Negara Asia Tenggara di Sebelah Timur Laos

Apakah Kamu sedang cari jawaban dari pertanyaan ini ” Negara Asia Tenggara di Sebelah Timur Laos ” MediaPost pada kesempatan akan menjawab pertanyaan ini sehingga kalian bisa menemukan Kunci jawaban dari ” Negara Asia Tenggara di Sebelah Timur Laos ” dengan benar dan tepat.

Tentu saja kami sangat menghargai berbagai pendapat dari para pakar (ahli), siapapun bisa menjawab, memberikan pertanyaan atau membenarkan dari jawaban yang sudah ada agar menjadi lebih tepat.

Negara Asia Tenggara di Sebelah Timur Laos

Jawaban :

VIETNAM

Pertanyaan tentang ” Negara Asia Tenggara di Sebelah Timur Laos ” kami sudah berusaha memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan berbargai penjelasan lengkap dan rinci.

BACA JUGA:   Budidaya pembenihan ikan yang dapat dipelihara pada kolam air deras yaitu

Karena, jawaban pertanyaan ” Negara Asia Tenggara di Sebelah Timur Laos ” yang kami utarakan di atas sudah melewati proses moderasi dan kami dapatkan dari berbagai sumber yang terpecaya.

Untuk lebih jelasnya silakan baca pembahasan lebih lanjut di bawah ini.

Negara Asia Tenggara – Laos

Laos adalah negara yang terkurung daratan di wilayah utara Semenanjung Indochina yang dikelilingi oleh daratan. Nama Laos berasal dari frasa Lan Xang, yang berarti “kerajaan gajah”. Ini adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak memiliki pantai.

Laos awalnya merupakan jajahan Prancis yang meraih kemerdekaan sebagai sebuah kerajaan pada 22 Oktober 1953. Kerajaan Laos telah dikenal sebagai Republik Laos sejak 2 Desember 1975.

Laos adalah negara komunis dengan presiden bernama Thongloun Sisoulith dan perdana menteri bernama Phankam Viphavanh sebagai kepala pemerintahan. Bagian wilayah negara Laos yang tidak memiliki wilayah laut atau garis pantai dikenal sebagai wilayah kunci daratan jika ditinjau dari sudut Geografi Politik. Situasi ini dianggap kurang menguntungkan dari segi pertahanan dan keamanan, terutama dalam menghadapi serangan atau invasi asing.

BACA JUGA:   Jelaskan bahwa dengan membangun prestasi diri merupakan upaya pembelaan negara?

Lembah sungai yang subur di Laos menghasilkan berbagai tanaman pertanian dan perkebunan, termasuk beras, kopi, dan tembakau. Timah, tembaga, emas, dan perak termasuk di antara mineral yang bisa ditambang.

Kawasan yang didominasi perbukitan dan pegunungan yang ditumbuhi hutan lebat menjadikan kayu sebagai salah satu produk unggulan kawasan ini. Potensi sosial budaya terdiri dari beragam suku dan budaya, dengan mayoritas masyarakat masih memegang teguh tradisi dan menggunakan bahasa Laos sebagai bahasa ibu mereka.

Namun, dalam kehidupan sehari-hari, orang menggunakan bahasa Thailand, Inggris, dan Prancis selain bahasa ibu mereka, dan ada banyak bangunan bersejarah, terutama kuil.

Sejarah Laos

Manusia telah hidup di Laos selama ribuan tahun. Sejarah prasejarah negara ini kurang dipahami. Sebelum abad ke-14, sejumlah kelompok masyarakat yang beragam dianggap telah mendiami wilayah Laos. Kekaisaran Mon dan Kekaisaran Khmer sama-sama menguasai bagian Laos pada saat itu.

BACA JUGA:   Sebuah atom terdiri dari …

Orang-orang Lao kontemporer diperkirakan memiliki ikatan dengan Kerajaan Lan Xang, yang dibentuk oleh Fa Ngum pada pertengahan abad ke-14. Negara ini sebelumnya telah dihuni oleh Lao, Mon, dan kelompok etnis lain sebelum periode itu. Buddhisme Theravada menjadi agama utama pada abad ke-16.

Kondisi ekonomi dan politik Laos mulai memburuk pada pertengahan abad ketujuh belas. Laos yang sempat melemah akhirnya diserbu oleh Thailand pada akhir abad ke-18 (Siam). Prancis, yang baru saja menaklukkan Vietnam, bernegosiasi dengan Thailand untuk Laos pada akhir 1800-an. Negara itu sepenuhnya berada di bawah administrasi Prancis pada awal abad kedua puluh.

Geografi Laos

Laos adalah sebuah negara di Asia Tenggara. Laos terletak di antara 14°LU dan 22°LU, serta 100°BT dan 108°BT. Luas keseluruhan daerah ini adalah 236.800 km2, dengan air menyumbang 2% dari total.

BACA JUGA:   Apakah kristal es dapat berubah menjadi wujud benda lain? jelaskan

Secara geografis, Laos dibagi menjadi beberapa wilayah berikut:

Sebelah utara: Republik Rakyat Tiongkok
Sebelah selatan: Kamboja
Sebelah barat: Myanmar dan Thailand
Sebelah timur: Vietnam

Laos masih merupakan bagian dari lempeng Eurasia, yang menghubungkan Asia dan Eropa secara geologis.

Laos memiliki iklim tropis, dengan suhu rata-rata tahunan 26 C-28 C, karena lokasi astronomisnya. Curah hujan tahunan berkisar antara 1.500 hingga 2.500 mm. Laos memiliki tiga musim yang berbeda. Angin muson barat daya mempengaruhi musim hujan, yang berlangsung dari bulan Juni sampai Oktober. Karena pengaruh musim timur, musim kemarau yang dingin dimulai pada bulan Februari. Ada musim transisi kering dari Maret hingga Mei.

BACA JUGA:   pergaulan yang membawa pengaruh positif bagi perkembangan kepribadian seseorang disebut

Laos adalah negara yang terkurung daratan di Asia Tenggara dengan hutan yang luas dan terutama daerah pegunungan, yang tertinggi adalah Phou bia pada 2.817 meter di atas permukaan laut. Ada berbagai dataran rendah dan perbukitan di Laos. Sungai Mekong membentuk sebagian besar perbatasan baratnya dengan Thailand, sedangkan Rantai Annam membentuk sebagian besar perbatasan timurnya dengan Vietnam.

Sumber: wikipedia