Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan WhatsApp

Mengosongkan Ruang Penyimpanan WhatsApp – Jumlah ruang yang tersedia untuk penyimpanan sangat penting di WhatsApp. Dalam kebanyakan kasus, isi ruang penyimpanan pengguna akan terdiri dari media yang mereka kirim dan terima.

Namun, jika pengguna tidak dapat mengelola ruang penyimpanan WhatsApp mereka dengan benar di dalam WhatsApp, mungkin saja ruang penyimpanannya akan penuh.

Jangan khawatir, masih ada cara bagi pengguna untuk mengosongkan ruang di penyimpanan WhatsApp mereka.

Pada tab Obrolan -> klik Opsi lainnya -> lalu pilih Pengaturan ->lalu pilih Data dan penyimpanan, dan terakhir pilih Kelola penyimpanan untuk mengetahui berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan WhatsApp di perangkat pengguna.

Di bagian paling atas layar, Kamu akan melihat indikasi berapa banyak ruang penyimpanan di smartphone yang digunakan oleh Media dan Aplikasi WhatsApp.

BACA JUGA:   9 Situs download drama Korea legal, Subtitle Indonesia

Pengguna memiliki kemampuan untuk menelusuri dan menghapus objek untuk mengosongkan ruang penyimpanan WhatsApp.

Menurut postingan yang dibuat di laman resmi WhatsApp, Senin (30/5/2022), berikut cara langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengosongkan penyimpanan  WhatsApp:

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan WhatsApp

Mengosongkan Penyimpanan Di Whatsapp

1. Melihat item berukuran besar

Pada tab Obrolan, navigasikan ke Opsi lainnya > Pengaturan > pilih Data dan penyimpanan > Kelola penyimpanan > lalu tekan Obrolan. Ketuk opsi yang bertuliskan “Diteruskan beberapa kali”, “Lebih besar dari 5 MB”, atau pilih percakapan tertentu.

BACA JUGA:   IPhone 14 Versi Dasar Dilaporkan Akan dibekali RAM 6 GB

Pengguna dapat mengurutkan item dengan mengetuk ikon yang terlihat seperti tumpukan buku untuk memilih Terbaru, Terlama, atau Terbesar.

Di sudut kanan atas setiap item, ukuran total file terkait akan ditampilkan.

2. Menghapus item

Jika pengguna memutuskan untuk menghapus item, item tersebut akan segera dihapus dari media WhatsApp setelah penghapusan selesai.

Mungkin saja perangkat masih memegang benda-benda yang telah terhapus.

Jika pengguna memiliki beberapa salinan item, kami sangat menyarankan agar Kamu menghapus semua salinan pengguna untuk membuat beberapa ruang penyimpanan tambahan.

Pada tab Obrolan, pilih Opsi lainnya > Pengaturan > ketuk Data dan penyimpanan > Kelola penyimpanan > sentuh Diteruskan beberapa kali, Lebih besar dari 5 MB, atau pilih obrolan tertentu untuk menghapus item. Ini akan memunculkan menu di mana Kamu dapat membuat pilihan Kamu.

BACA JUGA:   Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Vivo

Pengguna dapat menghapus item dari sana dengan mengklik opsi Select All jika mereka ingin menghapus semua item sekaligus. Opsi ini tersedia bagi pengguna untuk menghapus item.

Untuk menghapus satu per satu, ketuk dan tahan item yang ingin Kamu hapus hingga tombol Hapus tersedia. Untuk menghapus banyak item sekaligus, pilih More item dari menu drop-down.

Selanjutnya, pilih tombol Hapus. Pengguna memiliki opsi untuk memilih “Hapus semua salinan” atau “Hapus item berbintang”.

3. Menghapus item melalui pencarian

Pengguna memiliki opsi untuk menghapus objek individual menggunakan alat pencarian dengan mengklik Cari -> memilih Foto-> Video, atau Dokumen-> mengetuk item yang ingin mereka hapus-> lalu mengklik Lainnya dan memilih Hapus dari menu.

BACA JUGA:   4 Cara Cek Nomor Smartfren, Bagi Kamu Yang Belum Tahu

Ada kemungkinan bahwa WhatsApp akan berhenti berfungsi dengan baik jika jumlah ruang kosong pada penyimpanan perangkat berkurang ke tingkat yang sangat rendah.

Jika hal ini terjadi, WhatsApp mungkin meminta pengguna untuk mengosongkan beberapa ruang penyimpanan WhatsApp sebelum melanjutkan untuk mengizinkan mereka menggunakan aplikasi.