Jenis Manga di Indonesia, Kalian suka yang mana?

Ada banyak jenis mangga di Indonesia yang berbeda. Tanaman mangga adalah buah yang dapat mengambil berbagai bentuk. Kategori ini dapat ditemukan cukup banyak di mana-mana di dunia. Menurut informasi yang kami akses, varietas mangga yang telah menyebar ke seluruh Indonesia bahkan telah mencapai sepuluh jenis yang berbeda.

Bagaimana dengan jenis mangga lain yang ditanam di berbagai negara? Pada bagian ini, kita akan membahas banyak jenis mangga yang dapat ditemukan di Indonesia dan negara-negara lain.

Jenis mangga di Indonesia.

1. Mangga Manalagi atau mangga madu

Mangga Manalagi
Mangga Manalagi

Mangga Manalagi, sering disebut mangga madu, adalah sejenis mangga yang terkenal memiliki rasa yang sangat manis. Nomor satu dalam daftar varietas mangga yang dianggap paling manis.

Varietas buah mangga ini berasal dari Indonesia, lebih khusus lagi Kota Probolinggo di wilayah Jawa Timur. Ada berbagai ukuran yang tersedia untuk mangga manalagi, dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Mangga Manalagi mudah dikenali dari kulit hijaunya yang khas yang ditutupi oleh sejumlah besar bintik-bintik putih. Selain itu, bubur mangga Manalagi terkenal tebal dan memiliki rasa manis yang dominan. Karena sangat manis, tidak ada tanda-tanda asam sama sekali. Akibatnya, jenis mangga yang dikenal sebagai manalagi memegang mahkota karena menjadi jenis mangga dengan kandungan gula tertinggi.

BACA JUGA:   Kayu Rotan Banyak Ditemukan Di Wilayah berikut ini yaitu

2. Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu merupakan varietas mangga kedua yang dapat ditemukan di Indonesia. Salah satu dari berbagai varietas mangga yang dinikmati oleh sejumlah besar konsumen adalah Mangga Gedong gincu.

Varietas mangga ini, yang, ketika matang sepenuhnya, memiliki rasa yang sangat manis, sangat cocok untuk dikonsumsi baik secara langsung atau setelah diproses.

Mangga Gedong Gincu dicirikan oleh bentuk bulat yang selalu sedikit memanjang dan datang dalam ukuran yang tidak terlalu besar. Saat buahnya mentah, kulitnya berwarna hijau, tetapi saat matang warnanya berubah menjadi kuning.

Waktu khas untuk memetik mangga ini adalah ketika 80 persen matang, pada saat itu masih akan memiliki sedikit warna hijau aslinya.

3. Arumanis, sering dikenal sebagai mangga harum manis

Salah satu mangga yang berasal dari Indonesia dan juga dapat tumbuh dengan baik di negara-negara sekitarnya, yaitu Malaysia, adalah mangga arumanis, yang juga lebih dikenal sebagai Mangga harum manis.

Manisnya mangga ini meluas dari rasa ke aromanya juga. Varietas mangga khusus ini dikenal sebagai mangga arumanis karena alasan ini.

Mangga Arumanis berukuran sangat besar dengan bentuk memanjang, memiliki daging kuning yang diikuti oleh aroma mangga yang kuat, dan memiliki rasa buah yang berbeda yang disertai dengan aftertaste yang sedikit pahit. Bahkan setelah buahnya matang, kulit mangga Arumanis tetap hijau.

BACA JUGA:   Jenis mangga di Luar Negeri, Ada yang pernah makan?

4. Mangga Cengkir

Mangga Cengkir, sering disebut sebagai mangga Indramayu, berasal dari Kota Indramayu, yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Alasan mengapa mangga cengkir berganti nama menjadi mangga indramayu adalah karena fakta bahwa mangga ini sangat terkenal di kota.

Mangga Indramayu dibedakan oleh sejumlah kualitas, termasuk dagingnya yang besar dan buahnya yang sangat besar. Rasa buah mangga Cengkir bisa digambarkan manis dengan sedikit rasa asam. Orang-orang yang menyukai mangga cengkir mengklaim bahwa varietas mangga ini lezat bahkan sebelum buahnya matang sepenuhnya karena sangat serbaguna.

5. Mangga Alpukat

Mangga Alpukat
Mangga Alpukat

Fakta bahwa buah ini memiliki nama berbagai alpukat tidak menunjukkan bahwa itu adalah produk hibridisasi mangga dan alpukat. Mangga alpukat mendapatkan namanya dari fakta bahwa itu dikonsumsi dengan cara yang analog dengan alpukat.

Secara khusus, buah dipotong setengah, dan daging dan biji dipisahkan satu sama lain dengan cara yang sama seperti ketika alpukat dikonsumsi.

Buah mangga alpukat masih satu jenis dengan mangga arumanis atau harum manis, tentu saja rasa dan parfumnya masih dekat dengan rasa mangga arumanis atau harum manis, dan tekstur buah mangga alpukat masih mirip dengan buah mangga.

Ya, untuk mengkonsumsi varietas mangga khusus ini, Anda harus menunggu sampai benar-benar matang sebelum melakukannya. Mengapa ini terjadi? Agar biji mudah diekstraksi dari buah setelah dipotong, buah ini dirancang sedemikian rupa.

BACA JUGA:   Apakah kristal es dapat berubah menjadi wujud benda lain? jelaskan

6. Mangga Golek

Salah satu varietas mangga yang menjadi produk unggulan bagi petani lokal di Indonesia adalah mangga golek. Bagaimana kau bisa? Mangga yang termasuk dalam kategori ini dicirikan dengan memiliki daging substansial yang empuk dan bebas dari untaian berserat.

Selain itu, kandungan air buah mangga tidak hilang saat diiris atau dipotong. Kulit buah ini berwarna hijau saat masih muda dan akan menguning saat sudah matang. Ini juga memiliki ukuran besar dan bentuk panjang, rasa manis, dan aroma yang berbeda di samping karakteristik ini.

7. Mango Lalijiwo

Salah satu varietas mangga yang berasal dari Jawa dikenal sebagai mangga lalijiwo. Karena namanya berasal dari kata Jawa ” lalijiwo, “yang dapat diterjemahkan sebagai” melupakan jiwa, ” varietas mangga ini dianggap asli Pulau Jawa. mangga varietas ini memiliki habitat awal di Kota Probolinggo, yang terletak di Provinsi Jawa Timur.

Mangga Lalijiwo memiliki sifat yang sebanding dengan mangga manalagi. Rasa mangga lalijiwo tidak terlalu berbeda dengan mangga manalagi. Keduanya memiliki rasa manis yang khas, tetapi bubur mangga lalijiwo tidak memiliki serat.

Kulit buah adalah tempat orang dapat membedakan antara mangga lalijiwo dan mangga manalagi. Kulit mangga lalijiwo ditutupi dengan lapisan sesuatu yang menyerupai lapisan lilin dan berwarna hijau tua dengan titik-titik putih.

BACA JUGA:   Kayu Rotan Banyak Ditemukan Di Wilayah berikut ini yaitu

8. Mangga Apel

Mangga Apel
Mangga Apel

Siapa di antara Anda yang belum pernah mendengar tentang mangga apel? Spesies mangga ini adalah salah satu varietas yang paling populer ditemukan di Indonesia.

Varietas mangga khusus ini mudah dikenali dari bentuk buahnya yang bulat seperti apel, yang merupakan salah satu ciri khasnya. Ada berbagai variasi dalam warna buah ini juga. Bisa berwarna hijau, warna yang lebih hijau kemerahan, atau bahkan bisa Merah tua.

Mangga apel sendiri dapat dipecah menjadi dua subspesies yang berbeda: mangga apel hijau, yang, ketika matang sepenuhnya, berubah menjadi kunong, dan mangga apel merah, yang tetap merah bahkan ketika matang sepenuhnya. Buah ini dibedakan karena tercatat memiliki daging buah yang konsistensinya lebih besar.

Sebagai informasi lebih lanjut, sudah menjadi rahasia umum bahwa rasa bubur mangga apel merah lebih manis daripada rasa bubur mangga apel hijau. Pohon buah mangga apel adalah kandidat yang sangat baik untuk digunakan sebagai tanaman pot karena kemampuan beradaptasi mereka.

9. Mangga Gandaria

Sudah menjadi rahasia umum bahwa varietas spesifik buah mangga gandaria yang dikenal sebagai Buah gandaria memiliki nama tersendiri. Karena buah ini masih merupakan varietas mangga, masih dimungkinkan untuk memasukkannya ke dalam kategori varietas mangga.

Buah mangga gandaria dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, termasuk bagian Jawa, Maluku, Kalimantan Selatan, Sulawesi, dan Papua. Buah ini tersebar luas di pulau-pulau ini. Pohon mangga Gandaria juga mampu menghasilkan buah dengan sukses di daerah lain, seperti di negara-negara ASEAN.

BACA JUGA:   Jenis mangga di Luar Negeri, Ada yang pernah makan?

Rasanya manis dengan sedikit rasa asam yang akan memberikan sensasi segar saat menyantap buah, serta memiliki ciri khas buah berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi kuning-jingga saat buah sudah matang. Saat buah sudah matang, ia akan berubah dari kuning menjadi oranye-oranye.

Buah ini akan mulai lebih baik sebagai bahan salad atau bahan jus. Buah dari varietas mangga khusus ini dapat dikonsumsi langsung tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu; namun, sebelum mengonsumsi buah, Anda harus memastikan bahwa buah tersebut telah dicuci bersih.

10. Mangga Kweni

Buah Mangga Kweni adalah salah satu buah yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia sebagai hasil dari popularitas yang luas dan budidaya luas. Karena Mangga kweni memiliki aroma yang sangat berbeda dan diucapkan, sangat mudah bagi anda untuk mengidentifikasi mangga khusus ini.

Ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan varietas mangga lainnya, dan dagingnya memiliki tekstur yang lembut dan halus. Dalam hal Rasa, mangga kweni dicirikan oleh rasa manis yang dibayangi oleh kegetirannya. Sebelum dimakan, sebagian besar Mangga kweni melalui langkah pengolahan terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.