5 Alasan Kenapa Harus Belajar Bahasa Asing

5 Alasan Kenapa Harus Belajar Bahasa Asing

Selama era modern, dengan globalisasi pada puncaknya, mengetahui satu atau dua bahasa sekunder telah menjadi lebih dari sekadar prestasi kelas atas dan kecerdasan, tetapi juga persyaratan ketat dalam banyak kesempatan. Baik untuk alasan profesional, sosial atau pribadi, belajar setidaknya satu bahasa asing adalah suatu keharusan bagi siapa saja yang ingin mengangkat kepala mereka tinggi dalam masyarakat saat ini. Mari kita lihat 5 alasan utama yang harus mengarahkan Anda untuk belajar bahasa asing.

1. Persyaratan profesional

Ini mungkin alasan utama mengapa seseorang akan belajar bahasa asing. Banyak profesi membutuhkan pengetahuan setidaknya satu atau dua bahasa asing, tergantung pada bidang pekerjaannya. Sebagian besar pekerjaan mungkin meminta Anda untuk mengetahui bahasa internasional, seperti Inggris, Prancis, Spanyol, atau Jerman, atau bahasa khusus perusahaan, seperti Cina, Jepang, Rusia, dll. Jika Anda seorang penutur asli bahasa Inggris,

Anda mungkin akan sedikit lebih mudah, karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional utama (dan salah satu yang paling sering ada dalam deskripsi pekerjaan), tetapi mengetahui bahasa sekunder juga penting.

2. Bonus sosial

Ya, mengetahui bahasa asing (atau lebih) jelas merupakan keuntungan sosial. Pasti ada bukit terjal untuk didaki antara digambarkan sebagai seseorang yang tidak tahu bahasa asing sama sekali dan digambarkan sebagai poliglot. Kasus lain di mana mengetahui bahasa asing secara harfiah dapat menjadi berkah sosial adalah ketika Anda bertemu dengan orang asing yang bahasanya dapat Anda gunakan.

Mereka akan sangat terkesan dengan kemampuan Anda untuk berbicara dengan mereka melalui bahasa ibu mereka sendiri, meskipun Anda berada di rumah dan fakta ini dapat membuat kesan besar di sekitar Anda. Jika orang asing itu adalah bagian dari pertemuan bisnis, kesan ini dapat berubah menjadi kemitraan bisnis yang sukses, yang akan memberi Anda kepuasan profesional dan sosial.

3. Komunikasi keluarga

Hal ini sering terjadi ketika beberapa orang dari berbagai bangsa saling memahami melalui bahasa internasional yang biasa dikenal dengan bahasa Inggris. Namun, mereka akan segera ingin mulai mempelajari bahasa ibu orang lain, tidak hanya untuk komunikasi yang lebih baik, tetapi juga untuk menghormati mereka.

4. Kepuasan pribadi

Mempelajari bahasa asing adalah salah satu tujuan intelektual tertinggi yang bisa dimiliki seseorang, pada tingkat pribadi. Pikirkan teka-teki atau masalah matematika yang sulit yang membutuhkan berbulan-bulan, jika bukan bertahun-tahun, studi terus-menerus untuk dipecahkan. Proses penyelesaiannya bisa jadi sulit dan sulit, tetapi kegembiraan pada akhirnya sangat berharga.

Ini adalah kasus yang sama dengan belajar bahasa asing: proses belajar tidak mudah dan Anda akan memiliki banyak masalah dan masalah kecil untuk diatasi di sepanjang jalan. Anda harus fokus pada berbagai aspek masalah, seperti ejaan, tata bahasa, membaca, pengucapan, dan sebagainya. Namun, jika Anda menyimpan masalah dalam pandangan dan tidak kehilangan minat di dalamnya, kemungkinan pemecahannya sangat tinggi, dan kepuasan intelektual yang Anda dapatkan pada akhirnya tidak tertandingi oleh hal lain.

5. Menjaga kesehatan pikiran 

Telah terbukti secara ilmiah bahwa ketika mempelajari bahasa baru, prosesnya merangsang otak Anda sedemikian rupa sehingga akan membuat Anda lebih tertarik untuk memahami dan mempelajari mata pelajaran lain, termasuk disiplin ilmu “nyata” seperti matematika, fisika, kimia, dan sebagainya.

Mempelajari bahasa baru membutuhkan menghafal dan memahami beberapa ribu kata dan konsep baru, memberikan otak Anda latihan yang baik untuk masa depan ketika menghafal adalah suatu keharusan. Setelah belajar bahasa asing, Anda akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik untuk ujian, dengan asimilasi informasi dan, secara umum, dengan pikiran yang sehat dan “aktif” bahkan di usia yang lebih tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *