Program aplikasi yang digunakan untuk pengolahan angka,tabel dan grafik disebut

Apakah Kamu sedang cari jawaban dari pertanyaan ini Program aplikasi yang digunakan untuk pengolahan angka,tabel dan grafik disebut.MediaPost pada kesempatan akan menjawab pertanyaan ini sehingga kalian bisa menemukan Kunci jawaban dari Program aplikasi yang digunakan untuk pengolahan angka,tabel dan grafik disebut dengan benar dan tepat.

Tentu saja kami sangat menghargai berbagai pendapat dari para pakar (ahli), siapapun bisa menjawab, memberikan pertanyaan atau membenarkan dari jawaban yang sudah ada agar menjadi lebih tepat.

Program aplikasi yang digunakan untuk pengolahan angka,tabel dan grafik disebut

Jawaban yang tepat: Microsoft excel atau bisa juga dengan spreadsheet.

Kemudian, kami juga menyarankan kalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Cara yang tepat untuk mengaktifkan ms-excel adalah… beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Apa itu Excel?

Salah satu aplikasi yang dapat ditemukan di Microsoft Office suite disebut sebagai Microsoft Excel. Ini digunakan dalam produksi spreadsheet, yang merupakan dokumen yang mencakup data yang diatur dalam baris dan kolom, seperti tabel besar.

BACA JUGA:   Jelaskan cara melakukan daya tahan pernapasan

Excel adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang paling banyak digunakan di sektor bisnis sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kapasitas program yang luar biasa untuk kemampuan beradaptasi dan kekuatan. Faktanya, meluasnya penggunaan perangkat lunak spreadsheet seperti Excel dan program serupa merupakan faktor utama kebangkitan komputer pribadi pada 1980-an dan 1990-an.

Apa itu spreadsheet?

Spreadsheet adalah metode khusus untuk mengatur data ke dalam baris dan kolom dengan tujuan memudahkan untuk melihat dan mengelola data. Spreadsheet kosong ditunjukkan pada tangkapan layar berikut:

Program Aplikasi Yang Digunakan Untuk Pengolahan Angka
Seperti yang dapat dilihat, dokumen terdiri dari kolom, yang merupakan kumpulan kotak vertikal yang diberi label A, B, C, dll. di bagian atas layar, dan baris, yang merupakan kelompok kotak horizontal ( set kotak horizontal berlabel 1, 2, 3, dst. di bagian bawah layar). Seorang pengguna dapat memasukkan teks atau data numerik ke dalam sel yang terletak di persimpangan setiap baris dan kolom dalam spreadsheet. Menggabungkan huruf kolom sel dengan jumlah baris sel menghasilkan generasi alamat sel. Alamat sel mana pun dapat dibentuk dengan cara ini. Misalnya, sel yang disorot dalam diagram yang dapat ditemukan di bawah ini terletak di alamat B4, karena terletak di persimpangan baris 4 dan kolom B. Sel khusus ini disebut sebagai “Sel B4” setiap kali ia dibicarakan secara lisan.

BACA JUGA:   Kapan perang antara Jepang dan Cina berakhir?

Apa Itu Spreadsheet
Secara alami, grafik yang Kalian lihat di atas adalah representasi spreadsheet yang sangat mendasar. Spreadsheet yang lebih rumit dapat memiliki ratusan atau bahkan ribuan baris dan kolom, dan kombinasinya dapat mewakili jutaan sel. Sel-sel ini dapat dihubungkan satu sama lain melalui penggunaan perhitungan dan rumus, sehingga memungkinkan untuk dengan mudah dan cepat melakukan logika matematika yang canggih.

Sebenarnya apa sih fungsi Excel itu?

Ini semua baik dan bagus, tetapi mengapa spreadsheet bahkan diperlukan? Hampir semua aspek itu. Di bidang bisnis, spreadsheet adalah alat umum untuk menyimpan data dan memfasilitasi manipulasi data karena sifatnya yang sangat kuat.

SnackWorld adalah perusahaan buatan yang akan kami ikuti karena menggunakan Excel untuk melacak data yang terkait dengan perusahaannya selama sesi ini. Salah satu contoh penggunaan Excel yang inovatif dari SnackWorld di tempat kerja adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:   Contoh Peta Minda Mind mapping

Sebenarnya Apa Fungsi Excel Itu
Seperti yang Kalian lihat, spreadsheet Excel di atas telah digunakan oleh SnackWorld untuk melacak data penjualannya berdasarkan item per item. Tata letak tabel spreadsheet adalah pendekatan ideal untuk mengukur kumpulan data yang begitu rumit; administrator SnackWorld akan membutuhkan banyak waktu untuk menulis semua informasi ini dengan tangan! Karyawan dapat dengan cepat mengekstrak bit data tertentu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh manajer berkat formula dan fungsi yang ditawarkan oleh Excel, yang akan dibahas di bagian selanjutnya dari kursus ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi berbeda yang dapat dimiliki Excel dalam bisnis. Namun, perlu diingat bahwa ini hanyalah beberapa contoh. Fleksibilitas Excel tidak mengenal batas, yang berarti peluangnya hampir tidak terbatas:

  • Memelihara catatan pendapatan yang dirinci oleh pelanggan dari satu bulan ke bulan berikutnya;
  • Awasi pembayaran dari klien Kalian untuk memastikan tidak ada yang terlambat;
  • Memelihara catatan pengeluaran yang akurat dan mendistribusikan tanggung jawab untuk itu di seluruh anggota staf;
  • Tentukan jumlah jam kerja oleh setiap karyawan untuk penggajian setiap bulan;
  • Melakukan perhitungan pembayaran cicilan bulanan kantor;
  • Mengembangkan grafik dan bagan untuk menggambarkan perkembangan kinerja perusahaan dari waktu ke waktu;
  • Membuat ramalan penjualan untuk tiga tahun berikutnya berdasarkan informasi dari tahun-tahun sebelumnya; dan
  • Manfaatkan lokasi sentral untuk mendelegasikan pekerjaan dan proyek kepada staf individu.
BACA JUGA:   Cara menghindari pergaulan bebas dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu…