Salah satu contoh olahraga yang memiliki unsur tolakan yaitu

Salah satu contoh olahraga yang memiliki unsur tolakan yaitu

  1. loncat kangkang
  2. lompat tali
  3. head stand
  4. tolak peluru​

Tolakan adalah gerakan mengangkat tubuh ke udara sambil menggunakan bagian tubuh tertentu untuk melakukannya. Ada berbagai macam bentuk olahraga dalam dunia olahraga yang memiliki unsur tolakan, salah satunya adalah  (D) tolak peluru.

Olahraga Tolakan Peluru – Gaya, teknik, dan aturan  yang harus Kamu ketahui

Berbeda dengan kegiatan atletik lempar lainnya, shot put atau tolak peluru tidak benar-benar melakukan tindakan lempar selama pertandingannya. tolak peluru adalah olahraga sederhana yang mengandalkan gerakan menolak atau mendorong bola logam dengan berat tertentu untuk melakukan perjalanan sejauh mungkin. Gerakan tolak peluruan hanya dapat dilakukan dengan kekuatan satu tangan pada waktu tertentu.

Sejarah Tolak peluru

Asal usul olahraga tolak peluru dapat ditelusuri kembali ke aktivitas orang Yunani Kuno, yang senang melempar batu sebagai aktivitas rekreasi. Kemudian, sepanjang Abad Pertengahan, para pejuang perang mengembangkan praktik melempar bola meriam, yang merupakan cikal bakal peluru yang bertahan hingga saat ini.

BACA JUGA:   Jelaskan tiga manfaat penerapan ragam hias pada bahan kayu

Acara olahraga kontemporer ini dikatakan berasal dari Skotlandia selama abad kesembilan belas, yaitu selama Highland Games, di mana para kontestan akan melemparkan batu atau logam berat dari belakang garis untuk melihat siapa yang bisa mencapai jarak terjauh.

Olahraga tolak peluru dimainkan di Olimpiade kontemporer dengan menggunakan bola yang terbuat dari besi atau kuningan yang memiliki bobot tertentu. Olahraga ini baru dipertandingkan oleh laki-laki sejak tahun 1896, dan baru pada tahun 1948 secara resmi dibuka untuk atlet wanita.

Ada beberapa Gaya tolakan peluru

Dalam pertandingan formal, ada dua jenis gaya yang sering digunakan, yaitu gaya O’brien dan gaya putar (lihat diagram). Selain itu, ada tipe konvensional yang kurang populer di pertandingan resmi, tetapi lebih cocok untuk pelatihan pemula atau alasan instruksional, seperti di sekolah, daripada untuk kompetisi.

1. Gaya O’brien

Atlet Amerika Parry O’brien membuat luncuran, juga dikenal sebagai gaya meluncur, menonjol. Gaya O’brien menjadi semakin luas sebagai hasil karyanya. Dalam metode ini, atlet akan memulai dengan membelakangi area pendaratan, yang akan menjadi postur awalnya. Setelah itu, atlet akan melakukan setengah putaran atau putaran 180 derajat sebelum melemparkan bola logam ke udara.

BACA JUGA:   Dibawah ini yang termasuk ciri dari pendidikan informal adalah

2. Gaya Spin
Seorang atlet dari Rusia bernama Aleksandr Baryshnikov dikreditkan dengan mempopulerkan teknik spin untuk pertama kalinya. Metode ini memerlukan keahlian tingkat tinggi karena atlet harus berputar 360 derajat dengan kecepatan tinggi sebelum mendorong bola logam ke arah yang diinginkan. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk mengembangkan kecepatan untuk menghasilkan jarak tolakan sebesar mungkin.

3.Gaya Ortodoks
Karena pendekatan konvensional lebih diarahkan untuk memperkenalkan pendatang baru ke olahraga tolak peluru, itu kurang populer di kalangan atlet. Karena tidak membutuhkan banyak gerakan, ini adalah metode sederhana untuk pemula untuk belajar. Posisikan diri Kamu menyamping dari tempat pendaratan, masukkan bola logam di antara kepala dan bahu Kamu, lalu dorong diri Kamu ke depan.

Dasar-dasar tolakan peluru

Bola logam dilempar dalam olahraga tolak peluru, dan premis utamanya adalah menolak atau mendorong bola dengan kekuatan hanya satu tangan. Tujuan dari olahraga atletik ini adalah untuk memperpanjang jarak yang ditempuh oleh bola logam sejauh mungkin sebagai akibat dari gaya tolak-menolak atau dorongannya.

Teknik dasar dalam olahraga tolak peluru

  • Alih-alih menempatkan bola logam di pangkal jari Kamu, letakkan di pangkal telapak tangan Kamu.
  • Rentangkan jari Kamu sedikit, lalu gunakan ibu jari Kamu untuk menahan bola logam agar tidak jatuh ke tanah.
  • Tempatkan bola logam di antara bahu Kamu, tepat di bawah rahang Kamu, di antara kepala dan bahu Kamu.
  • Berhati-hatilah untuk menjaga siku Kamu agar tampak sejajar dengan bahu Kamu saat Kamu mencengkeram bola logam.
  • Berdiri dengan tangan bebas bahu dari bola logam mengarah ke area pendaratan, dan kaki bebas bahu.
  • Untuk bersandar ke belakang dari pendaratan, rentangkan kaki Kamu dan kemudian tekuk kaki menjauh dari tempat pendaratan sehingga tubuh Kamu condong ke belakang.
  • Pinggul harus diputar sedemikian rupa sehingga menghadap ke arah yang berlawanan dengan daerah pendaratan.
  • Kapan pun Kamu bersiap-siap untuk mendorong, mulailah dengan mendorong dengan kaki belakang Kamu dan putar pinggul Kamu sehingga tubuh Kamu mengarah ke zona pendaratan.
  • Cobalah untuk mendorong bola logam ke depan dengan sekuat tenaga dengan meregangkan lengan yang menahan bola logam pada sudut 45 derajat ke depan.
BACA JUGA:   Alat musik yg dimainkan dengan menggunakan listrik disebut

Peralatan olahraga dan lapangan untuk kompetisi tolak peluru

Acara tolak peluru menembak diatur oleh Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF), yang telah berkembang menjadi Atletik Dunia. IAAF menetapkan standar ukuran bola logam dan lapangan yang digunakan dalam kompetisi tolak peluru. Berikut ini adalah beberapa peraturan olahraga tolak peluruan yang relevan dalam hal ini.

Bola yang terbuat dari logam. Bola logam memiliki berat 7,26 kg untuk pria dan hanya 4 kg untuk wanita, tergantung pada tinggi badan mereka. Secara umum, bahan bola logam terbuat dari besi padat atau kuningan, namun logam apa pun yang tidak lebih lunak dari kuningan dapat digunakan.
Bentuk lapangan. Ada lingkaran dengan diameter 2.135 meter di lapangan beton, dan sektor pendaratan ditandai dengan busur di lapangan rumput dengan sudut 34,92 derajat. Lapangan tolak peluru ditandai dengan busur di lapangan rumput dengan sudut 34,92 derajat. Lingkaran dilengkapi dengan papan berhenti setinggi 10 cm di depan, tepat sebelum memasuki zona pendaratan.

BACA JUGA:   Suatu analisis terhadap lingkungan internal dan eksternal wirausaha/perusahaan disebut

Peraturan cabang olahraga tolak peluru

Atlet yang mampu mencapai jarak tolakan terbesar adalah yang akan dinobatkan sebagai juara. Atlet biasanya akan melakukan push empat sampai enam sesi untuk memenuhi syarat untuk kompetisi. Atlet yang memiliki tolakan paling banyak pada percobaan berikutnya akan dinyatakan sebagai pemenang jika terjadi seri.

Selain aturan yang mengatur cara memilih pemenang dalam olahraga tolak peluru, ada beberapa aturan lagi yang harus dipatuhi oleh para peserta saat bertanding dalam suatu event, termasuk yang tercantum di bawah ini.

  • Seorang atlet harus siap ketika namanya dipanggil, dan dia hanya memiliki waktu 60 detik untuk memulai manuver.
  • Atlet dapat menempelkan selotip di jari mereka untuk alasan keamanan, tetapi mereka tidak diizinkan untuk memakai sarung tangan.
  • Sepanjang gerakan, bola logam harus tetap dekat dengan leher pada posisinya saat ini. Jika bola logam menjadi longgar dan tidak tetap dekat dengan leher selama gerakan, hasil tolakan dianggap tidak efektif.
  • Gerakan ini hanya membutuhkan satu tangan, dan tolak peluruan harus diambil dari ketinggian yang lebih tinggi dari ketinggian bahu.
  • Atlet diizinkan untuk menggunakan lingkaran penuh, tetapi kaki mereka tidak diizinkan untuk menyimpang di luar lingkaran atau melakukan kontak dengan stopboard yang terletak di depan lingkaran.
  • Jika bola logam mendarat di sektor pendaratan dengan sudut 34,92 derajat, itu dianggap telah menolak bola.
  • Wasit akan menentukan di mana bola logam melakukan kontak awal dengan tanah.
  • Tidak mungkin untuk keluar dari lingkaran sebelum bola logam menyentuh ke bawah, dan hanya mungkin untuk keluar dari lingkaran dari belakang.
  • Untuk mencapai hasil terbaik, olahraga fisik ini sangat bergantung pada kekuatan otot lengan. Orang biasa tidak akan dapat berpartisipasi dalam menempatkan olahraga dengan cara yang sama jika mereka tidak memiliki akses ke peralatan dan pengaturan yang sesuai, serta pelatih yang berpengalaman.
BACA JUGA:   Alat dan bahan untuk menggambar ilustrasi dengan teknik kering adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.