pertahankan postur tubuh yang kuat untuk mencegah pemain lain menguasai bola.
BACA JUGA:   Setelah selesai berolahraga,sebaiknya pakaian diganti agar

Tujuan Pemain Melakukan Dribble Bola Basket

Bola basket dapat dimainkan tanpa menggunakan dribble, tetapi permainan akan menjadi lebih monoton jika Kamu hanya mengoper bola dari satu pemain ke pemain lain secara langsung. Berikut ini adalah tujuan dari menggiring bola:

  • Menguasai possession, Masing-masing pihak memiliki metodenya sendiri untuk mencetak poin dengan memanfaatkan 24 detik yang diberikan kepada mereka selama setiap penguasaan. Dengan menggiring bola, Kamu dapat memanfaatkan setiap detik dengan sebaik-baiknya.
  • Menggiring bola adalah strategi cepat dan efektif untuk memindahkan bola tanpa harus khawatir bola akan dicuri. Dribbing juga memungkinkan pemain untuk memiliki lebih banyak ruang terbuka untuk mengeksekusi kemungkinan.
  • Menunggu seorang pemain, biasanya setiap pemain memiliki penjaganya sendiri, yang akan dibebaskan dari penjaga adalah menggiring bola untuk menghancurkan fokus penjaga lawan adalah menggiring bola.
  • Ketika datang untuk menembus kerumunan, menggiring bola adalah alat yang sangat efektif untuk digunakan untuk menembus kerumunan pembela lawan di cat. Menggiring bola akan menghasilkan hasil yang lebih cepat daripada passing jika digunakan bersama dengan berbagai teknik lainnya.
  • Pada saat transisi atau fastbreak, menggiring bola sambil sprint merupakan strategi cepat dan efektif untuk memasukkan bola ke ring basket lawan. Ini kemudian dapat diikuti dengan layup shoot atau dunk untuk mendapatkan poin bagi tim.
  • Menciptakan peluang, setiap pemain memiliki kemampuan untuk merancang tembakannya sendiri. Hal ini tercermin dalam konsep dribbling, yang menyatakan bahwa pemain akan dapat mengatur dan mengeksekusi setiap peluang dengan lebih baik jika dribbling digunakan untuk mengatur nada.
BACA JUGA:   jepang mengalami penurunan jumlah penduduk hal tersebut terjadi karena

Dribble dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori dalam bola basket.

Menggiring bola Behind the back

Metode menggiring bola yang dimaksud sangat umum, terutama untuk upaya memindahkan bola dari kanan ke kiri sambil berusaha menjauh dari pemain bertahan lawan, seperti yang terlihat dalam video di bawah ini. Meski sulit dieksekusi, passing di belakang akan cukup berguna untuk mengecoh pemain lawan, terutama untuk arah passing dan output setelah menggiring bola.

Menggiring bola Reverse Dribble

Reverse Dribble adalah dribble yang dilakukan dengan gerakan melingkar dalam upaya memindahkan bola dari satu lokasi ke lokasi lain. Teknik spin ini harus dilakukan dengan cepat guna mengantisipasi rintangan lawan yang siap ditemui setiap saat.

Ankle Breaker

Saat menggiring bola, itu adalah tindakan cepat yang membuat bek lawan tidak bisa mempertahankan keseimbangannya di atas kakinya, sehingga bek lawan terjatuh. Ankle breaker memberikan rasa pencapaian yang unik bagi penangan bola yang berhasil menyelesaikannya.

BACA JUGA:   Salah satu contoh olahraga yang memiliki unsur tolakan yaitu

Hesitation Move

Ini adalah manuver yang digunakan untuk menahan bola selama beberapa waktu untuk memecah fokus atau mempersiapkan pukulan yang lebih baik yang akan datang. Apalagi manuver ini cukup berguna dalam memungkinkan tim untuk mempertahankan kendali permainan.

Crossover

Dengan gerakan cepat dan mendadak, bola dapat dipindahkan dari satu tangan ke tangan lain dengan menggunakan metode dribble silang. Gerakan ini sangat akurat untuk mengakali penjagaan bek lawan dan membuat mereka sulit diantisipasi. Crossover juga dilakukan untuk memberi sinyal dimulainya operan atau lokasi zona pemotretan. Strategi ini digunakan secara luas di semua level bola basket, dan ini sangat efektif.

Between the legs

Secara khusus, menggiring bola dengan menggunakan celah kaki sebagai daerah memantul atau menggiring bola dijelaskan. Jika Kamu ingin menjaga bola dari upaya pengambilalihan atau mencuri, pendekatan ini cukup berhasil. Penting untuk menyempurnakan teknik ini karena pemain hanya akan melihat bola saat mereka menggiringnya di antara kedua kaki mereka. Ketika digunakan sebagai inisiasi, metode ini dapat digunakan untuk memodifikasi arah dribbling dan passing.

Change of pace

Ini adalah tindakan menggiring bola yang paling populer, dan ini melibatkan penyesuaian kecepatan menggiring bola untuk memulai serangan atau menggunakan berbagai taktik.
Menggiring bola yang memperlambat kecepatan permainan untuk strategi tertentu, seperti ingin melompat atau mengoper ke rekan satu tim lainnya, dianggap rendah atau terkendali. Memperlambat kecepatan sangat penting, terutama ketika rekan satu tim berada dalam posisi yang kurang menguntungkan untuk menerima umpan dari lawan.

BACA JUGA:   berikut yang tidak termasuk dalam tahapan melakukan smash adalah

High or Speed

Secara khusus, menggiring bola dilakukan saat berlari dengan kecepatan tinggi, yang biasanya dilakukan saat istirahat cepat atau serangan balik. Kamu juga dapat menggunakan gerakan ini jika Kamu menerobos sekelompok pertahanan lawan dan ingin menyelesaikan permainan dengan layup atau dunk.

V Dribble

Pada dribble ini gerakannya mirip dengan crossover, hanya saja bola memantul ke tengah kaki dan gerakan tersebut dilakukan secara terus menerus membentuk huruf V.

Saat menggiring bola keluar masuk, digunakan teknik menggiring bola dengan cakupan yang lebih luas. Biasanya, gerakan ini digabungkan dengan gerakan menipu untuk membingungkan pemain lawan dan membiarkan pemain dilepaskan dari kendali Euro Step. Last but not least, Sekeita mengambil langkah besar, zig-zag menuju gawang tim basket lainnya.

Itu menyimpulkan penjelasan kami tentang menggiring bola dalam bola basket. Meskipun terlihat mudah jika kita mengamatinya, ada berbagai tindakan yang dapat kita pelajari untuk menjadi penangan bola yang lebih dapat dipercaya di lapangan. Pemain point guard akan dituntut untuk menggiring bola karena mereka akan lebih sering menyentuh bola daripada posisi lain seperti shooting guard, small forward, power forward, dan center.