Apa itu Control Web Panel? Kelebihan dan kekurangan

Control web Panel, atau disingkat CWP, adalah alat untuk sistem operasi Linux tingkat perusahaan yang digunakan untuk administrasi sistem (OSs). CWP pernah dikenal sebagai “CentOS Web Panel,” tetapi diganti namanya sekitar waktu yang sama dengan CentOS dihentikan.

Pengguna yang akrab dengan antarmuka baris perintah adalah orang-orang yang biasanya menginstal CWP pada unmanaged VPS (CLI). Tetapi bagaimana dengan paket hosting CWP yang telah dikonfigurasi sebelumnya untuk pengguna yang ingin segera mulai membangun lingkungan server web mereka? Pada bagian berikut, kita akan membahas CWP hosting rencana dan apakah atau tidak mereka bermanfaat bagi Kalian.

Apa itu Control Web Panel?

CWP server hosting adalah jenis layanan web hosting yang dilengkapi dengan antarmuka manajemen data yang disebut Control Web Panel yang sudah diinstal. Sebuah panel kontrol pengguna akhir tunggal akan disediakan dengan CWP shared hosting. Baik hosting server pribadi virtual CWP dan hosting khusus CWP akan dilengkapi dengan panel admin yang dapat mengelola beberapa panel pengguna akhir serta layanan sistem.

BACA JUGA:   Keuntungan Memilih Google Cloud Hosting (2022)

Penyedia hosting Web yang menawarkan paket hosting web CWP dapat menyertakan dukungan gratis dan alat yang dipesan lebih dahulu untuk berinteraksi dengan penawaran mereka yang lain sebagai bagian dari paket.

Web Hosting Di Server Linux yang tidak dikelola

Cloud Server Hosting, yang juga dikenal sebagai Unmanaged server hosting dan cloud VPS hosting, adalah instalasi OS yang benar-benar barebone dan tidak termasuk antarmuka pengguna grafis. Metode standar memerlukan melakukan ini selain menginstal CWP secara manual. Ketika pergi jalan do-it-yourself, biasanya diperlukan bahwa Kalian memiliki pemahaman menengah Linux, atau setidaknya, kemauan untuk belajar:

  • Sistem operasi (OS) mana yang paling cocok untuk kebutuhan Kalian? (Saat ini, AlmaLinux adalah sistem operasi (OS) yang paling sering digunakan di lingkungan perusahaan.)
  • Konfigurasi SSH untuk komputer Kalian
  • Perintah yang dimasukkan di terminal untuk menginstal CWP
BACA JUGA:   10 Layanan Hosting Web Terbaik 2022

Rencana untuk Unmanaged Server hosting menyediakan jumlah luas kustomisasi untuk administrator sistem yang lebih berpengalaman. Karena itu, banyak penyedia hosting tidak memberikan dukungan teknis gratis untuk produk ini karena dapat memakan banyak waktu bagi agen dukungan untuk memahami lingkungan secara memadai sebelum memperbaiki masalah apa pun yang mungkin timbul.

Apakah keuntungan Control Web Panel?

Kami telah melalui dasar-dasar CWP hosting serta server sistem operasi telanjang. Berikut ini akan menjadi diskusi tentang manfaat dan kelemahan yang terkait dengan opsi hosting CWP.

Kelebihan Control Web Panel

CWP telah berhasil diinstal. Tidak ada persyaratan bagi Kalian untuk mempelajari perintah terminal apa pun. Buka tab baru di browser web Kalian dan masuk ke Dasbor CWP Kalian. Ini akan memungkinkan Kalian untuk melakukan penyesuaian di lingkungan yang lebih akrab bagi Kalian.

BACA JUGA:   7 Alternatif selain Google Photos 2022

Keuntungan paling signifikan adalah bantuan teknis gratis yang disediakan oleh penyedia hosting. Ada kemungkinan bahwa perwakilan dukungan memiliki pengetahuan mendalam tentang Panel kontrol untuk layanan hosting situs web.

CWPpro adalah versi premium dari CWP yang mencakup kinerja tambahan dan kemampuan keamanan. Beberapa perusahaan hosting menawarkan versi CWP ini. Kalian akan perlu untuk menanyakan dengan penyedia hosting tentang versi (s) yang mereka berikan.

Kalian hanya membeli barang-barang yang Kalian butuhkan. Biasanya ada korelasi antara biaya paket hosting dan jumlah kontrol (seperti akses root), ruang disk, dan memori yang akan Kalian miliki. Jika Kalian hanya ingin menggunakan CWP tetapi perlu meng-host situs web dan email, Kalian harus ingat bahwa jumlah waktu dan upaya yang Kalian hemat menggunakan CWP hosting adalah faktor dalam biaya menggunakan CWP hosting.

BACA JUGA:   Google Cloud Hosting - Pengertian dan layanan yang ditawarkan

Kekurangan Control Web Panel

Kalian tidak dapat beralih ke panel kontrol atau sistem operasi yang berbeda. Kalian tidak akan punya pilihan selain memasukkan vendor lock-in, yang berarti Kalian tidak akan dapat menginstal perangkat lunak apa pun yang tidak kompatibel dengan OS Linux Perusahaan Kalian dan yang tidak didukung oleh CWP.

Karena hosting versi gratis CWP mungkin tidak menyediakan semua kemampuan yang Kalian butuhkan, Kalian harus membeli lisensi CWPpro sendiri atau mencari alternatif alternatif yang kompatibel dengan paket hosting Kalian.

Mayoritas perusahaan yang meng-host situs web CWP relatif tidak dikenal. Ini sama sekali tidak menyiratkan bahwa mereka tidak dapat memberikan uptime yang luar biasa, dukungan pelanggan, atau langkah-langkah keamanan. Namun, ada kemungkinan Kalian perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk menyelidiki materi ini sendiri.

BACA JUGA:   6 Cara Memperbaiki Website Down, Jangan Panik Dulu

Pengguna dengan lebih banyak pengalaman dapat menghemat uang dan menyelesaikan lebih banyak hal dengan server pribadi virtual (VPS) yang tidak dikelola dari penyedia hosting terkemuka. Perlu diingat bahwa ada label harga yang terkait dengan kenyamanan. Tetap menggunakan server yang dikelola sendiri, di mana sistem operasi dapat diubah kapan pun Kalian mau, adalah opsi yang paling hemat biaya dan waktu bagi mereka yang tidak memerlukan penggunaan alat administrasi sistem grafis.

Tidak ada satu Linux server Hosting rencana yang cocok untuk semua orang sepanjang waktu. Tinggalkan komentar di bawah ini dengan pertanyaan apa pun yang mungkin masih Kalian miliki tentang hosting CWP.