8 Cara Cek Jenis RAM Laptop Paling Mudah yang Harus Kalian Tahu

Apakah Kalian baru saja menambahkan RAM baru ke laptop Kalian? Dalam hal ini, Kalian harus memeriksa jenis RAM sesegera mungkin untuk mengonfirmasi bahwa penjual tidak mencoba menipu Kalian dengan cara apa pun.

Mayoritas pengguna laptop berada di bawah kesan bahwa memiliki jumlah RAM yang lebih besar lebih disukai. Meskipun ukuran memori utama Kalian adalah pertimbangan penting ketika menambahkan RAM, Kalian tidak boleh lupa untuk memeriksa bahwa Kalian menggunakan jenis DDR yang sesuai untuk mendapatkan hasil maksimal dari sistem laptop Kalian.

Selain itu, salah satu hal penting yang harus dilakukan setelah menginstal RAM baru adalah memeriksa jenis DDR. Hal ini dilakukan untuk menentukan apakah RAM DDR yang telah diinstal beroperasi sebagaimana mestinya. Artikel ini akan membantu Kalian dengan semua yang perlu Kalian ketahui tentang DDR, jenisnya, dan berbagai teknik untuk memeriksa Windows. Artikel akan fokus pada topik yang sama dengan yang sebelumnya.

Daftar Isi

Apa itu DDR?

Jenis RAM

DDR SDRAM adalah bentuk memori yang mampu mentransfer data dua kali lebih cepat dari yang bisa dilakukan SDRAM. Nama lengkapnya adalah memori akses acak dinamis sinkron kecepatan data ganda, dan singkatannya adalah DDR SDRAM. DDR, yang merupakan singkatan dari Double Data Rate, pada dasarnya adalah versi SDR yang ditingkatkan, yang merupakan singkatan dari Single Data Rate. Dalam SDR, Transmisi data terjadi selama satu siklus jam.

Untuk lebih memahami hal ini, mari kita lihat contoh dari grafik yang baru saja disajikan. Hal pertama yang perlu diperhatikan tentang SDR adalah bahwa ia hanya mengukur tepi naik sinyal; ini berarti bahwa transfer data hanya terjadi sekali untuk setiap siklus clock. DDR, di sisi lain, memanfaatkan kedua tepi jatuh dan naik selama siklus clock yang sama. Akibatnya, kecepatan transfer meningkat.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui jenis RAM mana yang kompatibel dengan motherboard Kalian. Ini karena ketidakcocokan ke belakang, yang mencegah Kalian menggunakan DDR generasi yang lebih rendah, seperti DDR3, pada slot RAM yang dirancang untuk memori DDR4 atau DDR5.

8 Cara Cek Jenis RAM Laptop Yang paling Mudah

8 Cara Cek Jenis RAM Laptop Paling Mudah yang Harus Kalian Tahu

Tidak ada keraguan bahwa RAM di laptop kita adalah salah satu komponen terpenting. OLeh karena itu, akan bermanfaat jika Kalian terbiasa dengan spesifikasi RAM Kalian.

BACA JUGA:   10 Mechanical Keyboard Terbaik di Bawah Sejuta

Karena jenis DDR membantu mempengaruhi kecepatan data, kecepatan transfer, kapasitas tegangan, dan throughput memori Kalian, sangat penting bagi Kalian untuk mengetahui jenis DDR yang Kalian gunakan.

Untuk mengetahui jenis RAM yang terpasang pada laptop Kalian, ada beberapa cara yang dapat Kalian lakukan:

1. Cara mengetahu Jenis RAM menggunakan BIOS

Beberapa laptop memiliki informasi mengenai jenis RAM yang terpasang pada BIOS. Untuk mengetahui jenis RAM dengan menggunakan BIOS, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Matikan laptop Kalian, kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol yang biasanya tercantum pada layar saat laptop pertama kali dihidupkan (biasanya tombol F2 atau Del).
  2. Setelah masuk ke BIOS, carilah menu yang berkaitan dengan RAM atau Memory. Menu ini biasanya terdapat pada bagian “Advanced” atau “Advanced BIOS Features”.
  3. Pada menu tersebut, Kalian akan melihat informasi mengenai jumlah RAM yang terpasang pada laptop Kalian, serta tipe RAM yang digunakan. Sebagai contoh, jika tertera “DDR3” pada tipe RAM, maka itu artinya RAM yang terpasang pada laptop Kalian adalah tipe DDR3.

Catatan: Setiap laptop mungkin memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke BIOS. Jika tidak dapat masuk ke BIOS dengan menekan tombol yang telah saya sebutkan, coba lihat pada dokumentasi atau manual laptop Kalian untuk mengetahui tombol apa yang harus ditekan.

BACA JUGA:   Memory Card Tidak Terbaca? Kenali Penyebab dan 3 Cara Mengatasi

2. Cara mengetahu Jenis RAM menggunakan Task Manager

Untuk mengetahui jenis RAM dengan menggunakan Task Manager di Windows, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan, atau dengan klik kanan pada Taskbar dan pilih “Task Manager”.
  2. Pada Task Manager, pilih tab “Performance” dan klik “Memory”.
  3. Disana akan terlihat informasi mengenai jumlah RAM yang terpasang pada laptop Kalian, kecepatan RAM, dan tipe RAM.

3. Cara mengetahui jenis RAM dengan menggunakan System Information

Untuk mengetahui jenis RAM dengan menggunakan System Information, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka System Information dengan mengetik “System Information” pada Start Menu atau dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “msinfo32” pada kotak dialog Run.
  2. Pada System Information, pilih menu “Components” dan klik “Memory”.
  3. Disana akan terlihat informasi mengenai jumlah RAM yang terpasang pada laptop Kalian, kecepatan RAM, dan tipe RAM.

4. Cara mengetahui jenis RAM dengan Melalui Command Prompt

Untuk mengetahui jenis RAM dengan menggunakan Command Prompt, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Command Prompt dengan mengetik “Command Prompt” pada Start Menu atau dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” pada kotak dialog Run.
  2. Pada Command Prompt, ketik perintah “wmic memorychip get memorytype, capacity” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  3. Hasil yang ditampilkan akan memberikan informasi mengenai jenis RAM dan kapasitas RAM yang terpasang pada laptop Kalian.
BACA JUGA:   10+ Antivirus Menghapus Malware Terbaik

5. mengetahui jenis ram dengan Melalui Control Panel

Untuk mengetahui jenis RAM dengan menggunakan Control Panel, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Control Panel dengan mengetik “Control Panel” pada Start Menu.
  2. Pada Control Panel, pilih menu “System and Security” dan kemudian pilih “System”.
  3. Pada halaman yang ditampilkan, klik tombol “Device Manager” yang terdapat di bagian kiri layar.
  4. Pada Device Manager, cari dan klik tombol “+” yang ada di samping “Memory Technology Devices” untuk membuka menu tersebut.
  5. Disana akan terlihat nama-nama perangkat RAM yang terpasang pada laptop Kalian.

6. mengetahui jenis ram dengan Melalui Menu Pengaturan

Untuk mengetahui jenis RAM dengan menggunakan menu Pengaturan di Windows, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan dengan menekan tombol Windows + I.
  2. Pada menu Pengaturan, pilih menu “System” dan kemudian pilih “About”.
  3. Pada halaman yang ditampilkan, klik tombol “System Info” yang terdapat di bagian kiri layar.
  4. Pada System Information, cari bagian yang bertuliskan “Installed RAM” untuk melihat jumlah RAM yang terpasang pada laptop Kalian,

7. mengetahui jenis ram dengan Melalui Speccy

Speccy adalah sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai spesifikasi komputer atau laptop, termasuk informasi mengenai jenis RAM yang terpasang. Untuk menggunakan Speccy untuk mengetahui jenis RAM, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download dan install Speccy dari situs resminya (https://www.piriform.com/speccy).
  2. Setelah terinstall, jalankan Speccy.
  3. Pada aplikasi Speccy, cari bagian yang bertuliskan “RAM” untuk melihat informasi mengenai jenis RAM yang terpasang pada laptop Kalian.
BACA JUGA:   Cara Menelepon Dari Laptop 2022

8. mengetahi jenis ram dengan Melalui CPU-Z

CPU-Z adalah sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai spesifikasi komputer atau laptop, termasuk informasi mengenai jenis RAM yang terpasang. Untuk menggunakan CPU-Z untuk mengetahui jenis RAM, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download dan install CPU-Z dari situs resminya (https://www.cpuid.com/downloads/cpu-z/).
  2. Setelah terinstall, jalankan CPU-Z.
  3. Pada aplikasi CPU-Z, pilih tab “Memory” untuk melihat informasi mengenai jenis RAM yang terpasang pada laptop Kalian. Sebagai contoh, jika tertera “DDR3” pada tipe RAM, maka itu artinya RAM yang terpasang pada laptop Kalian adalah tipe DDR3.

Nah, itulah kumpulan cara cek jenis RAM laptop yang bisa kamu coba dirumah. Sangat mudah bukan? Kamu dapat mencoba menerapkan salah satu cara-cara diatas yang menurutmu paling efektif untuk dicoba.

Setelah mengetahui jenis RAM yang ada di laptop, kalian bisa  mempertimbangkan ketika ingin mendownload aplikasi ataupun melakukan aktivitas yang akan menggunakan memori penyimpanan yang lebih banyak.Selamat mencoba.