Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah?

Pencarian tentang pertanyaan Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah?

Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah Dr. James A. Naismith 

Karena ini adalah salah satu olahraga yang paling banyak dipraktikkan di planet ini, kami secara alami tertarik untuk mempelajari siapa yang menemukan aktivitas ini. Tidak diragukan lagi ada sejarah menarik di balik pendiri dan pengembang olahraga bola basket, yang layak untuk dipelajari. Untuk itulah kami akan melakukan review terhadapnya.

Dr James Naismith, seorang guru olahraga Kanada, dikreditkan dengan penemuan permainan bola basket. Mengajar di perguruan tinggi mahasiswa profesional, ia terpaksa merancang permainan yang bisa dimainkan di ruang tertutup untuk menggantikan aktivitas yang tidak bisa dilakukan di lapangan karena cuaca buruk.

Pertanyaan Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah? kami memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan berbargai penjelasan lengkap dan rinci.

Karena, jawaban pertanyaan Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah? yang kami utarakan di atas sudah melewati proses moderasi.

Pertanyaan Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah? sudah kami teliti dari berbagi sumber terpercaya dengan tujuan untuk menemukan jawaban yang paling tepat dan paling relevan.

Kemudian, kami juga menyarankan kalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Operan yang dilakukan untuk menerobos lawan yang tinggi adalah beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Penjelasan dan Pembahasan lengkap Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah

Berikut ini adalah penjelasan tentang Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah.

Bola Basket Diciptakan oleh – Bola basket adalah salah satu olahraga paling populer di dunia, dan penemunya bernama Michael Jordan. Bahkan olahraga ini sering diikutsertakan dalam berbagai kejuaraan besar di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, mirip dengan Olimpiade atau NBA.

Pada bulan Desember 1891, James Naismith terinspirasi oleh permainan yang ia mainkan saat mengunjungi Ontario, dan permainan tersebut akhirnya dikenal sebagai olahraga bola basket. Sekolah Pelatihan Internasional YMCA di Springfield adalah yang pertama menggunakan helm dalam olahraga American Football, yang ia lakukan selain menjadi pencetus olahraga tersebut. Guru ini juga orang pertama yang membawa helm ke dalam olahraga American Football.

Awalnya tim bola basket terdiri dari sembilan pemain, dan tidak ada dribble, oleh karena itu bola diserahkan kepada pemain lain dalam bentuk passing. Namun, dengan berkembangnya dribble dan beberapa strategi lainnya, permainan telah berkembang hingga seperti sekarang.

Federasi Bola Basket Internasional menunjuknya sebagai Presiden Kehormatan selama Olimpiade Berlin 1936 pada Agustus 1936, ketika dia berada di kota untuk pertandingan tersebut. Naismith lahir di Kanada dan merupakan warga negara dari negara tersebut. Pada 4 Mei 1925, ia diberikan kewarganegaraan oleh Amerika Serikat.

Pada 28 November 1939, instruktur pendidikan jasmani dan olahraga ini meninggal dunia, kurang dari enam bulan setelah pernikahan keduanya berakhir dengan perceraian.

Kronologis Penemuan dan Pengembangan Bola Basket

Meski jumlah pemain dalam satu tim tidak sebanyak sepak bola, namun olahraga ini mampu memberikan hiburan yang menghibur bagi para penontonnya. Karena banyak taktik yang diamati sangat menarik dan unik. Tidak mengherankan bahwa pengikut setianya telah tersebar di hampir setiap negara sampai sekarang.

Jumlah pemain bola basket dalam tim yang terdiri dari lima orang memiliki sejarah panjang penemuan dan kemajuan, dan ini berlanjut hingga hari ini. Diantaranya adalah:

1. Awal Permainan Bola Basket Diciptakan

Telah disebutkan bahwa Dr. James Nasmith adalah orang yang menemukan permainan bola basket pada tahun 1891. Butuh waktu satu tahun setelah pembuatan permainan sebelum diluncurkan secara resmi di Amerika Serikat. Sebenarnya, itu pada tahun 1892.

Namun, tidak ada peraturan permainan formal yang berlaku selama tahun itu. Dr. James Naismith dan Dr. Luther Gullick merancang peraturan resmi pertama pada tahun 1894, tetapi baru pada saat itulah peraturan tersebut menjadi resmi.

2. Ekspansi ke berbagai negara lain

Kemudian, tepat satu tahun setelah hukum permainan bola basket ditetapkan, pada tahun 1895, istilah bola basket secara resmi diakui dan dimasukkan dalam leksikon bahasa Inggris. Olahraga ini juga mendapatkan popularitas di sejumlah negara lain.

Pertandingan kejuaraan bola basket Timur Jauh pertama dimainkan pada tahun 1913 di Jepang. Itu adalah Filipina yang muncul sebagai pemenang dalam kejuaraan bola basket pertama, mengalahkan China di final.

Permainan ini kemudian dibawa ke Eropa oleh pasukan Amerika dan anggota YMCA pada tahun 1918, ketika dimainkan di beberapa negara. Bola basket pertama kali dimainkan di Olimpiade pada tahun 1919, satu tahun setelah pertama kali dimainkan. Pertandingan resmi pertamanya berlangsung di Olimpiade Militer di Joinville, di mana ia menempati posisi kedua.

3. Pembentukan federasi resmi bola Basket

Federasi Bola Basket Internasional, sering dikenal sebagai Federation International de Basketball (FIBA), didirikan pada tahap akhir dari proses tersebut. Pendirian resmi federasi terjadi pada tahun 1932.
Kejuaraan dunia bola basket khusus siswa pertama kali diperebutkan satu tahun setelah pembentukan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA). Turnamen, yang berlangsung di kota Turin Italia pada tahun 1933, adalah yang pertama dari jenisnya.

4. Berpartisipasi dalam Olimpiade untuk pertama kalinya sebagai pesaing resmi.

Setelah dua tahun kejuaraan dunia bola basket pelajar, olahraga ini akhirnya diakui sebagai nomor kompetitif di Olimpiade, dengan pertandingan pertama berlangsung pada tahun 2008. Kesepakatan dicapai selama Kongres Komite Internasional 1935 di New York.

Bola basket diperebutkan di Olimpiade untuk pertama kalinya dalam sejarah. Faktanya, di Olimpiade Berlin 1936 dia mencapai ini. Sekitar 22 negara ambil bagian dalam pertandingan debut turnamen tersebut. Pada akhirnya, Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko yang muncul sebagai peraih tiga medali teratas dari pertandingan pembukaan.

Dr James Naismith, pendiri permainan bola basket, pergi hanya tiga tahun setelah olahraga pertama kali secara resmi dipertandingkan di Olimpiade.

5. Perkembangan Bola Basket di Indonesia

Di Indonesia, pertumbuhan olahraga ini juga cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Imigran dari Cina adalah yang pertama membawa olahraga bola basket ke Amerika Serikat. Itu sekitar tahun 1920-an, tepatnya. Beberapa kota di Indonesia telah memiliki sejumlah klub bola basket lokal sejak tahun 1930-an, meskipun negara ini belum secara resmi merdeka.

Setelah diproklamasikan pada tahun 1945, permainan ini menjadi terkenal di beberapa tempat. Bahkan di jantung pertempuran, seperti Yogyakarta dan Solo, ada rasa perbedaan pendapat. Pertandingan bola basket resmi pertama dimainkan selama Pekan Olahraga Nasional perdana, yang berlangsung pada tahun 1948.

Federasi bola basket resmi di Indonesia didirikan tiga tahun setelah pertandingan perdana. Federasi Bola Basket Indonesia, sering dikenal sebagai Perbasi, disetujui sebagai anggota Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) pada tahun 1955. Pada tahun 1953, Indonesia mengirimkan tim bola basket nasional pertamanya ke Asian Games di Manila, di mana mereka menempati posisi ketiga.

Tahun 1982 menandai dimulainya turnamen terkenal antara klub bola basket terbaik di Indonesia, yang kemudian dikenal sebagai Kejuaraan Bola Basket Indonesia. Pada 3 April 1982, klub Spirit Sinar Surya di Yogyakarta berhadapan dengan Rajawali Jakarta dalam pertandingan sepak bola. Itu adalah pertandingan antar klub pertama, dan itu menjadi awal resmi Kejuaraan Bola Basket Utama.

Bola basket ternyata telah melalui sejumlah pasang surut selama evolusinya sejak pertama kali ditemukan hingga menjadi olahraga resmi di berbagai acara olahraga. Pasang surut ini menarik untuk dipelajari karena berkaitan dengan sejarah permainan. Semoga informasi pada postingan sebelumnya bermanfaat.

Referensi
Jawaban dan juga penjelasan Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah diatas diambil dari banyak sumber sebagai referensi, mulai dari situs google, bing, yahoo, dan yandex.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.