10 Rekomendasi Set-Top-Box STB TV Digital Terbaik (Terbaru di 2022)

Rekomendasi Set-Top-Box [STB] Terbaik- Siaran TV digital pada akhirnya akan menggantikan siaran TV analog yang telah ditransmisikan ke seluruh Indonesia hingga saat ini. Pemerintah Indonesia saat ini sedang mengadvokasi program migrasi dari transmisi televisi analog ke digital (MODI). Diperkirakan program ini akan selesai pada November 2022. Bagi Kalian yang masih memiliki televisi analog sebaiknya segera keluar dan membeli STB agar dapat terus menonton televisi.

Set-top box sekarang tersedia untuk dibeli di toko-toko baik online maupun offline. Kami akan memandu Kalian melalui proses memilih STB yang andal. Tidak hanya itu, kami juga merekomendasikan produsen STB paling terkemuka, seperti Matrix, Polytron, dan Tanaka.

Apa sebenarnya Set-Top-Box [STB] itu?

Set-top box, juga dikenal sebagai STB adalha alat sebagai penerima, dekoder, konverter, atau konverter sinyal. Fungsi utama dari STB adalah untuk merekam sinyal siaran TV digital. Perangkat ini dipasang pada pesawat televisi, baik dengan tabung maupun layar datar, yang belum mendukung standar penyiaran digital.

Televisi analog adalah satu-satunya kategori yang menggambarkan TV tabung. Namun, tidak semua televisi layar datar memiliki kemampuan menerima sinyal digital. Oleh karena itu, diperlukan STB agar televisi dapat menerima TV digital.

BACA JUGA:   10 Mechanical Keyboard Terbaik di Bawah Sejuta

Antena diperlukan untuk digunakan dengan STB, seperti halnya dengan televisi analog. Dengan tambahan perangkat booster dan splitter, hanya satu antena yang dapat mensuplai sinyal ke beberapa televisi. STB kompatibel dengan antena UHF atau VHF Kalian yang ada, jika Kalian memilikinya. Di sisi lain, STB hanya dapat dihubungkan ke satu televisi pada satu waktu.

Siaran televisi digital lebih stabil daripada TV analog yang menghasilkan gambar yang berbeda dan tanpa ghosting. Daftar saluran atau saluran yang tersedia melalui TV siaran digital juga jauh lebih panjang daripada yang tersedia melalui TV analog. Selain itu, tidak perlu memiliki jaringan internet atau berlangganan untuk menonton siaran TV digital.

Kalian dapat menikmati siaran digital tanpa harus membeli TV atau antena baru lho.. Kalian cukup menambahkan STB ke perangkat televisi yang ada. Kalian akan setuju bahwa itu adalah nilai yang besar, bukan?

Rekomendasi Set-top-box (STB) Terbaik

Mediapost.id akan memberikan rekomendasi kami untuk sepuluh produk STB teratas yang telah kami pilih. Produk-produk ini telah dipilih dengan cermat setelah mempertimbangkan faktor-faktor seperti kualitas produk, ulasan yang ditinggalkan oleh pelanggan sebelumnya, dan sejauh mana penjual dapat dipercaya.

Berbagai produk dan merek yang telah memperoleh sertifikasi Kominfo yang didambakan terus berkembang setiap hari. Kalian juga dapat mengunjungi laman resmi Siaran Digital Indonesia untuk mengecek STB yang telah disertifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Polytron – PDV 600T2

Stb Terbaik PolytronLihat Harga

BACA JUGA:   10 Mechanical Keyboard Terbaik di Bawah Sejuta

Set-top box Polytron ini dapat menangkap siaran TV digital menggunakan antena UHF biasa. Alat ini juga sangat fleksibel karena dapat digunakan oleh semua jenis dan merk TV, baik TV tabung, LCD, LED, maupun plasma.

Kualitas gambar yang dihasilkan STB Polytron dijamin setara dengan TV kabel berlangganan. Kalian dapat menonton acara TV yang stabil, tanpa semut atau bayangan. Untuk merekam siaran TV, Kalian hanya perlu memasang flashdisk sebagai media penyimpanan.

Goldsat – Revo DVB T2

Stb Terbaik Goldsat – Revo Dvb T

Lihat Harga

Buat kamu yang ingin menonton acara TV online atau YouTube, kamu bisa menggunakan STB Goldsat berikut ini. STB ini menyediakan port USB yang dapat Kalian gunakan untuk memasang dongle Wi-Fi. Penggunaannya hanya membutuhkan antena TV UHF.

STB ini cocok untuk menonton gambar Full HD 1080p, film berformat AVI dan MKV. Selain itu, Kalian juga dapat membuka file berformat musik JPEG, BMP, dan mp3. STB ini juga didukung oleh hard drive portabel eksternal atau koneksi HDD.

Akari – ADS – 2230 DVB-T2 + EWS

Stb Terbaik AkariLihat Harga

Set-top box TV digital Akari dilengkapi dengan kemampuan untuk menerima siaran TV digital dari antena UHF maupun VHF. Set-top box (STB) ini kompatibel dengan semua format televisi yang ada, termasuk televisi tabung. Indikator yang tersedia memungkinkan seseorang untuk menentukan kualitas sinyal digital yang diterima oleh perangkat.

Port USB 2.0 pada STB ini memungkinkan untuk upgrade software dengan mudah dan cepat untuk diinstal pada perangkat. Set-top box (STB) ini dilengkapi teknologi Smart Cool, yang memungkinkannya tetap beroperasi bahkan setelah ditinggalkan selama berjam-jam. Menarik untuk dicatat bahwa STB Akari memiliki fungsi yang dikenal dengan EWS (Early Warning System) yang berfungsi untuk memberikan peringatan dini dan pendeteksian bencana alam.

BACA JUGA:   10 Mechanical Keyboard Terbaik di Bawah Sejuta

Evercoss – STB Pro

Stb Terbaik Evercoss

Lihat Harga

Evercoss STB Pro adalah penerima TV digital yang menghasilkan gambar beresolusi Full HD. Gambar yang dihasilkan berkualitas tinggi dan jernih tanpa bayangan. Kalian juga tidak perlu khawatir ketinggalan acara favorit karena STB dapat merekam acara favorit Kalian.

STB ini dilengkapi dengan port USB dan kabel HDMI. Kalian dapat membuka file multimedia format mp4 dan mp3 di sini. Kalian juga dapat mengakses TV online karena STB ini dapat digunakan dengan dongle Wi-Fi. Namun perangkat dongle Wi-Fi tidak termasuk dalam pembelian, ya. Selain itu, Evercoss STB Pro juga dilengkapi dengan fitur EWS untuk peringatan dini bencana alam.

Venus – Cabai rawit

Stb Terbaik Venus – Cabai RawitLihat Harga

STB berikut mampu menampilkan siaran TV digital dengan gambar Full HD yang jernih. Alat ini mampu membaca berbagai file multimedia dalam format mp3, mp4, JPEG, MOV, AVI, dan MKV. Untuk membuka file multimedia, merekam TV, hingga terhubung ke internet, STB ini dilengkapi dengan port USB.

Kualitas siarannya juga dijamin memiliki tingkat akurasi yang tinggi. STB juga mampu secara otomatis mengonversi format siaran PAL/NTSC. Dengan begitu, citra siaran luar negeri tidak menjadi datar karena STB ini secara otomatis menyesuaikan formatnya.

Tanaka – T2 Digital

Stb Terbaik Tanaka – T Digital

Lihat Harga

BACA JUGA:   10 Mechanical Keyboard Terbaik di Bawah Sejuta

Menampilkan gambar lebih jernih dengan dekoder STB \sTanaka yang peka terhadap sinyal diketahui lebih peka terhadap sinyal sehingga dapat menghasilkan gambar yang jernih. Selain gambar berkualitas, STB ini juga dapat digunakan untuk menonton YouTube dan merekam siaran TV. STB dapat menangkap siaran digital di seluruh Indonesia hanya dengan antena UHF biasa.

Kelebihannya, STB ini memiliki fitur DLNA yang bisa mengakses file dari perangkat lain. Syaratnya perangkat harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Web Video Caster, Gallery Cast, atau Mango TV. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur EWS dan games.

Gardiner Optimus Lgsat – Super HD HD-168

Gardiner Optimus Lgsat – Super Hd Hd Lihat Harga

Receiver merek Gardiner Optimus Lgsat ini memiliki fitur DLNA (Digital Living Network Alliance) yang menjadi keunggulannya. Dengan DLNA, Kalian dapat mengakses berbagai dokumen yang tersimpan di smartphone Kalian untuk ditampilkan di layar TV.

Cara mengaksesnya membutuhkan Wi-Fi dan di smartphone harus diinstal aplikasi Gallery Cast. Set-top box ini dapat digunakan untuk semua jenis TV dan antena. Alat ini bahkan bisa kamu pasang di mobil lho.

Evinix – H-1

Stb Terbaik Evinix – H

Lihat Harga

Penangkap sinyal ini mampu menerima siaran TV digital, baik melalui antena UHF maupun VHF. Alat ini dilengkapi dengan adaptor untuk penyambungan daya listrik. Sorotan alat ini adalah casting TV MeeCast.

Fitur ini memungkinkan Kalian memutar konten multimedia di smartphone ke layar TV Kalian. Namun, untuk dapat memanfaatkan fitur tersebut, smartphone Kalian harus terlebih dahulu memiliki aplikasi MeeCast TV. Kelebihan lainnya, STB ini juga dilengkapi dengan fitur EWS dan bodi yang terbuat dari casing besi.

BACA JUGA:   10 Mechanical Keyboard Terbaik di Bawah Sejuta

DNMR Electronics – Receiver TV DIGITAL

Stb Terbaik Dnmr Electronics – Receiver Tv Digital

Lihat Harga

STB yang satu ini memungkinkan Kalian untuk menyimpan 1.000 program. STB ini juga didukung dengan media penyimpanan seperti flashdisk dan harddisk melalui port USB.

Dengan demikian, Kalian bisa leluasa merekam siaran atau menyimpan program sesuai kapasitas memori eksternal. Tidak hanya itu, STB ini bahkan dapat menghemat memori program saat STB dimatikan. Untuk hiburan, STB ini juga bisa terkoneksi dengan internet sehingga bisa menonton YouTube di TV.

Matriks – Apple DVB-T2 HD

Stb Terbaik Matriks – Apple Dvb T Hd

Lihat Harga

Produk dari Matrix ini menawarkan kualitas gambar Full HD 1080 piksel dan suara yang bagus. Selain siaran TV digital, Kalian juga akan dibantu oleh YouTube dan YouTube Kids melalui bantuan IPTV mereka.

Namun, fungsi IPTV ini membutuhkan jaringan internet sehingga tidak gratis. STB ini juga dapat berfungsi sebagai media player dengan dukungan dua port USB. Selain itu, gadget ini juga memungkinkan MeeCast TV untuk menampilkan materi di smartphone ke TV.

Kesimpulan

Kualitas siaran TV digital dinilai lebih jernih dibandingkan siaran TV analog. Set-top box memang perlu dipasang sebagai penerima siaran digital di TV analog. Kalian hanya perlu memeriksa apakah sinyal TV digital sudah tersedia di wilayah Kalian.

Visual dan suara pada siaran TV digital jauh lebih berbeda daripada rekan-rekan analog mereka. Jelas, melakukan ini akan memudahkan Kalian menonton televisi. Kami harap Kalian dapat menemukan STB yang memenuhi semua kebutuhan Kalian.