10 Cara Agar Belajar Di Rumah Menyenangkan

10 Cara Agar Belajar Di Rumah Menyenangkan

Mendukung belajar di rumah membutuhkan banyak imajinasi. Ini, dikombinasikan dengan teleworking dan semua tugas rumah tangga, mungkin tampak seperti perjuangan berat, tetapi dapat dibuat sederhana dengan menggunakan beberapa taktik yang direkomendasikan oleh para ahli.

Banyak ahli berpikir bahwa bermain dan bersenang-senang itu penting untuk perkembangan anak, dan menerapkan taktik bermain untuk pendidikan membantu mereka terhubung lebih baik dengan apa yang mereka pelajari. Kuncinya adalah motivasi: agar anak belajar apa saja, mereka harus terpacu, tertarik, dan ingin tahu.

Berikut adalah sepuluh cara terbaik untuk membuat homeschooling lebih menyenangkan:

1. Regimen yang sesuai dengan usia

Saran pertama yang disetujui oleh para ahli adalah tetap berpegang pada rejimen harian. Bangun, makan sarapan, menghilangkan jammies, dan duduk untuk bekerja pada waktu yang sama. Learning Heroes merekomendasikan Khan Academy Kids, sebuah aplikasi yang menghadirkan model rutinitas rumah untuk anak-anak dari berbagai usia.

2. Game dan humor

The Parent Education Center merekomendasikan untuk memberikan contoh-contoh lucu untuk masalah matematika, mengarang permainan kata, menceritakan kisah-kisah yang menghibur, bertindak sebagai guru dan menjelaskan apa yang telah mereka pelajari di kelas, dan menciptakan kembali bacaan dengan suara yang berbeda (atau bahkan permainan keluarga kecil). ). Semua teknik ini cukup baik dalam membuat belajar lebih menyenangkan.

3. Interval istirahat

Sama pentingnya untuk memikirkan periode ketika anak tidak belajar seperti halnya memikirkan rutinitas. Jika Anda memiliki teras atau taman, sekarang adalah waktu yang ideal untuk melangkah keluar dan menikmati matahari dan udara segar. Jika tidak, mereka dapat melakukan beberapa bentuk aktivitas fisik di rumah, seperti lompat tali, melakukan yoga, atau berlari.

4. Penghargaan dan insentif

Ada berbagai cara untuk mendistribusikan hadiah, tetapi salah satu yang paling mudah adalah menggunakan grafik insentif. Anda dapat, misalnya, menyebutkan nama bidang yang akan diteliti (matematika, bahasa, sains, dll.). Sebuah tanda dibuat di atas meja ketika tugas selesai (yang bisa berupa cek, bintang, stiker, hati atau stempel yang mereka suka). Poin-poin itu menumpuk, dan pada akhir minggu, anak muda itu dapat menerima hadiah untuk semuanya. Disarankan agar hadiah ini berupa pengalaman yang menyenangkan, seperti menonton film keluarga, membuat masakan favorit, atau bermain game setengah jam dengan ibu atau ayah.

5. Sumber daya berbasis web

Ada berbagai instrumen yang dirancang oleh instruktur dan psikolog pendidikan untuk membantu pembelajaran di rumah, dengan mempertimbangkan dinamika bermain pada anak-anak. Anda akan menemukan beberapa yang cukup menarik untuk segala usia di bagian Learning Heroes ini.

6. Video dengan konten pendidikan

Beberapa acara instruksional, seperti Sesame Street, Storybots, dan Wild Kratts, memungkinkan anak-anak mengembangkan minat dalam berbagai mata pelajaran saat mereka bersantai dengan menonton televisi.

7. Ada juga podcast yang perlu dipertimbangkan.

Wow in the World adalah buku yang direkomendasikan para ahli Khan Academy. Stories Podcast atau Circle Round untuk cerita yang bagus dan Noodle Loaf untuk musik jika anak Anda tertarik dengan sains.

8. Jadikan membaca dan minat Anda menjadi satu.

Pertimbangkan apa yang disukai anak Anda saat Anda membaca. Memasukkan hobi anak-anak dalam membaca membantu mereka tetap termotivasi dan memperhatikan; grup GreatSchools menjelaskan cara melakukannya dalam video ini.

9. Menulis bisa menyenangkan.

Salah satu teknik untuk berlatih menulis adalah memasukkannya ke dalam permainan yang paling disukai anak-anak. Bermain restoran dan menerima pesanan di buku catatan, polisi yang mengeluarkan denda, atau bajak laut yang membuat peta harta karun adalah semua kemungkinan untuk ditulis.

10. Teknik Instruksi Virtual

Fakta bahwa ruang kelas online memiliki ruang khusus untuk mengajar taktik menggarisbawahi, sekali lagi, bahwa proses pengajaran sangat penting untuk keberhasilan siswa dan pembelajaran yang benar.

Akibatnya, penting untuk menekankan bagaimana Anda akan bekerja dengan anak-anak, menyoroti bagaimana menarik minat mereka, menarik perhatian mereka, membuat mereka menerapkan apa yang telah mereka pelajari ke bidang dan situasi yang berbeda, dan terakhir, bagaimana hal itu akan terjadi. dihormati. tempo kerja

Guru, siswa, konten, dan situasi belajar semuanya terlibat dalam tindakan didaktik dalam lingkungan belajar virtual.

Untuk membuat rencana didaktik, Anda harus profesional, beroperasi secara pragmatis, dan spesifik. Tujuh aspek berikut harus disertakan dalam strategi pengajaran Anda:

  1. Keterlibatan
    Prinsip ini mendorong orang untuk menjadi lebih terlibat dan pembangun aktif dari pengetahuan mereka sendiri. Tujuannya adalah untuk membuat pengguna tetap terlibat dalam aktivitas, sehingga desain harus mendorong arus informasi, pengalaman, dan pengetahuan yang bebas.
  2.  Penggunaan beberapa media
    Berbagai sumber daya, seperti teks, foto, animasi, video, suara, dan situs web, harus dimasukkan ke dalam materi dan aktivitas.
  3.  Tahan lama dan dapat ditingkatkan
    Prinsip ini menetapkan pembaruan konten dan kegiatan yang berkelanjutan, yang mengharuskan semua materi yang dibuat bersifat terkini.
  4.  Komunikasi sinkron dan asinkron
    Ini memungkinkan peserta untuk menyelesaikan tugas dan aktivitas pada waktu yang sama dan di lokasi mana pun (sinkron) atau dengan kecepatan mereka sendiri (asinkron), tergantung pada preferensi dan kemampuan mereka.
  5.  Bahan dan kegiatan mudah diakses dan ditangani.
    Aktivitas dan sumber daya selalu tersedia di seluruh jaringan dalam konteks ini, dan peserta dapat mengunduhnya ke komputer mereka dan berkonsultasi dengan mereka kapan pun mereka mau.
  6.  Tetap berhubungan
    Hal ini memungkinkan peserta untuk mengatur jadwal pengiriman sehingga mereka dapat mengatur tugas mereka, menghasilkan prosedur pendampingan yang lebih baik dan penyelesaian yang efektif dari kegiatan yang disarankan.

Komunikasi horizontal adalah nomor tujuh.
Bangun lapangan bermain yang setara dengan siswa Anda sehingga pembelajaran dan pencapaian tujuan menjadi upaya kolaboratif.

Berikut ini adalah beberapa saran untuk membuat bahan ajar:

  • Tentukan apa yang Anda ingin siswa pelajari.
  • Berikan penjelasan yang jelas dan mendasar.
  • Dorong keintiman dengan menggunakan bahasa dan topik yang akrab dengan siswa.
  • Penampilan: penampilan yang sesuai untuk audiens yang dituju.
  • Kejelasan: siswa memahami sumber daya dan bagaimana menggunakannya.

Ingat bahwa sumber daya pendidikan adalah konten apa pun yang digunakan dalam pengembangan kegiatan pelatihan atau untuk tujuan pendidikan. Bahkan jika mereka tidak dirancang dengan pemikiran ini, mereka dapat digunakan dalam pengaturan pendidikan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *