20

Kreasi Bumbu Sate yang Bisa Kamu Coba!

Sate merupakan olahan makanan khas yang ada di Indonesia.  Jika berkunjung ke Indonesia tentunya tidak sulit untuk menemukan jenis makanan ini. Sate juga terdiri dari berbagai macam olahan yang berbeda dari berbagai daerah. Bumbu dari sate pun juga punya beberapa pilihan. Kreasi bumbu sate membuat penggemarnya semakin berselera untuk mencobanya.

Kekayaan yang ada di Indonesia tentu juga telah di akui dunia. Ragam budaya yang ada tidak hanya menciptakan ragam suku dan bahasa. Tetapi juga menghasilkan berbagai olahan yang memiliki cita rasa berbeda dengan bahan baku yang sama.

Ragam Olahan Sate yang ada di Indonesia

Sate biasa dibuat dari bahan baku berupa daging. Baik dari daging sapi, kambing, ayam dan juga kelinci. Setiap daerah tentu memiliki bumbu khas yang menjadi keauntentikan tempat tersebut. Berikut ragam olahan sate yang ada di Indonesia:

  • Kreasi Sate Madura
  • Kreasi Sate Padang
  • Kreasi Sate Jawa
  • Kreasi Sate Klatak
  • Kreasi Sate Maranggi
  • Kreasi Sate Tegal

Jika ada jenis olahan sate yang berbeda dari setiap daerah. Pastinya juga memiliki kreasi bumbu sate yang berbeda pula dari tempat tersebut. Biasanya bumbu sate yang ada identik dengan bahan dasar kacang tanah. Namun kini ada kreasi bumbu sate lain yang bisa kamu coba. Bumbu sate ini tentunya tidak kalah enak dengan bumbu sate pada umumnya.

Kreasi Bumbu Sate Enak

Ragam bumbu sate ini bisa kamu coba untuk mengolah sate favorit dengan bahan dasar daging sapi, daging kambing, daging kelinci dan juga daging ayam. Bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit ditemukan. Berikut kreasi bumbu sate dengan rasa enak. Favoritmu yang mana?

  • Kreasi Bumbu Maranggi

Pernah dengar bumbu sate khas Maranggi? Ya, bumbu ini memiliki banyak penggemar. Diolah dengan bahan rempah asli Indonesia, membuat rasa dari sate ini khas dan juga enak. Bahan yang kamu butuhkan juga banyak ditemukan di pasaran seperti ketumbar, gula merah, bawang putih, kecap manis, bawang merah dan sedikit air asam jawa. Saat mengolahnya kamu dapat diamkan sate dengan bumbu selama 2 jam atau yang disebut dengan proses marinasi. Supaya rasa yang dihasilkan juga lebih meresap.

  • Kreasi Bumbu Sate Kecap

Kreasi bumbu ini termasuk dalam racikan bumbu paling sederhana tetapi tidak kalah enaknya. Kamu hanya perlu mencampurkan kecap dengan irisan bawang merah, irisan cabe rawit hijau, irisan tomat dan sedikit perasan jeruk limau.

  • Kreasi Bumbu Ketumbar

Untuk mengolah daging dengan bumbu ketumbar ini kamu perlu siapkan ketumbar sangria, bawang merah dan putih, jintan, sedikit jahe, kecap manis, madu, dan sedikit air asam jawa. Kemudian bumbu dihaluskan dan ditumis besama daun jeruk. Setalah itu, daging yang akan disate di marinasi kedalam bumbu tadi. Supaya hasil bumbu yang di dapat lebih mantap.

  • Kreasi Bumbu Padang

Masakan padang  terkenal dengan aneka rempahnya. Tidak terkecuali dengan bumbu satenya. Jika kamu ingin memasak dengan bumbu padang ini bahan yang perlu dipersiapkan seperti ketumbar, bawang merah dan putih, jintan, adas, kunyit, lengkuas, serai, dan jahe. Sate padang ini mirip dengan bumbu karipap yaitu kari. Iti dia 4 pilihan kreasi bumbu sate yang wajib kamu coba. Kreasi bumbu sate di atas dapat kamu aplikasikan pada berbagai jenis daging seperti sapi, kambing, kelinci, ayam atau bahkan jeroan hingga tahu, jamur, dan tempe gembos. Semua tergantung selera kamu, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *