Harga yang harus dibayarkan pembeli untuk mendapatkan suatu produk disebut?

Apakah Kamu sedang cari jawaban dari pertanyaan ini Harga yang harus dibayarkan pembeli untuk mendapatkan suatu produk disebut ? MediaPost pada kesempatan ini akan menjawab pertanyaan ini sehingga kalian bisa menemukan Kunci jawaban dari Harga yang harus dibayarkan pembeli untuk mendapatkan suatu produk disebut .. ? dengan benar dan tepat.

Tentu saja kami sangat menghargai berbagai pendapat dari para pakar (ahli), siapapun bisa menjawab, memberikan pertanyaan atau membenarkan dari jawaban yang sudah ada agar menjadi lebih tepat.

Pertanyaan :

Harga yang harus dibayarkan pembeli untuk mendapatkan suatu produk disebut?

Jawaban yang tersedia:

A. Biaya tetap

B. Biaya tidak tetap

C. Harga produk produksi

D. Biaya investasi alat dan mesin

BACA JUGA:   Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan kulit adalah

E. Harga jual

Jawaban yang tepat adalah E. Harga jual

Itulah jawaban yang paling tepat dengan pertanyaan Harga yang harus dibayarkan pembeli untuk mendapatkan suatu produk disebut?

Kalian juga bisa membaca pertanyaan terkait yaitu Jumlah penerimaan uang yang didapatkan oleh perusahaan, sebelum dipotong total biaya disebut ….

Adapun pembahasan yang lebih tepat tentang Perbedaan antara harga jual dan harga pokok produk yang dijual dapat kalian simak pada uraian berikut:

Perbedaan antara harga jual dan harga pokok produk yang dijual

Beberapa orang berada di bawah kesan bahwa harga jual dan biaya produk yang dijual adalah frase dipertukarkan karena dua konsep sering menyebabkan kesalahpahaman.

Menurut prinsip-prinsip ilmu akuntansi, perbedaan antara harga jual dan harga pokok penjualan adalah signifikan. Silakan lihat penjelasan berikut untuk rincian lebih lanjut mengenai perbedaan.

Apa itu Harga Jual

Ketika datang untuk menentukan berapa harga jual, berbagai profesional industri memiliki sudut pandang yang beragam. Menurut pendapat beberapa spesialis, harga jual dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Berdasarkan apa yang telah dibagikan Mulyadi

Jumlah harga yang dibayarkan atau dibebankan kepada konsumen dikenal sebagai harga jual, dan itu dicapai dengan perhitungan biaya produksi di samping biaya non-produksi dan keuntungan yang diprediksi.

BACA JUGA:   Bentuk variasi huruf yang diletakkan pada awal paragraph sehingga naskah terlihat menarik disebut

2. Menurut Alimisyah dan Padji

Istilah “harga jual” mengacu pada harga jual yang memperhitungkan semua biaya yang terkait dengan produksi dan distribusi di samping jumlah keuntungan yang dimaksudkan.

Sebagai hasil dari dua sudut pandang ini, seseorang dapat menarik kesimpulan bahwa harga yang dimaksudkan untuk disebut sebagai harga jual adalah harga yang dikeluarkan untuk produksi di samping biaya yang tidak terkait dengan produksi dan keuntungan yang diantisipasi.

Apa itu harga pokok penjualan (HPP)

Harga pokok penjualan, sering dikenal sebagai roda penggerak, mengacu pada biaya yang dikeluarkan perusahaan sebagai akibat dari produksi dan penjualan barang dagangannya. Ini memperhitungkan harga tenaga kerja langsung, biaya bahan baku, dan biaya overhead apa pun.

Harga pokok penjualan ini adalah komponen utama dari biaya yang tercermin pada laporan laba rugi. Berikut ini adalah daftar beberapa komponen yang membentuk HPP:

Persediaan awal barang dagangan

mencerminkan jumlah barang yang tersedia untuk dibeli pada awal periode waktu yang ditentukan atau tahun fiskal berjalan. Saldo saham awal barang dagangan termasuk dalam neraca saldo periode berjalan, saldo awal perusahaan, atau saldo tahun sebelumnya, tergantung pada mana yang Anda lihat pertama kali.

BACA JUGA:   Tuliskan Sistematika surat lamaran pekerjaan

Persediaan akhir barang dagangan

jumlah barang yang disimpan dalam persediaan pada akhir kuartal atau akhir tahun fiskal berjalan dalam banyak kasus, saldo ini dihitung berdasarkan data penyesuaian pada akhir periode.

Persediaan akhir barang dagangan

semua pembelian tunai atau kredit barang yang dilakukan oleh organisasi, selain biaya pengangkutan barang tersebut, sebelum dikenakan pengurangan untuk setiap diskon pembelian atau pengembalian yang diterima.

Perbedaan Harga Jual, Harga Pokok Penjualan, dan Harga Pokok Produksi

Namun, selain harga jual dan harga pokok penjualan (disingkat HPP), ada satu istilah lagi yang sering dibahas. Frasa ini adalah biaya produksi, yang juga dapat disingkat HPP.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana ketiga titik harga yang berbeda ini berbeda satu sama lain?

Perbandingan berikut antara tiga kategori harga yang ditawarkan dengan harapan bahwa itu akan membuat lebih mudah untuk memahami tiga macam harga:

BACA JUGA:   Jumlah muatan listrik pada suatu benda tergantung pada

Perbedaan antara harga jual dan harga pokok produk yang dijual

Harga jual akhir sudah mencakup semua pengeluaran yang terjadi selama produksi. Ini adalah komponen biaya:

  • Biaya produksi (pembelian bahan utama, pengemasan, mesin, sumber daya manusia)
    biaya yang tidak terkait dengan produksi, seperti untuk pemasaran dan Periklanan
  • Selain itu, pendapatan yang dibuat dari penjualan
  • Sedangkan HPP semata-mata menyumbang biaya yang dikeluarkan selama proses pembuatan barang.

Perbedaan Harga Pokok Penjualan dengan Harga Pokok Produksi

Satu-satunya biaya yang termasuk dalam harga pokok penjualan adalah biaya yang dikeluarkan selama proses produksi barang.

Meskipun biaya produksi merupakan faktor dalam menentukan harga jual, faktor ini tidak memperhitungkan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh aset sebagai hasil dari proses produksi.

Output ini dapat terdiri dari barang jadi, barang setengah jadi, atau bahan yang sudah siap untuk dijual.

Menghitung manfaat dari biaya barang yang dijual (HPP)

Perhitungan harga pokok produk yang dijual memiliki tampilan yang agak berbeda. Metodologi ini pasti menawarkan manfaat yang mungkin tidak muncul dalam perhitungan harga jual.

Perhitungan harga pokok produk yang dijual memiliki keunggulan sebagai berikut, yaitu:

BACA JUGA:   Apa Manfaat laut sebagai sumber daya

1. Sebagai dasar untuk menetapkan harga eceran akhir
Jika Anda sudah familiar dengan semua faktor yang termasuk dalam perhitungan biaya produksi, itu akan jauh lebih mudah bagi anda untuk mencari penjualan di lain waktu.

2. Menyadari target tingkat keuntungan bagi perusahaan
Jika harga pokok penjualan lebih rendah dari harga jual, maka bisnis akan mendapat untung; namun, jika harga jual lebih tinggi dari harga pokok penjualan, maka bisnis akan mengalami kerugian.

Kesimpulan

Ketika menjalankan perusahaan dan ingin mendapat untung dengan menjual barang – barang dalam bentuk komoditas dan jasa, menetapkan harga di mana barang-barang ini akan dijual adalah yang paling penting. Jangan pernah menetapkan harga tanpa terlebih dahulu melakukan perhitungan lengkap dari jumlah uang dan usaha yang telah diinvestasikan.

Harga pokok penjualan dan cara menetapkan harga jualnya telah dipecah menjadi bagian-bagian komponennya dalam artikel yang baru saja dibaca. Jika rumus yang Anda gunakan untuk menghitung harga jual dan roda penggerak sudah lengkap, maka akan lebih mudah bagi anda untuk melakukan praktisnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.