Google Cloud Hosting – Pengertian dan layanan yang ditawarkan

Google Cloud Hosting adalah salah satu perkembangan paling signifikan dalam teknologi terkini, dan digunakan oleh berbagai bisnis, baik besar maupun kecil, untuk berbagai tujuan. Apa Saja Keuntungan Menggunakan Google Cloud Hosting?

Nama yang diberikan untuk layanan cloud hosting yang ditawarkan oleh Google adalah ” Google Cloud Hosting.”Dengan paket uji coba gratis mereka, Google Cloud Hosting tersedia Sepenuhnya gratis untuk tahun pertama. Setelah itu, Kalian akan dapat memilih salah satu paket harga hosting Google Cloud yang saat ini tersedia. Untuk memanfaatkan banyak layanan yang ditawarkan Google, Kalian juga dapat melihat opsi harga di Google Cloud Platform.

Daftar Isi

Apa sebenarnya Google Cloud Platform (GCP)?

Google Cloud Platform adalah kumpulan layanan yang ditawarkan oleh Google, termasuk komputasi, jaringan, Penyimpanan, Data Besar, pembelajaran mesin, dan manajemen. Layanan ini dihosting di infrastruktur cloud yang sama yang digunakan Google secara internal untuk produk pengguna akhir, seperti Google Penelusuran, Gmail, Google Foto, dan YouTube. Layanan ini disediakan oleh Google.

Perbedaan antara Google Cloud dan Google Cloud Platform

Google Cloud Platform menawarkan berbagai layanan yang dapat diakses secara online dan dapat memfasilitasi transisi ke operasi digital untuk bisnis. Komponen Google Cloud disebut Google Cloud Platform. Platform ini menawarkan infrastruktur cloud publik untuk hosting aplikasi berbasis web dan berfungsi sebagai topik utama diskusi dalam posting blog ini.

BACA JUGA:   Google Rilis Android 13 Beta 3, Ini daftar Fitur Uniknya

Berikut ini adalah beberapa contoh layanan lain yang disertakan dalam Google Cloud:

* Google Workspace, yang sebelumnya disebut sebagai G Suite dan Google Apps. Perangkat lunak ini menawarkan manajemen identitas untuk perusahaan dan organisasi, serta alat kolaborasi dan Gmail.

* Edisi profesional dan bisnis android dan Chrome OS. Sistem operasi untuk perangkat seluler dan laptop ini memberi pengguna sarana untuk terhubung ke aplikasi berbasis web.

* Antarmuka pemrograman aplikasi, atau api, untuk layanan pemetaan perusahaan dan pembelajaran mesin. Ini memungkinkan untuk komunikasi antara bagian yang berbeda dari perangkat lunak.

Ketika kita berbicara tentang GCP, kita tidak mengacu pada aplikasi seperti Google Workplace karena aplikasi ini bukan yang kita maksud ketika kita berbicara tentang GCP. Namun, infrastruktur cloud GCP Google adalah tulang punggung aplikasi seperti Google Workplace. Untuk tujuan tutorial ini, kita akan berkonsentrasi pada Google Cloud Platform.

BACA JUGA:   10 Layanan Hosting Web Terbaik 2022

Apa fungsi dari Google Cloud Platform?

Komputasi awan saat ini memungkinkan produk perangkat keras dan perangkat lunak terpisah untuk hidup berdampingan dari jarak jauh (di pusat data) dan dalam skala besar. Produk individual ini, bila digabungkan, mampu memberikan layanan tertentu. Pengguna biasanya dapat memperoleh akses ke, mengelola, dan memanfaatkan alat yang mereka butuhkan melalui antarmuka web, dan ini berlaku untuk layanan yang disediakan oleh Google Cloud Platform juga.

Saat Menggunakan Google Cloud Platform, konsumen tidak hanya mendapat manfaat dari aksesibilitas layanan, tetapi juga dari fleksibilitas platform dan variasi opsi: pengguna memiliki akses ke setiap layanan berdasarkan “a la carte”, memungkinkan mereka untuk membangun infrastruktur yang diperlukan dengan menggambar dari berbagai sumber daya yang tersedia.

BACA JUGA:   Keuntungan Memilih Google Cloud Hosting (2022)

Setelah pelanggan menentukan layanan Google Cloud Platform yang paling berguna bagi mereka, mereka dapat dengan mudah memulai “proyek” dengan memanfaatkan konsol GCP yang ramah pengguna, yang dihosting secara online. Untuk membuat keadaan menjadi lebih baik, pemilik proyek dapat mengontrol anggota tim atau admin mereka yang memiliki akses ke layanan tertentu.

Memulai dengan Google Cloud Hosting

Google memberi pengguna opsi untuk menggunakan layanan cloud mereka secara gratis dengan menyediakan paket uji coba gratis untuk tahun pertama. Setelah akhir periode uji coba ini, Kalian akan dapat memilih salah satu paket harga hosting Google Cloud yang saat ini tersedia. Kalian juga dapat melihat banyak paket harga yang ditawarkan Google Cloud Platform untuk memanfaatkan berbagai layanan yang disediakan Google.

BACA JUGA:   Dedicated Hosting Server - Pengertian dan Kelebihan

Kalian memiliki opsi untuk menggunakan versi gratis Google Cloud, yang dikenal sebagai Tingkat Gratis Google Cloud Platform, jika Kalian tidak ingin menggunakan salah satu paket harga Google Cloud Platform atau Paket Harga Hosting Google Cloud. Kalian bisa menggunakan dan mempelajari tentang layanan gratis Google Cloud dengan bantuan platform cloud tingkat Gratis Google.