Google Rilis Android 13 Beta 3, Ini daftar Fitur Uniknya

Android 13 beta 3 telah disediakan oleh Google. Meskipun tidak ada fitur baru yang signifikan dalam versi ini, mungkin karena pengembang akhirnya menetapkan versi yang stabil.

Ini menunjukkan bahwa Android 13 API tidak akan mengalami revisi besar di masa mendatang. Pengembang dapat membuat perubahan pada aplikasi mereka sehingga kompatibel dengan versi baru saat dirilis ke pelanggan.

Kami meminta semua pengembang aplikasi dan game untuk memulai pengujian kompatibilitas akhir Kalian sekarang dan bersiap untuk mempublikasikan pembaruan kompatibilitas Kalian sesegera mungkin sebelum rilis final,” kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog.

“Kami meminta semua pengembang aplikasi dan game untuk memulai pengujian kompatibilitas akhir Kalian sekarang dan bersiap untuk mempublikasikan pembaruan kompatibilitas Kalian sesegera mungkin.”

Pada bulan Februari, Google membuat beta pengembang pertamanya tersedia untuk pengguna, dan pada bulan Mei, pada konferensi pengembangnya, perusahaan tersebut membuat pengumuman yang signifikan sehubungan dengan perilisan beta publik keduanya.

BACA JUGA:   Download SnapTube APK untuk Android (Terbaru 2021)

Dengan edisi baru ini, perusahaan telah memberikan penekanan kuat pada peningkatan privasi dan keamanan. Selain itu, ada beberapa modifikasi grafis yang disertakan dalam desain Material You, yang diperkenalkan pertama kali dengan Android 12.

Google Rilis Android 13 Beta 3

Berikut rekap beberapa fitur unik di Android 13:

  • Google berencana untuk merilis varian warna yang telah ditentukan dalam waktu dekat sehingga Kalian dapat menambahkan gaya yang dipersonalisasi ke aplikasi Kalian.
  • Android 13 akan menyertakan dukungan untuk warna dinamis, yang memungkinkan ikon aplikasi mengikuti skema warna gambar latar belakang yang digunakan di layar beranda.
  • Sebelum diizinkan mengirimi Anda pemberitahuan push, aplikasi sekarang akan menanyakan izin Kalian terlebih dahulu. Ini memungkinkan Kalian untuk menentukan apakah suatu aplikasi dapat memberi Kalian peringatan saat pertama kali Kalian meluncurkannya, yang menghilangkan kebutuhan akan spam notifikasi yang tidak perlu.
  • Tanpa harus meminta izin kepada pengguna untuk mengakses lokasi mereka, pengembang aplikasi dapat mengonfigurasi perangkat lunak mereka untuk terhubung secara otomatis ke jaringan Wi-Fi yang tersedia di area tersebut. Ini menghilangkan kemungkinan Kalian enggan mengungkapkan lokasi Kalian ke aplikasi yang hanya dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi Kalian.
  • Fitur baru lainnya yang akan disertakan di Android 13 adalah pemilih foto dan video. Alat pilih ini akan memungkinkan pengguna untuk berbagi file media individual dengan aplikasi, daripada harus memberikan akses ke seluruh perpustakaan media mereka.
  • Manajemen granular juga akan diperluas ke sistem file Android di versi sistem operasi yang akan datang. Kalian akan memiliki kemampuan untuk memberikan akses ke foto dan video serta musik dan audio dengan cara yang berbeda satu sama lain.
  • Sebelum mengirimkan pemberitahuan push, aplikasi akan menghubungi Kalian untuk melihat apakah itu dapat mengirimnya. Ini memungkinkan Kalian untuk menentukan apakah suatu aplikasi dapat memberi Kalian peringatan saat pertama kali Kalian meluncurkannya, yang menghilangkan kebutuhan akan spam notifikasi yang tidak perlu.
  • Tanpa harus meminta izin kepada pengguna untuk mengakses lokasi mereka, pengembang aplikasi dapat mengonfigurasi perangkat lunak mereka untuk terhubung secara otomatis ke jaringan Wi-Fi yang tersedia di area tersebut. Aplikasi tidak akan dapat memaksa Kalian untuk berbagi lokasi dengan mereka hanya agar mereka dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi Kalian berkat fitur ini.
  • Fitur baru lainnya yang akan disertakan di Android 13 adalah pemilih foto dan video. Alat pilih ini akan memungkinkan pengguna untuk berbagi file media tertentu dengan aplikasi tanpa harus memberikan akses penuh ke perpustakaan media mereka.
  • Manajemen granular juga akan diperluas ke sistem file Android di versi sistem operasi yang akan datang. Kalian akan memiliki kemampuan untuk memberikan akses ke foto dan video serta musik dan audio dengan cara yang berbeda satu sama lain.
  • Selain itu, Android 13 akan menawarkan dukungan yang ditingkatkan untuk perangkat dengan layar lebih besar, seperti tablet dan perangkat yang dapat dilipat. Dengan taskbar baru, akan lebih mudah untuk beralih antar aplikasi atau menggunakan dua aplikasi secara bersamaan dalam mode layar terpisah.
  • Ada beberapa fitur bermanfaat, seperti pintasan pencarian untuk YouTube, Maps, Play Store, dan Pengaturan, serta menu Kontrol Privasi baru untuk izin mikrofon, kamera, lokasi, dan papan klip.
BACA JUGA:   Cara Memperbaiki Google Drive Need Permission

Berita dari Google datang hanya beberapa hari setelah Apple membuat versi beta iOS 16 tersedia untuk pengembang.