Apa Manfaat laut sebagai sumber daya

Apa Manfaat laut sebagai sumber daya? Sebutkan Manfaat laut sebagai sumber daya. Berikut ini 13 manfaat laut sebagai sumber daya

Dibandingkan dengan dataran, laut menutupi sebagian besar permukaan bumi. Hampir 70% daratannya terbagi menjadi dua bagian: laut dan dataran. Ada kemungkinan bahwa dasar laut yang terletak di bawah permukaan air menyimpan banyak benda tersembunyi yang belum ditemukan. Meskipun permukaan airnya tenang di atas, ada banyak misteri kedalaman yang hanya diketahui oleh segelintir orang.

Indonesia disebut-sebut sebagai negara bahari tersendiri karena memiliki garis pantai yang luas. Belum lagi Indonesia yang dikelilingi oleh banyak pulau menambah daya tariknya. Karena lautan sangat besar, itu juga merupakan rumah bagi beragam sumber daya laut.

Manfaat laut sebagai sumber daya ini banyak digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari, termasuk produksi pangan, transportasi, pariwisata, dan pertambangan, antara lain. Informasi lebih lanjut tentang keunggulan sumber daya laut dapat ditemukan di bagian berikut:

Apa Manfaat laut sebagai sumber daya

JIka kalian mendapatkan pertanyaan atau perintah Sebutkan Manfaat Laut Sebagai Sumber Daya? Berikut ini adalah beberapa Manfaat laut sebagai sumber daya :Manfaat Laut Sebagai Sumber Daya Energi Listrik

1. Sebagai sumber energi
2. Ikan
3. Penggunaan rumput laut
4. Menghasilkan garam sebagai produk sampingan
5. Moda transportasi
6. Sebagai objek wisata
7. Kerang
8. Mangrove
9. Pertambangan
10. Untuk tujuan relaksasi dan hiburan.
11. Sebagai pusat penyelidikan ilmiah dan peluang pendidikan.
12. Sebagai sumber air minum yang bebas dari kontaminan (desalinasi).
13. Lokasi budidaya (ikan, mutiara, kerang, rumput laut, dll).

BACA JUGA:   Sebuah lampu listrik diberi label dengan 100 W / 220 V

Sebutkan Manfaat Laut Sebagai Sumber Daya

1. Sebagai sumber energi

Fakta bahwa laut dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit energi mungkin mengejutkan kita, tetapi itu benar karena negara-negara maju telah menggunakan laut (ombak) untuk pembangkit listrik di negara mereka sendiri.

Mungkin tidak ada yang seperti ini di Indonesia, atau jika ada, kemungkinan dalam skala yang sangat kecil. Fasilitas pembangkit listrik tenaga gelombang ini, tidak diragukan lagi, mewakili masa depan karena lebih bersih dan lebih hemat biaya daripada membakar bahan bakar fosil.

2.IkanIkan Manfaat Laut Sebagai Sumber Daya

Perikanan laut adalah Manfaat laut sebagai sumber daya kedua yang akan dibahas. Ikan yang hidup di air asin memiliki nilai gizi yang tinggi dan mampu bergerak bebas di laut. Ikan merupakan makanan yang berprotein tinggi, sehingga menjadi pilihan yang sangat baik untuk teman-teman yang ingin mengkonsumsi nasi. Banyak ibu-ibu lebih suka makan ikan dengan sambal karena selain bergizi juga enak.

Ikan di laut Indonesia sangat melimpah sebagai konsekuensi dari melimpahnya sumber daya laut di perairan negara yang sangat luas karena posisi geografis Indonesia yang mencakup sejumlah besar badan air. Akibatnya, banyak kapal penangkap ikan asing masuk ke laut Indonesia secara ilegal untuk menangkap ikan.

Sebenarnya, ini melawan hukum karena melanggar hukum dan memerlukan izin untuk melintasi perbatasan tanpa izin. Dimungkinkan juga untuk menelan telur ikan, selain daging ikan yang enak, karena tingkat proteinnya juga tinggi pada spesies ikan ini.

BACA JUGA:   alat yang digunakan untuk melindungi agar tidak tertusuk jarum

3. Penggunaan rumput laut

Penggunaan Rumput Laut Manfaat Laut Sebagai Sumber Daya

Nelayan menghasilkan rumput laut dalam jumlah besar di sepanjang garis pantai lautan. Selain kaya akan nutrisi bagi tubuh, rumput laut dikatakan sebagai sumber serat dan antioksidan yang baik. Juga sering digunakan dalam industri kuliner, rumput laut diolah menjadi produk lezat seperti kentang goreng, sushi dan es rumput laut, yang menyegarkan untuk diminum sepanjang hari.

Teknik budidaya rumput laut ini juga tidak kalah sederhana; semua yang diperlukan adalah rumput laut dibiakkan di reservoir yang dibersihkan secara menyeluruh. Lalu ada rumput laut yang melalui proses perkawinan dan yang tidak, yang mempengaruhi proses budidaya itu sendiri. Dan untuk penanam, ada cara agar benih rumput laut tersebar merata di seluruh waduk, serta cara mengikat benih rumput laut ke tali yang sudah ditaruh di dasar laut.

Sangat penting untuk mengisi ulang air waduk setiap tiga hari dan memupuk rumput laut untuk menjaga kesegaran dan pertumbuhan rumput laut sehingga menghasilkan rumput laut yang dapat dipanen dalam jumlah terbesar saat dipanen. Setelah 45 hingga 60 hari, rumput laut dapat dikumpulkan.

4. Menghasilkan garam sebagai produk sampingan

Garam dapat digunakan untuk meningkatkan rasa makanan. Hal ini dikarenakan garam merupakan pelengkap bumbu dapur lainnya dan memiliki rasa yang asin. Dengan bantuan sinar matahari dan kincir angin buatan, garam dihasilkan dari sedimen laut yang telah disaring dan kemudian dikeringkan.

Fakta bahwa garam diproduksi oleh petani dan berasal dari laut menjelaskan mengapa harga garam tidak terlalu tinggi. Jika Anda menyaksikan bagaimana garam diproses di lokasi pembuatannya, Anda akan tercengang dan senang karena Anda akan mendapatkan pemahaman baru tentang bagaimana garam diproduksi dari air laut.

BACA JUGA:   Iklan Mempunyai Beberapa fungsi kecuali - 5 Fungsi Iklan

5. Moda transportasi

Manfaat laut sebagai sumber daya sebagai sarana transportasi laut merupakan keuntungan selanjutnya dari pemanfaatannya. Transportasi laut bertujuan untuk menghubungkan pulau satu dengan pulau lainnya dengan menggunakan kapal yang sudah diproduksi oleh nelayan setempat.

Moda transportasi umum untuk jarak pendek, kapal yang digunakan tidak cukup besar untuk mengangkut lebih dari sekitar sepuluh penumpang. Berbeda dengan transportasi jarak jauh melalui laut, yang dilakukan dengan menggunakan kapal besar seperti feri.

Sebagai ilustrasi, perhatikan situasi saat menaiki kapal untuk melakukan perjalanan ke merak dari Bangkaheni. Sekali lagi, transportasi laut adalah moda transportasi yang populer karena memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan laut lepas yang menakjubkan, terutama di sore hari. Pada saat itu, Anda akan dapat menyaksikan matahari terbenam dengan cahayanya yang indah menyinari langit malam.

6. Sebagai objek wisata

Manfaat laut sebagai sumber daya selanjutnya adalah menjadi tujuan wisata yang populer. Kalian dapat memilih dari berbagai tur yang berbeda untuk memanfaatkan akhir pekan bersama orang yang Kalian cintai. Saat berada di pantai, Kalian dapat berenang di bak mandi bersama anak Kalian atau melakukan perjalanan banana boat, yang memungkinkan Kalian untuk bersantai sambil berputar-putar di banana boat dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan bagi Kalian yang hobi menyelam dapat memanfaatkan kegiatan menyelam yang memungkinkan Kalian menjelajahi dasar laut. Kalian dapat menikmati pemKalianngan yang berbeda dan lebih menakjubkan dari biasanya. Dimungkinkan untuk menyaksikan ribuan ikan cantik berenang dan tampak jinak jika dilihat dari kejauhan; Namun, ketika didekati, mereka melarikan diri.Sebagai Objek Wisata Manfaat Laut Sebagai Sumber Daya

BACA JUGA:   Skema proses dalam perencanaan usaha modifikasi bahan pangan dari bahan nabati dan hewani pada tahap pertama adalah .....

Belum lagi terumbu karang yang terdapat di laut Indonesia yang sudah terkenal di dunia karena keindahan alamnya. Misalnya, terumbu karang di laut Kalimantan masih perawan karena ribuan tahun tidak pernah diganggu manusia.

7. Kerang

Kerang di dasar laut adalah makhluk hidup yang memiliki cangkang keras yang melindungi mereka dari unsur-unsur. Kerang dikumpulkan dalam jumlah besar untuk konsumsi manusia karena dagingnya tinggi protein. Kerang, selain dikonsumsi, juga terkenal dengan produksi mutiara yang luar biasa di cangkangnya, yang dapat ditemukan dalam jumlah banyak.

Namun, tidak semua kerang memiliki karakteristik ini. Mutiara dapat dihasilkan oleh beberapa jenis cangkang yang ditemukan di dasar laut, termasuk tiram dan keong. Ketika dijual, mutiara yang dihasilkan oleh makhluk ini memiliki nilai moneter yang signifikan, itulah sebabnya mereka dilindungi karena habitatnya diganggu oleh predator yang hanya tertarik pada daging dan mutiara.

Namun, karena makhluk ini dianggap sebagai sumber daya laut, mereka tidak hanya digunakan untuk konsumsi dan perhiasan, tetapi juga untuk reproduksi untuk menyelamatkan mereka dari kepunahan.

8. Mangrove

Hanya di sepanjang pesisir pantai dapat ditemukan hutan bakau. Selama gurun, hutan ini akan terendam air, dan kemudian terkena unsur-unsurnya saat air surut. Ada berbagai keuntungan memiliki hutan mangrove sebagai sumber daya maritim, antara lain:

Ada ikan-ikan kecil yang menjadikannya rumah karena rindang dan memberikan tempat berteduh jika Kalian memperhatikan keteduhan yang diberikan oleh akar-akar hutan mangrove. Ikan-ikan kecil menjadikannya rumah karena teduh dan menyediakan tempat berteduh.

Makanan Nelayan: Plankton dapat ditemukan berlimpah di dekat pangkal pohon bakau, menyediakan sumber nutrisi bagi ikan-ikan kecil.

BACA JUGA:   Kata kata pokok yang dibahas dalam sebuah iklan disebut

Abrasi atau erosi lapisan tanah pantai yang disebabkan oleh gelombang dapat dicegah. [Info lebih lanjut] Manfaat hutan mangrove ini tidak terlalu signifikan.

Sebagian besar penduduk setempat memanfaatkan kayu untuk memasak di atas api terbuka di dapur. Hal ini dikarenakan api yang dihasilkan oleh kayu mangrove ini menghasilkan nyala api yang besar dan menyenangkan.
Itulah beberapa manfaat yang diberikan hutan mangrove bagi manusia dan ikan-ikan kecil dalam kehidupan sehari-hari.

8. Pertambangan

Pertambangan adalah Manfaat laut sebagai sumber daya lain yang juga paling menguntungkan dalam hal ekspor dan impor di seluruh dunia. Berbagai jenis penambangan dapat dilakukan di lepas pantai di wilayah sekitar Kalimantan yang kaya akan sumber daya minyak dan gas bumi.

Karena minyak dan gas bumi dibutuhkan oleh hampir semua aspek kehidupan, maka kelebihan minyak dan gas bumi dibandingkan dengan manfaat mesin. Hanya saja, sebagai sumber daya yang terbatas dengan umur yang terbatas, penggunaan gas alam dan minyak harus dibatasi untuk mengakomodasi peningkatan jumlah generasi di masa depan.

Akibatnya, beberapa penyelidikan telah dilakukan untuk menentukan jenis energi apa yang dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan sehari-hari manusia menggantikan gas dan minyak. Minyak bumi, di sisi lain, terbentuk sebagai hasil dari proses panjang di bawah tanah yang memakan waktu ribuan tahun.

Bagi Kalian yang lebih mengetahui tentang Manfaat Laut Sebagai Sumber Daya, disarankan untuk membagikan pengetahuan Kalian di bagian komentar di bawah.

Referensi

Jawaban dan juga penjelasan Apa Manfaat Laut Sebagai Sumber Daya diatas diambil dari banyak sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.