Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah

Pencarian tentang pertanyaan Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan

A. Menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan

B. Menekuk dan meluruskan kedua kaki

C. Menekuk dan meluruskan badan

D. Meliuk dan meregangkan badan

Jawaban : A. Menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan

Telapak tangan dan ujung jari kaki sering digunakan untuk mendorong. Namun, ada sejumlah versi yang berbeda.

  • Manfaatkan tangan dan lutut
    Karena bobotnya yang tidak terlalu besar akibat lutut/lutut yang dimanfaatkan sebagai tumpuan, biasanya dilakukan oleh wanita dengan cara seperti ini.
  • Manfaatkan telapak tangan dan ujung jari kaki
    Nah, inilah yang sering kita lihat dan dengar dari para pria yang mengandalkan kekuatan otot lengan, dada, dan bahu untuk mencapai tujuannya.
  • Pinggul diangkat dengan menekan telapak tangan dan jari-jari kaki bersama-sama.
    Gerakan mengangkat hampir identik dengan yang kedua, kecuali pinggul terangkat saat gerakan mengangkat, sehingga menghasilkan posisi menngging.
BACA JUGA:   Setelah selesai berolahraga,sebaiknya pakaian diganti agar

Setiap salah satu dari tiga tindakan ini dimulai dengan siku ditekuk, dan kemudian ketika siku diangkat, siku diluruskan.

Maka jawaban yang tepat untuk pertanyaan Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah : A. Menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan

Pertanyaan Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah kami memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan berbargai penjelasan lengkap dan rinci.

Kemudian, kami juga menyarankan kalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Panjang tongkat pemukul bola kasti adalah beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Bagaimana melakukan push-up yang benar dengan cara yang benar

Push-up yang akan dibahas kali ini oleh Tim OB Fit, antara lain push-up miring, push-up duduk, push-up berlutut, dan variasi push-up lainnya.

Push-up, seperti yang kita semua tahu, adalah salah satu latihan olahraga paling dasar yang dapat membantu kita membentuk tubuh kita.

Kita dapat melakukan gerakan push-up ini sebagai latihan individu baik di rumah atau di gym.

Push-up, di sisi lain, biasanya dilakukan bersamaan dengan berbagai latihan lain selama satu sesi latihan.

Jenis Gerakan Push-up

Berikut adalah beberapa tips tentang cara melakukan serangkaian gerakan push-up yang efektif dan akurat agar aktivitas kita berjalan lancar dan maksimal, termasuk yang tercantum di bawah ini:

1. Push-up sambil duduk

Varian push-up yang dilakukan dalam posisi duduk dikenal sebagai push-up duduk.

BACA JUGA:   Kalimat yang menyatakan iklan penawaran adalah

Versi ini sangat baik untuk meningkatkan stabilitas bahu Kalian di kedua sisi.

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan sit up push up:

  • Duduklah di bangku dengan tangan di samping dan telapak tangan menghadap ke tanah. Pertahankan sikap santai untuk kaki Kalian saat Kalian menekuk lutut.
  • Manfaatkan lengan Kalian untuk menekan telapak tangan ke bangku sampai tubuh Kalian mulai naik. Pertahankan posisi duduk dengan tubuh Kalian saat Kalian diangkat. Penting juga untuk memastikan bahwa bokong Kalian terangkat setidaknya 1 hingga 2 sentimeter dari bangku.
  • Kembalikan tubuh Kalian ke postur sebelumnya dengan menurunkannya secara perlahan.

2. Incline push up

Push-up miring adalah bentuk yang lebih maju yang sangat baik untuk membangun kekuatan dan daya tahan tubuh bagian atas.

Berikut ini adalah prosedur yang harus diikuti untuk melakukan variasi incline push up yang benar:

  • Kepalkan tangan Kalian dan letakkan tangan Kalian di atas benda padat yang lebih tinggi dari kaki Kalian.
  • Tarik kaki sepenuhnya lurus sampai benar-benar lurus. Selain itu, pastikan tubuh Kalian dalam posisi tegak tanpa lengkungan tulang belakang.
  • Ayunkan lengan Kalian ke samping benda yang Kalian gunakan sebagai penyangga sambil menarik napas dalam-dalam agar lengan Kalian tetap tertekuk. Pertahankan tubuh Kalian dalam posisi itu selama beberapa detik.
  • Setelah beberapa detik, ambil napas dalam-dalam dan kembalikan tubuh Kalian ke posisi semula.
BACA JUGA:   Pembentukan dengan cara tanah liat dipelintir menjadi bentuk bulat dan memanjang disebut teknik

3. Push-up sambil berlutut

Mengikuti kemampuan Kalian untuk melakukan push-up duduk dengan mudah, Kalian dapat beralih ke jenis push-up berlutut.

Versi ini menekankan pada lutut Kalian untuk menjaga keseimbangan Kalian.

Berikut ini adalah contoh cara melakukan push up berlutut dengan benar:

  • Mulailah dengan telapak tangan dan lutut Kalian menyentuh lantai dan pandangan Kalian diarahkan ke bawah.
  • Letakkan tangan Kalian selebar bahu dan jari-jari Kalian selebar bahu. Pertahankan kenyamanan sebanyak mungkin di lutut Kalian.
  • Tekuk siku saat menarik napas dalam-dalam, sehingga dada dan dagu praktis menyentuh lantai. Saat Kalian melakukan latihan ini, pastikan otot inti Kalian berkontraksi. Pertahankan tubuh Kalian dalam posisi ini selama beberapa detik.

Setelah beberapa detik, ambil napas dalam-dalam dan dorong tubuh Kalian kembali ke posisi awal menggunakan lengan.

4. Push-up dengan cara standar

Menurut sebuah penelitian, varian ini memungkinkan tubuh mempertahankan hingga 64 persen dari total berat badan Kalian tanpa membuat otot tegang.

Dibandingkan dengan ini, saat melakukan push-up berlutut, tubuh Kalian hanya mampu menopang 49 persen dari berat badan Kalian.

Di bawah ini adalah cara yang tepat untuk melakukan push up dasar:

  • Merangkak di atas matras atau lantai dalam posisi berjongkok untuk memulai. Letakkan tangan Kalian sedikit lebih lebar dari bahu Kalian dalam posisi ini.
  • Pertahankan keseimbangan tubuh Kalian dengan merentangkan kaki ke belakang. Pertahankan posisi tubuh lurus dari kepala hingga kaki, tanpa lengkungan di punggung, selama latihan. Untuk mendapatkan posisi yang nyaman, sebaiknya sesuaikan jarak antara kedua kaki (baik lebar atau rapat).
  • Segera sebelum memulai aktivitas, kencangkan perut dan kencangkan otot inti dengan menarik pusar ke tulang belakang. Ini akan membantu menstabilkan tubuh Kalian. Mempertahankan keadaan ini saat melakukan push-up adalah penting.
  • Berbaringlah di tanah dan tekuk siku Kalian hingga membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh Kalian. Saat menekuk siku, ingatlah untuk menarik napas dalam-dalam secara perlahan.
  • Di akhir latihan, hembuskan napas sambil mulai mengencangkan otot dada dan gunakan tangan untuk mengangkat diri kembali ke posisi awal
BACA JUGA:   Komponen yang diisi Positif adalah

5. Push-up ke dinding

Untuk pemula, push-up dinding adalah variasi sederhana yang dapat dilakukan di dinding.

Gerakan dasar push up dinding sama dengan gerakan push up standar, kecuali jika dilakukan sambil bersandar di dinding atau di atas benda dengan permukaan datar lainnya, seperti lemari atau meja.

Push-up ini cukup sederhana untuk dilakukan oleh seorang pemula. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Hadapi dinding dengan tangan Kalian menempel di atasnya, dengan jari-jari Kalian selebar bahu di antaranya.
  • Terus pegang tangan Kalian dalam postur yang sama sambil menggerakkan kaki Kalian ke belakang satu atau dua langkah kecil sekaligus. Pertahankan jarak yang sama antara kaki dalam kaitannya dengan bahu.
  • Sesuaikan posisi tubuh Kalian dengan meluruskannya, menekuk siku, dan dengan lembut menggerakkan tubuh Kalian ke arah dinding sambil menjaga kaki Kalian tetap rata di permukaan.
  • Harap pertahankan posisi Kalian selama beberapa detik. Setelah itu, dorong tubuh Kalian ke belakang dengan hati-hati dan kembali ke postur awal dengan menggunakan tangan untuk membantu Kalian.
  • Lakukan banyak pengulangan latihan.
BACA JUGA:   Dibawah ini yang termasuk ciri dari pendidikan informal adalah

Kesimpulan

Tindakan push-up harus diulang 10 hingga 15 kali dalam dua set setiap latihan untuk mencapai hasil terbaik.

Jika Kalian telah menguasai varian yang tercantum di atas, Kalian dapat meningkatkan jumlah latihan yang Kalian lakukan setiap hari.

Jawaban pertanyaan Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah yang kami utarakan di atas sudah melewati proses moderasi.

Pertanyaan Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah sudah kami teliti dari berbagi sumber terpercaya dengan tujuan untuk menemukan jawaban yang paling tepat dan paling relevan.

Referensi :

Galih Tetap, Bayu Galih. Perhatikan Langkah-Langkah Ini untuk Mempelajari Cara Push Up yang Benar untuk Pemula. SehatQ. Tanggal publikasi 15 November 2020. Tanggal 14 April 2021. https://www.sehatq.com/artikel/cocok-untuk-pemula-begini-cara-push-up-yang-benar

Cara Push Up yang Benar, Perhatikan Posisi Tubuh | Cara Push Up yang Benar, Perhatikan Posisi Badan https://www.merdeka.com/jateng/cara-push-up-yang-benar-perhatikan-posisi-tubuh-kln.html

Gerakan Push Up untuk Pemula yang Sederhana dan Aman • Halo Sehat. Halo, ada, Sehat. Tanggal publikasi 12 Februari 2020. Tanggal 14 April 2021. https://hellosehat.com/kebugaran/kekuatan/tips-push-up-untuk-pemula/