Elon Musk membeli Twitter seharga Rp 635 triliun dan berjanji akan menghilangkan bot spam

Menurut laporan, miliarder Elon Musk membeli platform media sosial Twitter, menyebabkan sensasi di internet atas namanya. Pada Senin (25/4), CEO Tesla dan SpaceX mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan untuk membeli Twitter. Selain itu, akun media sosial berlambang burung biru telah mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk menjual perusahaan tersebut kepada Elon Musk dengan total nilai US$44 miliar.

Musk telah memberi tahu pemegang saham Twitter tentang niatnya untuk mengakuisisi perusahaan pada awal April. Namun, gol tersebut mendapat banyak tanggapan negatif dari berbagai sumber. Akhirnya, Dewan Direksi Twitter menyetujui pembelian Musk atas 100 persen kepemilikan di perusahaan tersebut.

Sebagai bagian dari penguasaan resminya terhadap situs yang dibuat pada tahun 2006, Musk juga menjanjikan sejumlah perbaikan untuk menjadikan Twitter lebih baik dari sebelumnya. Ini menjanjikan fitur tambahan, serta algoritma open source untuk menghapus bot spam dari internet.

Twitter telah secara resmi dibeli oleh Elon Musk seharga $44 miliar.

Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX, mengumumkan pada Senin (25/4), bahwa ia telah membeli Twitter senilai US$44 miliar atau sekitar Rp. 635 triliun (dengan kurs saat ini Rp 14.452 per dolar AS). Pengumuman pembelian Elon Musk muncul setelah dewan direksi Twitter bernegosiasi dengan Musk menyusul tawarannya untuk membeli 100 persen saham perusahaan.

Setelah penandatanganan perjanjian, orang terkaya di dunia turun ke Twitter untuk mengungkapkan kegembiraannya karena telah mencapai kesepakatan. Musk menjawab di profil Twitter-nya sendiri, “Yesss!!!” dalam menanggapi berita tersebut.

Musk pertama kali menyebut kebebasan berbicara di Twitter pada 26 Maret, ketika dia memposting tautan ke sebuah video. Dia mengklaim bahwa Twitter tidak sesuai dengan prinsip kebebasan berekspresi. Kemudian, Musk mensurvei penggemarnya untuk menentukan apakah platform baru diperlukan.

Musk membeli 9,2 persen saham di Twitter pada 4 April, hanya beberapa hari kemudian, menjadikannya sebagai pemangku kepentingan individu terbesar perusahaan pada saat itu. Di Twitter, sehari setelah melakukan pembelian, dia meminta pengikutnya untuk melihat bagaimana perasaan mereka tentang fungsi tombol edit.

CEO Tesla Elon Musk juga telah didekati oleh CEO Twitter Parag Agrawal untuk bergabung dengan dewan direksi perusahaan. Elon Musk, di sisi lain, menurut dia, menolak ajakan perusahaan untuk masuk jajaran direksi.

Musk menyatakan bahwa Twitter perlu berubah agar berhasil sebagai perusahaan swasta setelah menyadari bahwa perusahaan tersebut tidak akan berkembang sebagai perusahaan publik. Salah satu pemegang saham, di sisi lain, menolak proposal tersebut.

Tweeter terhubung dengan Musk pada 24 April dan mulai menegosiasikan tawaran Musk untuk membeli perusahaan secara langsung. Akhirnya, pada hari Senin, 25 April, mereka setuju untuk menerima tawaran yang diajukan Musk sejak awal.

Elon Musk berniat menjadikan Twitter sebagai private, artinya perusahaan tersebut tidak akan lagi tercatat di bursa dan tidak lagi diperdagangkan di bursa, dengan membeli 100 persen saham perusahaan.

Musk menjanjikan alat baru yang akan membantu menghilangkan bot spam.

Deklarasi Elon Musk tentang kebebasan berekspresi termasuk janji untuk dipenuhi jika dia berhasil dalam upayanya untuk membeli Twitter. Dalam pernyataannya, Musk mengungkapkan keinginannya untuk membuat Twitter lebih baik dari sebelumnya, dan dia menjanjikan fitur-fitur baru, pengembangan algoritme sumber terbuka, kekalahan bot spam, dan otentikasi semua manusia.

CEO Tesla Motors, Elon Musk, mengatakan di akun Twitter pribadinya, @elonmusk, Senin (25/4).

“Saya ingin membuat Twitter lebih baik dari sebelumnya dengan meningkatkan platform dengan fitur baru, merilis algoritma terbuka sumber untuk meningkatkan kepercayaan, melawan bot spam, dan mengautentikasi semua orang.”

 

Ia mengakui bahwa Twitter memiliki potensi yang sangat besar. Pendiri dan CEO Elon Musk merasa bahwa Twitter adalah alun-alun kota digital yang sangat penting bagi umat manusia. Akibatnya, ia membeli Twitter untuk mengubahnya menjadi platform publik baginya untuk menyampaikan pandangannya tentang isu-isu seperti kebebasan berbicara dan demokrasi.

“Kebebasan berekspresi adalah landasan demokrasi fungsional, dan Twitter adalah alun-alun kota digital di mana orang dapat memperdebatkan isu-isu yang penting bagi masa depan umat manusia,” kata Elon Musk dalam sebuah pernyataan.

Akuisisi Musk juga sejalan dengan upaya Twitter memerangi penyebaran informasi palsu di platform media sosial. Ketika Twitter menangguhkan akun mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan alasan menyebarkan hasutan untuk melakukan kekerasan tahun lalu, itu tampaknya merupakan salah satu upaya nyatanya.

Menurut Forbes, Elon Musk adalah orang terkaya di dunia, dengan perkiraan kekayaan bersih US$273,6 miliar. Dia adalah pendiri dan CEO SpaceX. Mayoritas kekayaannya berasal dari kepemilikan sahamnya di Tesla Corporation. Selain itu, ia dikreditkan sebagai pendiri dan CEO perusahaan luar angkasa SpaceX.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.