Cara Belanja di eBay Bagi Pemula dengan Mudah

Cara Belanja di eBay – Berbelanja di eBay sangat mudah dipahami bahkan untuk pemula. Ebay adalah pasar online yang berperan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual dari seluruh dunia untuk bertransaksi bisnis mengenai pembelian dan penjualan berbagai produk dan jasa.

Pada situs ini, kalian dapat terlibat dalam penjualan dan pembelian produk dan layanan internasional seolah-olah tidak ada hambatan yang menghalangi. Di sana, Kamu akan menemukan berbagai macam kategori, antara lain untuk elektronik, barang koleksi dan seni, fashion, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan olahraga, perlengkapan sekolah, perlengkapan kantor, kendaraan roda dua, dan kendaraan roda empat, dan lain-lain.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa tidak semua barang dapat dikirim ke Indonesia saat ini. Ada banyak seller di luar sana yang telah membuat keputusan untuk hanya menawarkan layanan pengiriman di negara mereka sendiri. Misalnya, seller yang berbasis di Australia hanya akan mengirim di Australia. Oleh karena itu, ketika dihadapkan dengan penjual seperti ini, pembeli dari Indonesia biasanya mengakalinya dengan menggunakan jasa ekspedisi dari negara yang bersangkutan, agar produknya bisa dikirim ke Indonesia.

BACA JUGA:   Cara Aman Berbelanja di Banggood

Daftar Isi

Cara Melakukan Pembelian di eBay

1. Kunjungi situs web eBay atau unduh aplikasi eBay.

Mengunjungi situs web resmi eBay atau menggunakan aplikasi eBay adalah langkah pertama dalam proses belanja di eBay. Kamu bisa mendapatkan aplikasi eBay dari Google Playstore atau App Store untuk dipasang di perangkat Kamu. Kamu dapat pergi ke situs web resmi dan memulai proses pembuatan akun di sana pada versi desktop, atau Kamu dapat mencari program eBay di Playstore, menginstalnya di perangkat seluler Kamu, dan kemudian meluncurkannya. Jika program sedang berjalan, pengguna akan dapat memulai proses pendaftaran untuk akun eBay menggunakan smartphone masing-masing, seperti yang mereka lakukan dengan jenis akun lainnya.

2. Mendaftar untuk akun dengan eBay.

Langkah selanjutnya dalam menggunakan fitur belanja eBay adalah mendaftar ke akun eBay. Kamu harus memiliki akun pribadi di eBay sebelum Kamu dapat memulai transaksi di sana. Kamu dapat melakukannya dengan membuka situs web eBay dan mengklik tombol pendaftaran yang terletak di bagian paling atas halaman. Kemudian berikan semua informasi yang dibutuhkan.

BACA JUGA:   Aplikasi Belanja Online Luar Negeri Terbaik

Poin tentang pembentukan kata sandi adalah salah satu yang harus ditekankan. Jika Kamu ingin mencegah seseorang masuk, Kamu harus membuat kata sandi sesulit mungkin. Namun, pastikan kata sandinya tidak membuat Kamu lupa. Setelah Kamu menyelesaikan proses pendaftaran, langkah selanjutnya adalah membiasakan diri dengan kebijakan yang mengatur pembelian dan penjualan di eBay. Kemudian Kamu harus terbiasa dengan proses yang terkait dengan transaksi tersebut. agar Kamu memiliki pemahaman yang lengkap tentang peraturan yang mengatur apa yang dapat dan tidak dapat Kamu lakukan selama menjadi anggota.

3. Siapkan Alat Pembayaran

Setelah itu, Kamu dapat berbelanja di eBay dengan melakukan transfer di ATM atau membayar cash on delivery untuk barang yang dikirim ke rumah Kamu. Kamu akan memerlukan kartu kredit atau akun virtual luar negeri untuk melakukan pembelian di eBay karena ini bukan situs belanja lokal.

BACA JUGA:   Cara belanja di AliExpress untuk Pemula

Termasuk namun tidak terbatas pada Moneybookers, PayPal, dan lainnya. Saat melakukan pembayaran untuk belanja online, menggunakan kartu kredit menimbulkan risiko keamanan yang signifikan. Kamu harus menggunakan akun seperti PayPal sehingga banyak informasi pribadi yang terkandung di dalamnya terlindungi. sehingga tidak terlalu berisiko, terutama saat berbelanja barang di negara lain.

4. Lakukan Pembelian Kamu Setelah Memilih Item

Setelah memilih barang, langkah selanjutnya dalam proses belanja di eBay adalah menyelesaikan pembayaran barang tersebut. Memeriksa bagaimana seller mengirimkan barangnya adalah langkah pertama yang harus diambil sebelum menentukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Kamu. Karena popularitas situs yang luar biasa dan tingginya jumlah pedagang yang berasal dari berbagai negara. Ada sejumlah besar seller yang tidak menawarkan pengiriman barang dagangan mereka ke negara-negara tertentu.

5. Tata Cara Pengiriman dan Pembayaran

Proses pengiriman dan pembayaran adalah langkah selanjutnya dalam proses belanja di eBay. Kamu perlu memikirkan teknik ini, selain biaya yang terkait dengan pengiriman. Karena itu, Kamu harus memiliki pemahaman yang jelas tentang kebijakan masing-masing penjual sejak awal. Selain itu, Kamu harus memperhatikan pilihan yang Kamu buat tentang layanan pengiriman. Karena banyak perusahaan pelayaran membebankan berbagai harga untuk pengiriman barang yang sama, penting untuk membandingkan harga sebelum memilih satu.

BACA JUGA:   Keuntungan Belanja di Gearbest

Jika Kamu sudah mendapatkan barang yang Kamu inginkan, Kamu bisa melanjutkan ke pembayaran. Dalam kebanyakan kasus, akan ada mekanisme untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau akun PayPal, serta Moneybookers, Paymate, Propay, dan layanan serupa lainnya. Saat menjalankan bisnis di Indonesia, Kamu biasanya dibatasi hanya untuk dapat menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran. Setelah pembayaran diproses, tinggal menunggu barang dikirim.

Cara Belanja di eBay Menggunakan PayPal

Kamu harus memiliki akun PayPal sebelum dapat menggunakan PayPal untuk membayar apa pun di eBay. Jika Kamu belum memiliki akun PayPal, Kamu dapat mendaftar di sini. Berikut ini garis besar prosedurnya:

1. Daftar akun PayPal segera.

2. Akun PayPal Kamu harus sudah memiliki saldo yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran; jika akun Kamu saat ini tidak memiliki saldo, Kamu perlu menambahkan dana ke dalamnya sebelum melanjutkan.

BACA JUGA:   Keuntungan Belanja di Gearbest

3. Jika demikian, navigasikan ke eBay, pilih item, lalu selesaikan transaksi.

4. Saat Kamu masuk ke halaman tempat Kamu membayar, silakan pilih PayPal.

5. Saat popup atau halaman checkout PayPal ditampilkan, Kamu harus masuk ke akun Kamu menggunakan kredensial untuk akun yang sudah memiliki saldo.

6. Setelah Kamu mengklik tombol Konfirmasi dan Bayar, PayPal akan menangani pemrosesan pembayaran Kamu; lihat sudah selesai.

Cara Belanja di eBay Menggunakan Kartu Kredit

Berikut ini adalah ikhtisar langkah-langkah yang diperlukan untuk membayar menggunakan kartu kredit di eBay:

1. Setelah memilih produk dan melanjutkan proses checkout, Kamu akan diminta untuk memilih opsi pembayaran. Silakan pilih opsi kartu kredit atau kartu debit.

2. Beri tahu mereka secara spesifik kartu kredit Kamu di sana, termasuk nomor kartu kredit Kamu, nama lengkap orang yang memiliki kartu kredit, kode keamanan, dan lama masa berlaku kartu Kamu.

3. Setelah itu, pilih opsi yang sepertinya sudah selesai.

4. Setelah Kamu melakukannya, klik tombol yang bertuliskan “Konfirmasi dan Bayar”, dan pembayaran akan selesai.