Alat musik yg dimainkan dengan menggunakan listrik disebut

Alat musik yg dimainkan dengan menggunakan listrik disebut Electrophone. Alat musik memiliki berbagai ragam jenis, seperti alat music pukul, alat musik tiup, dan lain sebagainya. Di antara banyaknya jenis alat musik, ada alat musik yang disebut electrophone atau elektrofon.

Mengenal Electrophone, Alat Musik yang Dimainkan dengan Menggunakan Listrik

Ketika berbicara tentang musik, salah satu aspek yang menjadi tujuan pemain adalah membuat nada atau suara yang diurutkan sesuai dengan kesukaannya. Ada banyak jenis alat musik yang dapat dimainkan saat ini. Salah satu alat musik tersebut adalah elektrofon yaitu alat musik yang dimainkan dengan listrik.

BACA JUGA:   Suatu proses yang mengubah ide baru/aplikasi baru menjadi produk yang berguna disebut

Alat Musik Electrophone

Menurut buku Stepanus Kari Hartaya Organology of Diatonic Musical Instruments (2020: 73), elektrofon adalah alat musik yang bunyinya dihasilkan dengan menggunakan energi listrik. Alat musik tunggal ini secara kasar dapat dipisahkan menjadi dua kategori: alat musik listrik dan alat musik elektronik, masing-masing. Secara umum, alat musik listrik adalah seperangkat alat musik yang suaranya dibuat dengan bantuan listrik.

Secara mekanis, gadget ini telah berdering, meskipun dengan nada yang sangat rendah. Amplifier diperlukan untuk meningkatkan kenyaringan keseluruhan suara yang dihasilkan. Gitar elektrik, piano elektrik, dan bass elektrik hanyalah beberapa contohnya.

10 contoh Alat Musik Electrophone

1. Gitar elektrik
2. Keyboard
3. Bass elektrik
4. Piano elektrik
5. Launchpad
6. Biola Elektrik
7. Laserharp
8. Eigenharp
9. Drum elektik
10. Theremin

BACA JUGA:   jepang mengalami penurunan jumlah penduduk hal tersebut terjadi karena

1.Keyboard (Piano Elektrik)

Keyboard adalah jenis alat musik yang mirip dengan piano, tetapi tidak memiliki pedal di bawah keyboard. Karena desainnya lebih lugas daripada piano, maka lebih mudah untuk dipindahkan. Fitur penting dari keyboard adalah dapat mensimulasikan suara berbagai instrumen di luar piano, seperti drum, seruling, dan sebagainya.

2. Gitar elektrik (kadang disebut gitar akustik)

Saat Anda memainkan gitar listrik, suara senar gitar diubah menjadi arus listrik, yang kemudian diperkuat lagi menggunakan amplifier dan pengeras suara, sehingga menghasilkan suara yang lebih bertenaga.

Saat memainkan gitar listrik, Anda akan mendengar suara bernada tinggi. Dalam sebuah band, jenis gitar ini dapat digunakan bersama dengan alat musik lain seperti drum dan bass untuk menciptakan suara yang unik. Terlepas dari kenyataan bahwa gitar listrik dikenal memiliki suara yang keras, mereka cocok untuk menampilkan berbagai gaya musik, mulai dari jazz hingga rock, blues, hingga heavy metal.

BACA JUGA:   Kapan perang antara Jepang dan Cina berakhir?

Dibandingkan dengan gitar akustik, gitar listrik seringkali lebih mahal. Gitar jenis ini juga membutuhkan amplifier, yang membuatnya kurang portabel dan kurang nyaman untuk dibawa-bawa. Menggunakan gitar listrik juga memerlukan keseimbangan tertentu dengan kenop volume.

Karena bodi gitar elektrik yang lebih ramping, lebih ringan dan neck yang lebih tipis, serta senar dan sentuhan yang lebih ringan, gitar elektrik merupakan keuntungan bagi pemula untuk belajar bermain.

3. Drum listrik

Drum listrik adalah sejenis gitar yang menghasilkan musik melalui penggunaan listrik. Jika dibandingkan dengan drum akustik tradisional, drum elektrik diyakini menawarkan sejumlah keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Suara perkusi masih terdengar, tetapi tidak terlalu kuat.
  • Sesuai dengan gaya dan sampel musik, volume dapat dinaikkan atau diturunkan.
  • Modul drum memiliki mode metronom yang dapat digunakan.
  • Desain yang ringan dan hemat tempat
  • Hal ini mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula.
  • Perawatan akan lebih mudah.
BACA JUGA:   5 Contoh teks deskriptif tentang alam

Terlepas dari kenyataan bahwa drum elektronik memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan drum akustik, bermain dengan drum elektrik menghasilkan pengalaman yang berbeda jika dibandingkan dengan bermain dengan drum akustik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.