7 Negara Dengan Jumlah Populasi Terpadat di dunia

Sejumlah negara memiliki jumlah populasi terpadat, sehingga dikategorikan sebagai salah satu negara terpadat di dunia. Salah satu faktor yang menyebabkan populasi suatu negara meningkat adalah penurunan angka kematian.

Pada dasarnya, hampir semua negara di dunia mengalami peningkatan pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun. Perubahan populasi yang terjadi dalam periode waktu tertentu disebut dinamika populasi.

Berdasarkan data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2022, total populasi dunia akan mencapai 7,942 miliar orang. Jumlah ini diperkirakan akan mencapai 8 miliar pada pertengahan November 2022.
Data tersebut juga menunjukkan daftar negara terpadat di dunia dengan populasi terbesar. Beberapa negara dalam daftar ini memiliki numberspopulationreaching miliaran jiwa.

BACA JUGA:   Wirausahawan yang mampu berkembang adalah wirausahawan yang selalu berorientasi kepada masa depan

Daftar Isi

7 negara dengan jumlah populasi terpadat di dunia

1. Cina

China atau Cina adalah negara terpadat di dunia dengan populasi 1,426 miliar orang. Mayoritas penduduknya adalah bangsa Han. Cina juga merupakan negara terbesar di Asia Timur, dan terbesar keempat di dunia setelah Rusia, Kanada, dan Amerika Serikat.

2. India

India adalah negara terpadat kedua setelah Cina dan peringkat ketujuh di dunia dalam hal luas. Total populasi negara ini mencapai 1, 417 miliar orang. Mayoritas penduduk menggunakan bahasa Hindi sebagai bahasa resmi dan bahasa Inggris sebagai bahasa persatuan.

BACA JUGA:   Kapan Jepang menyerah pada Sekutu?

3. Amerika Serikat

Di tempat ketiga, ada Amerika Serikat denganpopulasi totalnya mencapai 338 juta orang. AS adalah republik federal yang terdiri dari 50 negara bagian, yang sebagian besar berlokasi di Amerika Utara.

4. Indonesia

Berdasarkan jumlah penduduk dan wilayah, Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia. Indonesia menempati urutan keempat dengan populasi terpadat di dunia, mencapai 275 juta orang.
Sementara itu , menurut World Population Review, Indonesia tercatat sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan perkiraan jumlah 13.677 pulau.

5. Pakistan

Pakistan adalah negara terpadat kelima di dunia dengan total populasi 235 juta. Selain itu, Pakistan adalah negara dengan populasi Muslim terbesar kedua di dunia setelah Indonesia.

BACA JUGA:   Bagaimana Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Masa Awal Kemerdekaan ?

6. Nigeria

Nigeria adalah negara terpadat keenam di dunia, dengan populasi 218 juta. Mengacu pada data Investopedia, negara yang terletak di Afrika Barat ini merupakan pengekspor minyak terbesar ketujuh dan memiliki cadangan gas alam terbesar ke-10 di dunia.
Kekayaan alam yang melimpah membuat Nigeria banyak dikunjungi oleh para pencari kerja dari luar negeri, terutama dari negara tetangga, seperti Chad, Kamerun, Benin, dan lain-lain. Kota – kota penting di Nigeria termasuk Abuja (bekas ibu kota Lagos), Abeokuta, Ibadan, Port Harcourt dan Jos.

7. Brasil

Brasil adalah negara terbesar dan terpadat di Amerika Selatan. Negara ini berada di peringkat ketujuh negara terpadat dengan populasi 215 juta orang.
Brasil berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik, Uruguay, Argentina, Paraguay, Bolivia, Peru, Kolombia, Venezuela, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis.

BACA JUGA:   5 Negara dengan jumlah Penduduk terkecil di dunia 2022

Itulah 7 Negara Dengan Jumlah Populasi Terpadat di dunia. Semoga menambah pengetahuanmu yaaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.