Contoh Akhlak Terpuji Kepada Kedua Orang Tua

Apakah Kamu sedang cari jawaban dari pertanyaan ini “Contoh Akhlak Terpuji Kepada Kedua Orang Tua?” MediaPost pada kesempatan ini akan menjawab pertanyaan ini sehingga kalian bisa menemukan Kunci jawaban dari “Contoh Akhlak Terpuji Kepada Kedua Orang Tua” dengan benar dan tepat.

Tentu saja kami sangat menghargai berbagai pendapat dari para pakar (ahli), siapapun bisa menjawab, memberikan pertanyaan atau membenarkan dari jawaban yang sudah ada agar menjadi lebih tepat.

Pertanyaan :

Contoh Akhlak Terpuji Kepada Kedua Orang Tua

Jawaban :

  1. Menyayangi dan mencintai ibu dan bapak.
  2. Bersyukur kepada ibu dan bapak atas segala jasa dan pemberian mereka.
  3. Betutur lemah -lembut dan berperilaku sopan
  4. Mengucapkan kata-kata yang baik dan mulia.
  5. Berusaha untuk meringankan beban mereka walaupun tidak diperintah.
  6. Jika ada rezeki, berilah keduanya hadiah.
  7. Merendahkan hati, hormat dan memuliakan ibu-bapak
  8. Mendengar dan mentaati nasehat serta ajaran ibu-bapak.
  9. Mentaati dan melaksanakan perintah atau larangan ibu-bapak.
  10. Membantu atau meringankan beban ibu- bapak.
  11. Memberi belanja atau memenuhi kebutuhan ibu-bapak apabila mereka memerlukan, dan sebagainya.
  12. Mendo’akan ibu-bapak baik di kala mereka masih hidup atau telah meningggal dunia.
BACA JUGA:   Jelaskan pengertian hari kiamat, serta Jenis dan tanda datangnya

Itulah jawaban secara singkat tentang “Contoh Akhlak Terpuji Kepada Kedua Orang Tua” yang banyak orang cari dari pencarian google, yahoo, yandex dan juga situs pencari lainnya.

Jawaban pertanyaan dari soal “ Contoh Akhlak Terpuji Kepada Kedua Orang Tua” yang kami utarakan di atas sudah melewati proses moderasi dan kami dapatkan dari berbagai sumber yang terpecaya.

Kalian juga dapat membaca uraian jawaban dari soal “Contoh Akhlak Terpuji Kepada Kedua Orang Tua” secara lengkap dan rinci pada pembahasan di bawah ini.

Baca Juga : Contoh Akhlak Terpuji Dalam Pergaulan Remaja

Pengertian Akhlak Terpuji Kepada Kedua Orang Tua

Akhlak berasal dari bahasa arab yaitu Al-khulq, Al-khuluq yang mempunyai arti watak, tabiat. Secara Istilah Akhlak menurut Ibnu MaskawiAkhlak adalah sesuatu keadaan bagi jiwa yang mendorong ia melakukan tindakan-tindakan dari keadaan itu tanpa melalui pikiran dan pertimbangan.

Sedangkan yang dimaksud kedua orang tua adalah Bapak Ibu baik itu dari keturunan (Nasab) atau susuan, baik keduanya orang muslim ataupun kafir, termasuk juga kedua orang tua adalah nenek dan kakek dari kedua belah pihak.

  • Menurut Ad-Durjani Birul Walidain adalah mengormati dan berbakti kepada kedua orang tua.
  • Menurut Imam As-Syafii Birul Walidain adalah berbakti kepada orang tua baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal dunia.
  • Menurut Muhammad Abduh Birul Walidain adalah taat melaksanakan apa-apa yang diperintahkan oleh kedua orang tua dalam kebaikan.
  • Menurut Ibnu Qoyim Birul Walidain adalah Berbakti kepada kedua orang tua semata-mata karena Allah SWT.
BACA JUGA:   Alat musik ritmis adalah alat musik yang memiliki fungsi memainkan unsur

Jadi bisa disimpulkan bahwa Akhlak kepada Orang Tua adalah Menghormati dan menyayangi mereka berdua dengan sopan santun dan berbakti kepada keduanya dalam keadaan hidup dan dalam keadaan sudah meninggal dunia.

Rosulullah SAW menjelaskan dalam Haditsnya bahwa Kita harus menghormati kedua orang tua :

Kewajiban Berbakti kepada Orang Tua

Berbakti (Al Birr) adalah kata yang mencakup kebaikan dunia dan akhirat, berbakti kepada kedua orang tua adalah dengan berbaik kepada keduanya, memenuhi hak-hak keduanya, dan mentaati keduanya.

Hal ini menunjukan bahwa Akhlak Terpuji Kepada Kedua Orang Tua adalah suatu hal yang sangat penting yang dianjurkan oleh Rosulullah kepada Umatnya.

Adapun akhlak anak terhadap orang tua adalah sebagai berikut : Sayangilah, cintailah, hormatilah, patuhlah kepadanya rendahkan dirimu, sopanlah kepadanya.

Ketahuilah bahwa kita hidup bersama orang tua merupakan nikmat yang luar biasa, kalau orang tua kita meninggal alangkah sedihnya hati kita karena tidak ada yang dipandang lagi.

Allah SWT telah memerintahkan supaya Kita jangan menyembah selain Dia dan hendaklah Kita berbuat baik pada Ibu Bapakmu dengan sebaik-baiknya.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

BACA JUGA:   Sebutkan 3 bagian utama bargainser

Allah SWT Berfirman dalam Surat Al-Isra ayat 23:

فلا تقل لهما أف ولا تنهرهما وقل لهما قولا كريماً

“Maka janganlah Kamu mengatakan ah kepada orang tua dan janganlah membentaknya dan ucapkanlah kepada keduanya dengan perkataan yang baik”.

Berbakti kepada Orang Tua Menurut Pendekatan Rasional

Rosulullah SAW Bersabda :

Dari Abdullah Bin Mas’ud berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah: “Amalan apakah yang dicintai oleh Allah” Beliau menjawab: “Sholat pada waktunya. Aku bertanya lagi: “Kemudian apa” Beliau menjawab: “Berbakti kepada kedua orang tua”. Aku bertanya lagi: “Kemudian apa” Beliau menjawab: “Jihad dijalan Allah”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Karena  telah mengawasi keselamatan kita sejak hari pertama bulan pertama kehamilan dan sebelum kelahiran. Sentuhan lembutnya memanjakan kita, dan kita tidak pernah jauh dari doanya.

Allah memberikan ibu kita kepada kita sebagai berkat.
Sejak masa kanak-kanak, ibu kita telah mengurus langsung kebutuhan jasmani dan rohani kita. Kemudian, selain upaya ibu, ayah kami telah merawat kami, bekerja untuk memenuhi kebutuhan kami, membesarkan kami, mendidik kami, dan mengirim kami ke sekolah.

Jika dibandingkan antara berat tugas ibu dan ayah, mulai hamil sampai dewasa dan sebagai perasaan ibu dan ayah kepada anaknya, maka dengan perbandingan, tidak salah jika ibu yang menggendong anak sampai masa muhariq (masa dapat membedakan mana yang baik dan buruk), tetapi setelah mulai memasuki masa belajar, kewajiban ayah lebih terlihat, mendidik kita, dan tumbuh menjadi dewasa.

BACA JUGA:   Surat al kahfi halaman berapa dan juz berapa?

Bandingkan beberapa tugas yang dapat dilakukan seorang wanita untuk ayahnya, dibandingkan dengan banyak tugas yang tidak dapat dilakukan seorang ayah untuk anaknya.

Ibunya merasa terhormat dengan ini. Meskipun ibu harus datang sebelum ayah dalam hal mengangkat orang tua, ini tidak berarti bahwa ayah tidak boleh.

Pahala bagi orang yang berbakti kepada OrangTua

Allah telah menjanjikan orang-orang yang melakukan Akhlak Terpuji Kepada Kedua Orang Tua dengan kebaikan yang banyak di dunia dan akhirat dan dia akan mendapatkan pahala yang besar di akhirat, dan diantaranya adalah sebagai berikut :

Pahala di Dunia

  • Dipanjangkan umurnya
  • Diperbanyak rizkinya
  • Dikabulkan doanya
  • Anak dan cucunya akan berbakti kepadanya
  • Dicintai keluarganya dan tetangganya
  • Dijauhkan dari mati dalam keburukan
  • Dipuji oleh manusia dan mereka akan berterima kasih padanya
  • Allah akan meridhainya

Pahala di Akhirat

  • Berbakti adalah salah satu penyebab utama masuk surga
  • Dimasukan surga dengan orang-orang yang pertama kali dimasukkan surga
  • Penebus dosa