Extension atau format data file dokumen yang disimpan pada program Microsoft Word

Pencarian tentang pertanyaan Extension atau format data file dokumen yang disimpan pada program Microsoft Word adalah … beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

 

Extension atau format data file dokumen yang disimpan pada program Microsoft Word

Jawaban:

Ekstensi file yang dihasilkan Microsoft Word adalah .doc dan .docx

Pertanyaan Extension atau format data file dokumen yang disimpan pada program Microsoft Word kami memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan berbargai penjelasan lengkap dan rinci.

Kemudian, kami juga menyarankan kalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Perintah dari keyboard untuk melakukan cetak miring  beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Apa itu Extension File dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dalam komputasi, istilah “Extension file” mengacu pada akhiran yang disimpan di dalam file. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah huruf tiga atau empat huruf yang muncul setelah nama file.

BACA JUGA:   Cara menghindari pergaulan bebas dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu…

Fungsi Ekstensi File

Karena itu, sistem operasi komputer (OS) dapat menentukan jenis informasi apa yang disimpan di dalam file dan bagaimana memprosesnya.

Jenis Ekstensi File

Berikut ini adalah enam ekstensi file berbeda yang dapat digunakan di Microsoft Word saat ini.

Sejauh ini, kami hanya mendengar tentang ekstensi file doc dan docx, tetapi Microsoft Word sebenarnya memiliki enam ekstensi file yang berbeda. Sebagai hasilnya, kita akan membahasnya satu per satu di bagian ini.

*.doc

Doc adalah ekstensi file yang sebelumnya digunakan oleh Microsoft Word sebelum versi 2007. Sebelum Microsoft Word 2007, format file doc sudah digunakan oleh perusahaan sebagai jenis file dokumen. Sulit bagi sistem pengolah kata lain untuk membaca dokumen dalam format doc secara akurat, yang telah menjadi milik Microsoft karena adopsi format tersebut. Karena itu, Microsoft World beralih ke pengembangan

docx adalah ekstensi file terbuka yang dapat dibaca oleh semua sistem pengolah kata, dan ini adalah default.

 

*.docx

Docx adalah ekstensi file yang telah digunakan di Microsoft Word 2007 dan versi yang lebih baru. Huruf ‘x’ dalam ekstensi ini direpresentasikan sebagai simbol xml. Sekarang, jika kita menyimpan data, itu akan disimpan secara otomatis ke file berekstensi docx, kecuali jika kita menentukan jenis ekstensi file yang berbeda. Beberapa keuntungan menggunakan format ekstensi file ini adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:   Sebutkan hal-hal yang menyebabkan terjadinya pergaulan bebas!

a. Memiliki ukuran fisik yang lebih kecil.

b. Format file terbuka lebih cepat.

c. Saat mentransfer file, penggunaan dokumen dengan ekstensi docx dapat membantu mengurangi kemungkinan transfer file rusak.

d. Kompresi gambar akan meningkatkan kinerja dan akurasi gambar yang disertakan dalam dokumen.

e. Format file docx lebih mudah beradaptasi dengan banyak aplikasi berbasis web, seperti platform eReader, daripada format file doc.

f. Artinya kita tidak perlu khawatir kehilangan data akibat virus karena tahan terhadap serangan virus makro.

Buka dokumen di Microsoft Word 2007 dan versi yang lebih baru. File docx, di sisi lain, tidak dapat dibuka di Microsoft Word 2003 atau sebelumnya. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Karena ada beberapa ketidakcocokan saat membuka file docx di Microsoft Word 2003 atau versi perangkat lunak sebelumnya.

*.docm

*.docm adalah ekstensi file yang digunakan oleh Microsoft Words versi 2007 dan lebih tinggi untuk pembuatan dokumen. Docm hampir identik dengan docx karena dapat menjalankan makro atau secara otomatis melakukan aktivitas berulang di Word, seperti menyimpan teks, foto, diagram, dan tipe data lainnya. File Docm memampatkan data dengan memanfaatkan format XML dan ZIP untuk mendapatkan ukuran file yang diperkecil.

BACA JUGA:   Pendidikan pergaulan sehat yang diberikan kepada remaja dapat dilakukan dengan cara

*.dot

*.dot adalah ekstensi file untuk format file templat dokumen di Microsoft Word 2007 dan versi sebelumnya. *.dot digunakan untuk membuat file serupa (misalnya, font dan tata letak) yang hanya memerlukan sedikit modifikasi. Format file ini sering digunakan untuk menyimpan header, catatan kaki, dan informasi lainnya, antara lain.

 

*.dotx

Adalah templat dokumen yang dapat ditemukan di Microsoft Word 2007 dan versi yang lebih baru. File dotx ini fungsinya mirip dengan file dot, yaitu berfungsi sebagai file template. File templat ini berisi informasi seperti tata letak dan pengaturan, berbagai gaya, TeksOtomatis, makro, dan bilah alat, yang semuanya dapat dikustomisasi. Menggunakan file dotx, jauh lebih mudah untuk membuat dokumen yang semuanya dalam format yang sama. Pengguna dapat mendesain file template mereka sendiri, seperti surat bisnis atau amplop, dan menyimpannya di komputer mereka.

BACA JUGA:   Skema proses dalam perencanaan usaha modifikasi bahan pangan dari bahan nabati dan hewani pada tahap pertama adalah .....

 

File dengan ekstensi dotx, berbeda dengan file dengan ekstensi dot, menggunakan format dokumen berbasis XML yang lebih baru dan lebih kuat yang diluncurkan oleh Microsoft Office pada tahun 2007. Microsoft Word 2007 dan versi berikutnya, serta versi lama yang mendukung Komponen terbuka, dapat membuka file dotx sebagai hasilnya. XML. File Dotx mewarisi arsitektur XML, serta kompresi ZIP, yang membantu menjaga ukuran file tetap rendah.

 

 *.dotm

Hampir sama dengan docx dan docm, dimana huruf “x” menandakan xml, xml diwakili oleh huruf “m”.

Sementara huruf “m” adalah singkatan dari makro, istilah “dotm” mengacu pada dokumen yang berisi makro. File dotm hanya dapat dibuat oleh aplikasi tertentu, itulah sebabnya mereka memiliki ekstensi file dotm. Aplikasi pemrosesan dokumen yang menjalankan makro, mengonfigurasi pengaturan, dan menetapkan tata letak default untuk dokumen. File dotm memiliki dua karakteristik, yaitu kompresi file zip dan XML (Extensive Markup Language), yang mirip dengan ekstensi file docx dan docm. Kompresi file zip dan XML (Extensive Markup Language) adalah dua karakteristik file Dotm. Aplikasi yang mampu membuka Microsoft Word 2007 dan Microsoft Word 2010. Versi Microsoft Word sebelum 2007 tidak dapat membuka file ini kecuali jika dilengkapi dengan konverter Word yang memungkinkan mereka melihat konten file.

BACA JUGA:   Sebuah atom terdiri dari …

Sampai sekarang, Anda pasti sudah familiar dengan istilah Makro dan XML,,, Di bagian ini, kita akan membahas apa itu makro dan xml dan mengapa itu penting.

Istilah “makro” mengacu pada kumpulan perintah dalam satu frasa yang disebut sebagai satu perintah. Karena itu, pengulangan-ulang pekerjaan dapat diselesaikan secara langsung dan otomatis. Karena setiap perintah di Word adalah makro, misalnya, jika Anda ingin menyimpan file, Anda dapat memilihnya dari menu File, lalu menyimpannya. Pada saat itu, Microsoft Word akan meluncurkan makro dengan nama filesave.

Apa itu XML, juga dikenal sebagai Extensible Markup Language?

XML dibuat dengan tujuan membuat data lebih mudah diakses dan digunakan. Elemen paling mendasar dari XML adalah data (ajak dari datum), yang jika diformat dengan benar, dapat digunakan untuk menyampaikan informasi.

Untuk menggambarkan isi suatu dokumen, XML menyediakan mekanisme standar yang harus dilakukan agar dapat diupdate sesuai kebutuhan. Dengan sendirinya, XML dapat digunakan untuk menggambarkan basis data apa pun, tetapi harus dilakukan secara konsisten.