9 Doa Perceraian – Menyelamatkan Rumah Tangga dari Perceraian

Doa Menyelamatkan Rumah Tangga dari Perceraian – Memang benar bahwa perselisihan dan konfrontasi adalah hal biasa dalam rumah tangga. Lebih jauh lagi, memelihara rumah tangga menuntut agar suami dan istri siap untuk saling menoleransi kehadiran satu sama lain secara utuh, termasuk setiap perbedaan yang sebenarnya dapat menimbulkan konflik.

Perbedaan pendapat di dalam rumah, di sisi lain, harus dihindari dengan segala cara, terutama sampai janji suci ibadah perkawinan telah dilanggar dan perceraian dan pengkhianatan terhadap janji itu telah terjadi. Untuk menghindari hal ini, pasangan harus melakukan upaya terbaik mereka dan berdoa untuk perlindungan Allah SWT agar tidak terjadi perceraian.

Ada berbagai bacaan doa untuk menjaga rumah tangga dari perceraian yang harus dilakukan agar kehidupan berumah tangga tetap damai dan dalam lindungan Allah SWT, yang dirangkum di sini oleh MediaPost

1. Berdoa agar hati pasangan dilembutkan

Salah satu faktor terpenting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga dan mencegah perceraian adalah perilaku yang sopan, hati yang lembut, dan pasangan yang penuh cinta. Untuk mencapai keharmonisan ini, Anda dapat melakukan amalan doa berikut untuk meluluhkan dan melembutkan hati pasangan Anda:

BACA JUGA:   Manfaat Pelukan Bagi Kamu yang Sedang Frustasi

مَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْاٰنَ لِتَشْقٰٓى ۙ اِلَّا تَذْكِرَةً لِّمَنْ يَّخْشٰى ۙ تَنْزِيْلًا مِّمَّنْ خَلَقَ الْاَرْضَ وَالسَّمٰوٰتِ الْعُلٰى ۗ اَلرَّحْمٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوٰى

Maa anzalnaa alaikal qur’aana litastqoo. Illa nadzkiratalliman yakhsyaa. Tanziilammimman kholakol ‘ardho wassamaawaatil ‘uula. Arrohmaanu ‘alaa ul ‘arsyi ‘ustawaa.

Artinya: “Tiada Kami (Allah) turunkan kepadamu Alquran ini supaya engkau celaka! Melainkan untuk menjadi peringatan bagi orang yang takut. (Alquran) yang diturunkan daripada Tuhan, yang menciptakan bumi dan beberapa langit yang tinggi. Tuhan yang pengasih, di atas singgasana Dia bersemaya. Dia mempunyai apa yang ada di langit, dan di bumi, serta di antara keduanya, dan apa yang ada di bawah tanah.”

2. Berdoa agar hubungan suami istri menjadi lebih intim dan solid.

Menyelamatkan keluarga dari perceraian juga dapat dilakukan dengan mengembangkan hubungan yang erat dan kuat antara suami dan istri, sehingga mereka lebih mampu menghadapi setiap kesulitan perkawinan yang muncul. Berikut ini adalah bacaan doa yang penulis panjatkan untuk mempererat hubungan suami istri, khususnya:

اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِنَا ، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا ، وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلَامِ ، وَنَجِّنَا مِنْ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ، وَجَنِّبْنَا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ ، وَبَارِكْ لَنَا فِي أَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُلُوبِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا ، وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ ، وَاجْعَلْنَا شَاكِرِينَ لِنِعْمَتِكَ ، مُثْنِينَ بِهَا ، قَابِلِيهَا ، وَأَتِمَّهَا عَلَيْنَا

BACA JUGA:   6 Trik untuk Membuat orang Merindukan Kita secara Psikologis

Allohumma allif baina qulubina wa ashlih zata bainina wahdina subulas salami wa najjina minadz dzulumati ilan nuri wa jannibnal fawahisya ma dzahara minha wama bathana wa barik lana fi asma’ina wa abshorina wa qulubina wa azwajina wa zurriyatina wa tub ‘alaina innaka antat tawwabur rohim waj’alna syakirina li ni’matika mutsnina biha qobiliha wa atimmaha ‘alaina.

 

Artinya: “Ya Allah, pertautkanlah di antara hati kami, perbaikilah hubungan di antara kami, tunjukkan kami jalan kedamaian, selamatkan kami dari kegelapan menuju kepada terang, jauhkan kami dari semua keburukan, yang tampak maupun yang tidak tampak. Berkahilah kami dalam pendengaran kami, penglihatan kami, hati kami, istri dan keturunan kami. Terimalah taubat kami, Engkau yang maha penerima taubat dan maha penyayang. Jadikan kami orang-orang yang bersyukur pada nikmat-Mu, pemuji nikmat-Mu, penerima nikmat-Mu, dan sempurnakanlah nikmat-Mu kepada kami.”

3. Doa memohon kepada Tuhan untuk menjauhkan dari orang ketiga yang bisa menyebabkan perceraian.

Doa untuk Kebahagiaan pasangan di dunia akhirat

Kehadiran pihak ketiga merupakan salah satu unsur terpenting dalam inisiasi perceraian. Agar tidak tergoda oleh orang yang bukan pasangannya, baik suami maupun istri harus mampu menahan godaan dari orang lain. Selain itu, membaca doa berikut dan berdoa memohon perlindungan Allah dari orang ketiga harus dilakukan agar aman.

مَنْ جَاۤءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهٗ خَيْرٌ مِّنْهَاۚ وَمَنْ جَاۤءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى الَّذِيْنَ عَمِلُوا السَّيِّاٰتِ اِلَّا مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Man’jaa’a bil hasanati falahuu khoirumminha wa man’jaa’a bissay’aatii fala yuj’zaallaziina ‘amilussayi’aati illa maa kaanu ya’malun.

Artinya: “Barang siapa yang datang membawa amal baik (pada hari akhirat) maka baginya balasan yang lebih baik daripadanya. Dan barang siapa yang datang membawa amal jahat, maka mereka yang melakukan kejahatan tidak dibalas melainkan dengan apa yang mereka kerjakan.”

BACA JUGA:   Berhati-hatilah, 5 Ciri Gebetan yang Hanya Menilai Kamu Secara Fisik

4. Doa untuk Kebahagiaan pasangan di dunia akhirat

Kebahagiaan perkawinan sejati tidak hanya mungkin di dunia ini, tetapi juga mungkin di akhirat. Allah SWT telah memberkati persatuan pasangan, yang menandakan bahwa mereka berada dalam hubungan yang bahagia. Untuk mewujudkannya, berikut ini adalah doa-doa yang bisa dipanjatkan untuk memohon kebahagiaan di akhirat bersama pasangan:

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan wahayyi’ lanaa min ‘amrinaa rosyada.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, karuniakan lah kami rahmat dari sisi-Mu, dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.”

5. Berdoa agar Allah segera memberikan buah hati

Selain cinta dan kasih sayang yang dimiliki pasangan satu sama lain, kehadiran seorang bayi atau bayi secara luas dianggap sebagai sumber kebahagiaan paling signifikan dalam sebuah keluarga. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak pengantin baru berharap untuk memulai sebuah keluarga segera setelah pernikahan mereka. Mengikuti upaya terbaik Anda, amalan doa ini juga dapat membantu Anda memiliki anak sesegera mungkin, antara lain:

ۚوَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ

Wazakariyyaa idznadaa robbahuu robbi laa tadzarni faaroda wa anta khoirul waarisiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, jangan lah engkau membiarkan aku hidup seorang diri, dan engkau lah pewaris yang paling baik.”

BACA JUGA:   15 Pertanyaan tak Etis Kalau Ditanyakan ke Pasangan Baru Menikah

6. Doa agar rumah tangga dilancarkan dalam rezeki

قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa’i takuunu lana iidalli’aqolina wa’akhirina wa’ayatamminka wa’urzukna wa’anta khoirurroziqin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu orang-orang yang bersama kami, dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau. Beri lah kami, dan Engkau lah pemberi rezeki yang paling utama.”

Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa masalah ekonomi memainkan peran penting dalam keluarga, dan bahkan dapat menyebabkan perselisihan dan bahkan perceraian dalam beberapa kasus. Oleh karena itu, pasangan suami istri dianjurkan untuk meningkatkan amalan dan doa mereka, meminta agar rumah mereka diberikan kemudahan makanan, khususnya dengan berdoa dengan cara berikut:

7. Doa untuk meningkatkan kasih sayang yang dibagikan di antara pasangan

Menyelamatkan Rumah Tangga dari Perceraian

Rasa cinta dan kasih sayang yang kuat yang tumbuh dari waktu ke waktu dan tidak pernah pudar kemungkinan besar akan menghasilkan rumah tangga yang damai dan bahagia. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan membacakan bacaan doa berikut ini untuk meningkatkan rasa cinta antar pasangan agar tidak terjadi perceraian dalam keluarga, antara lain:

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

BACA JUGA:   15 Pertanyaan tak Etis Kalau Ditanyakan ke Pasangan Baru Menikah

Wa’alqaitu alaika mahabbatamminnii walitushna’a alaa ainii.

Artinya: “Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.”

8. Berdoa agar semua orang dalam keluarga menjadi lebih bertakwa

Meminta kepada Allah SWT untuk kebahagiaan dan keamanan dalam rumah tangga harus disertai dengan iman dan takwa dalam hubungan seseorang dengan-Nya. Pasangan yang melakukan sholat ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat ketakwaan di antara semua anggota keluarga mereka, memastikan bahwa mereka selalu menerima rahmat dan berkah. Doa dibacakan dengan cara sebagai berikut:

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Robbanna hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a’yun, waajalnaa lilmuttaqiina imaama.

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan kami sebagai kebahagiaan hati (kami) dan jadikan lah kami imam bagi orang-orang (anggota keluarga) yang bertakwa.”

9. Doa memohon agar segala urusan rumah tangga dipermudah

Akhirnya, mengamalkan doa berikut, yang meminta agar rumah tangga diberikan kemudahan dalam semua urusan rumah tangga, juga dapat membantu menyelamatkan keluarga dari perceraian.

Kebahagiaan dan keharmonisan rumah tangga juga akan meningkat sebagai hasil dari pengamalan doa ini, yang meliputi manfaat sebagai berikut:

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa min ladunka rohmatan wa hayyi lanaa min amrinaa rosyadaa.

Artinya: “Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).”