9 Peluang Investasi Paling Menjanjikan Tahun 2022

Untuk menjalani kehidupan yang lebih produktif secara finansial di tahun 2022, tampaknya Kalian perlu mengetahui beberapa peluang investasi terbaik yang tersedia di masa depan. Karena faktanya masih sedikit orang yang memahami pentingnya berinvestasi, hal ini terjadi.

Faktanya, investasi sangat penting untuk kemajuan dan pertumbuhan gaya hidup yang lebih memuaskan.

Karena berinvestasi setidaknya memungkinkan Kalian untuk melakukan kontrol yang lebih besar atas keuangan Kalian.

Tujuannya agar Kalian tidak membuang-buang uang dengan membeli barang-barang yang nilainya lebih rendah bagi Kalian.

Hal ini karena uang yang Kalian miliki akan diinvestasikan dalam berbagai bentuk investasi yang dianggap tepat dan akan meningkatkan kehidupan Kalian dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, untuk menentukan peluang investasi terbaik di tahun 2022 yang dapat dipilih, CekAja.com akan mengevaluasi berbagai daftar secara mendetail, khusus untuk Kalian, pada kesempatan ini.

Pentingnya Melakukan Investasi Finansial

Penting untuk menyadari pentingnya berinvestasi sebelum melanjutkan pembahasan lebih lanjut tentang investasi.

Karena, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, berinvestasi dapat meningkatkan kemampuan Kalian untuk mempertahankan kontrol yang lebih baik atas situasi keuangan Kalian.

Selain itu, jika dilakukan dengan benar dan tepat, investasi dapat membuat hidup Kalian lebih beruntung dalam hal keamanan finansial.

Akibatnya, investasi sangat penting dalam jangka panjang. Dan bagi mereka yang masih ragu untuk berinvestasi atau takut untuk mengambil risiko, CekAja.com akan memberikan beberapa argumen kuat mengapa Kalian harus melakukannya lebih jauh.

Beberapa pertimbangan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Dengan berinvestasi, Kalian akan menuai banyak keuntungan dalam berbagai cara, mulai dari perolehan properti dan kekayaan hingga peningkatan nilai aset Kalian.
  • Kalian akan mendapatkan kemandirian finansial sebagai hasil dari aset yang Kalian miliki, dan
  • Kalian tidak akan lagi bergantung pada gaji bulanan.
  • Dengan berinvestasi, Kalian akan dapat mencegah laju inflasi yang dapat berdampak pada berbagai produk yang tersedia di pasar.
  • Investasi juga dapat menghasilkan kesejahteraan finansial di tahun-tahun berikutnya kehidupan.
  • Investasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, bahkan dengan sedikit uang.
  • Selain alasan yang disebutkan di atas, investasi diperlukan untuk membuat uang yang Kalian miliki bekerja untuk Kalian, bahkan saat Kalian sedang istirahat.

Istilah investasi yang digunakan oleh investor besar Warren Buffet sangat tepat dalam penerapannya. Hal ini disebabkan oleh penelitian yang diterbitkan oleh Oxfam, yang menyatakan bahwa kekayaan gabungan empat orang terkaya di Indonesia sama dengan aset gabungan dari 100 juta orang termiskin di negara itu.

Tampaknya cukup menyedihkan, tetapi itu akurat. Karena orang-orang kaya ini dapat menggunakan uang mereka untuk bekerja dengan menginvestasikannya. Akibatnya, jumlah uang yang Kalian miliki akan bertambah tanpa Kalian harus bekerja.

Jadi, Kalian telah memperoleh pemahaman mengapa investasi sangat penting sampai saat ini. Namun, sebelum Kalian berinvestasi, pastikan Kalian memahami dan telah menentukan peluang investasi 2022 terbesar untuk digunakan.

Peluang investasi terbaik untuk tahun 2022 adalah sebagai berikut:

Jika Kalian sudah memahami pentingnya berinvestasi dari percakapan sebelumnya, maka pembahasan berikut akan memberi Kalian daftar pilihan investasi terbaik untuk tahun 2022.

Artinya, ada banyak pilihan investasi yang sangat baik di tahun 2022. Berikut ini adalah sembilan yang paling penting, seperti dirangkum oleh CekAja.com, yaitu sebagai berikut:

1. Berinvestasi dalam saham

Peluang investasi terbesar pertama di tahun 2022 adalah investasi saham yang menduduki peringkat teratas. Beberapa dari Kalian mungkin pernah mendengar bahwa ada banyak orang yang sibuk membagikan perkembangan saham mereka di media sosial akhir-akhir ini, dan ini mungkin benar.

Berdasarkan fenomena tersebut, dapat disimpulkan bahwa investasi saham telah menggelitik minat sebagian besar masyarakat, khususnya anak muda dari generasi milenial.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa saham adalah salah satu alat investasi yang paling menguntungkan yang tersedia, dan mereka memberikan tingkat pengembalian tertinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Namun, selain itu, risiko yang harus Kalian ambil tidak kalah pentingnya dengan potensi imbalannya. Hal ini tentunya sejalan dengan prinsip investasi saham yaitu high risk/high reward.

Oleh karena itu, jika Kalian serius ingin berinvestasi di saham, Kalian harus meneliti topik tersebut terlebih dahulu dan memastikan bahwa Kalian memahami dasar-dasar pasar saham, termasuk cara memilih broker yang bereputasi baik.

Saham, di sisi lain, adalah investasi jangka panjang yang nilainya meningkat seiring dengan inflasi. Manfaat hanya dapat diamati dan diperoleh sepenuhnya dalam waktu minimal lima tahun, setelah itu tidak berlaku lagi.

2. Investasi di reksa dana

Berinvestasi dalam reksa dana adalah langkah selanjutnya, dan juga merupakan salah satu pilihan investasi teratas untuk tahun 2022.

Ini adalah jenis peluang investasi yang Kalian cari, terutama jika Kalian seorang pemula yang tidak memiliki banyak pengalaman di pasar keuangan.

Tidak hanya itu, investasi reksa dana juga sangat baik bagi Kalian yang memiliki sumber keuangan terbatas namun ingin mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Menurut definisinya, reksa dana adalah forum yang dirancang khusus untuk menghimpun uang dari sejumlah besar orang yang memiliki uang untuk diinvestasikan.

Alhasil, dana yang terkumpul dari individu-individu tersebut akan ditangani oleh Manajer Investasi (MI) yang kompeten dan akan dimasukkan ke dalam portofolio investasi yang menjanjikan.

Peluang investasi ini diklaim sangat ideal bagi pendatang baru dengan sumber dana terbatas, karena reksa dana dapat didirikan hanya dengan Rp. 10 ribu modal awal.

3. Emas sebagai investasi jangka panjang

Selain kedua bentuk investasi tersebut di atas, emas termasuk dalam daftar prospek investasi teratas pada tahun 2022 yang layak untuk ditelusuri.

Tidak sama sekali, karena emas memiliki harga yang cenderung stabil dan cukup kuat, terutama dalam menghadapi volatilitas inflasi.

Selain itu, emas itu sendiri sangat mudah untuk dijual jika kebutuhan muncul kapan saja. Akibatnya, tidak mengherankan jika investasi emas telah ada sejak awal waktu dan telah menjadi kebiasaan hampir semua manusia, turun-temurun dari generasi ke generasi.

Jika sebelumnya emas dibeli dalam bentuk komoditas berwujud seperti perhiasan dan barang sejenis lainnya, sekarang dimungkinkan untuk membeli dan menjual emas secara online, sehingga memudahkan orang yang ingin berinvestasi emas.

Layanan jual beli emas online disediakan oleh Digital Pegadaian dan LM Safe milik Antam yang sama-sama berbasis di Armenia.

Seluruh bentuk fisik emas yang dibeli melalui kedua lembaga tersebut akan segera disimpan dan disimpan dengan baik oleh LM Safe Pegadaian dan Safe LM Antam.

 

4. Investasi Obligasi

Investasi obligasi menempati urutan keempat, dan juga ditampilkan dalam daftar pilihan investasi teratas untuk tahun 2022, menurut pemeringkatan edisi CekAja.com.

Bagi Kalian yang masih awam dengan obligasi atau yang biasa disebut surat utang, merupakan salah satu jenis investasi yang menjanjikan karena sifatnya yang dapat dipindahtangankan dan memiliki horizon jangka panjang.

Obligasi dapat diterbitkan oleh perusahaan maupun oleh pemerintah. Sedangkan dari sisi return, obligasi dinilai memiliki return yang wajar karena bunga yang dibayarkan lebih besar dari bunga yang dibayarkan oleh BI (Indeks Obligasi).

Berinvestasi dalam obligasi dapat memberi Kalian keuntungan yang signifikan, tetapi juga dapat memberi Kalian keuntungan modal dari penjualan obligasi di pasar sekunder.

Untuk bahayanya sendiri, hampir tidak ada risiko sama sekali, apalagi jika obligasi itu diterbitkan oleh pemerintah.

 

5. Investasi P2P Lending

Jangan khawatir jika ada di antara Kalian yang mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam pinjaman peer-to-peer. Karena merupakan peluang investasi terbaik di tahun 2022, dan merupakan pilihan investasi yang paling disarankan.

Konsep peer-to-peer lending di Indonesia sebenarnya berkembang seiring dengan pertumbuhan fintech (financial technology), yang membuat hampir semua orang mengetahui apa itu pinjol online.

Singkatnya, pinjaman peer-to-peer adalah salah satu konsep yang disediakan oleh pinjaman online.

Dalam hal ini, peer-to-peer lending akan mempertemukan investor dan calon peminjam yang membutuhkan dana lebih.

Beberapa dari Kalian mungkin percaya bahwa ini adalah rute yang berisiko untuk diambil karena Kalian mungkin telah mendengar banyak berita buruk tentang pinjaman online, termasuk hal-hal seperti suku bunga yang terlalu tinggi dan praktik penagihan yang tidak masuk akal, antara lain.

Faktanya, kemungkinan besar itu benar, dan itu terjadi pada banyak pinjaman online yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebaliknya, jika Kalian mengajukan permohonan fintech yang telah resmi terdaftar di OJK, hal ini tidak akan menjadi pertimbangan.

Berinvestasi dalam pinjaman peer-to-peer, di sisi lain, memungkinkan Kalian memperoleh pengembalian sekitar 12-16 persen setiap tahun.

Kalian bisa mendapatkannya tanpa harus mengeluarkan banyak uang di muka. Karena Kalian dapat berinvestasi dalam pinjaman peer-to-peer di fintech profesional hanya dengan Rp 10.000.

 

6. Investasi SBN Sukuk Syariah

Ada pula opsi berinvestasi di Sukuk Syariah yang akan masuk dalam daftar opsi investasi teratas pada 2022.

Surat berharga negara yang diterbitkan pemerintah Indonesia yang bersifat utang, sesuai dengan namanya, dikenal sebagai SBN Sukuk Syariah.

Untuk pemula yang ingin bermain aman sambil mendapatkan keuntungan yang besar, jenis investasi ini sangat ideal karena informasinya disediakan oleh pemerintah.

Pemerintah sengaja menerbitkan SBN untuk mengikutsertakan masyarakat umum dalam perekonomian Indonesia.

Perlu juga dicatat bahwa pemerintah menawarkan SBN dalam tiga bentuk yang berbeda: SBR (Retail Saving Bond), Sukuk Tabungan, dan ORI (Overseas Revolving Loan) (Obligasi Negara Ritel).

Hingga saat ini, SBN sangat diminati investor luar negeri karena tingginya suku bunga yang ditawarkan, yang saat ini lebih dari enam persen per tahun.

7. Investasi Unit Link

Ternyata, unit linkage juga menjadi salah satu prospek investasi teratas di tahun 2022 yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Jenis investasi seperti ini sangat cocok bagi Kalian yang tertarik untuk tidak hanya melakukan investasi finansial, tetapi juga memiliki asuransi untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental Kalian dari kejadian yang mungkin terjadi di masa depan.

Bagi Kalian yang menginginkan kedua fitur tersebut, Unit Link adalah pilihan yang paling tepat untuk Kalian pertimbangkan.

Satu-satunya hal yang perlu Kalian ketahui adalah apakah investasi Unit Link Kalian tidak memberikan keuntungan yang besar, tetapi apakah Kalian masih akan menerima pengembalian investasi yang baik dari investasi ini.

8. Investasi Properti

Investasi properti masuk di nomor delapan. Ada kemungkinan untuk berargumen bahwa real estat akan menjadi pilihan investasi terbaik di tahun 2022.

Dan nyatanya, investasi properti ini sudah menjadi Kalianlan sejak dahulu kala, oleh karena itu akan terus begitu di tahun 2022.

Alasannya agar investasi properti tidak mudah tergerus oleh perjalanan waktu dan kondisi zaman, bahkan dalam situasi darurat seperti pandemi saat ini, karena setiap orang pasti akan membutuhkan tempat tinggal.

Belum lagi nilai investasi yang meningkat, yang diharapkan bisa berkembang di masa mendatang. Alhasil, wajar saja jika banyak orang memilih investasi properti sebagai sarana untuk memastikan masa pensiun yang nyaman.

9. Investasi Deposito

Investasi deposito adalah peluang investasi terbaik yang tersedia pada tahun 2022, dan itu adalah yang terakhir tersedia. Siapa di antara Kalian yang telah membuat komitmen keuangan satu kali ini? Jika Kalian belum melakukannya, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai.

Karena dikelola secara jujur ​​dan di bawah pengawasan ketat Otoritas Jasa Keuangan, investasi tak kasat mata ini dianggap aman dan tidak akan terpengaruh pandemi, menurut para ahli (OJK).

Dan, dalam hal keuntungan, investasi deposito menawarkan potensi keuntungan sekitar lima sampai tujuh persen per tahun dari total investasi.

Meski keuntungan dari investasi ini tidak terlalu besar, namun jika dikelola dengan baik, bisa menjadi sumber pendapatan tambahan yang menjanjikan.

Beberapa materi mengenai prospek investasi terbaik di tahun 2022 sebelumnya telah dibahas secara mendetail dan sangat detail, dan Kalian pasti sudah familiar dengannya.

Kalian dapat memilih peluang investasi terbaik pada tahun 2022 berdasarkan permintaan dan kemampuan finansial Kalian dari semua kemungkinan investasi teratas pada tahun 2022.

Namun, jika Kalian memutuskan untuk melakukan investasi yang menuntut modal dalam jumlah besar karena ingin menghasilkan keuntungan besar, Kalian harus mulai dengan mengumpulkan dana yang diperlukan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.