Cara Membuat Daging Empuk dengan Nanas

Menu olahan dengan bahan dasar daging banyak sekali kita jumpai. Daging merupakan salah satu sumber protein dan lemak. Yang mana juga dibutuhkan tubuh pada porsi tertentu. Banyak kuliner Indonesia yang menggunakan bahan dasar daging segar. Cara membuat daging empuk banyak pilihannya.

Dalam pengolahannya,jika daging tidak dimasak dengan benar bisa menjadi alot. Tingkat keempukan daging tidak memiliki standar dan beragam. Tergantung bagian daging mana saja yang diolah. Karena banyaknya bagian dagian yang juga mempengaruhi tingkat kematangan sempurna daging saat diolah.

Terkadang kelezatan rempah pada kuliner Indonesia berbahan dasar cara membuat daging empuk ini jadi terganggu. Sebab saat kamu menggigit daging tersebut sangat alot alias tidak empuk. Namun, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang dapat melunakkan daging. Salah satunya yaitu nanas.

Bagi kamu pecinta daging, sekarang tidak perlu bingung lagi. Sebab ada cara mudah yang bisa kamu coba untuk mengolah daging agar empuk sebelum di masak. Pada umumnya daging sapi inilah yang banyak dijadikan bahan konsumsi dan berbagai olahan. Baik dalam bentuk masakan hingga makanan praktis siap masak. Seperti baso, kornet dan lain sebagainya.

Cara Membuat Daging Empuk dengan Nanas

Jika kamu ingin mengolah daging yang tidak memakan waktu lama dan hemat biaya gas. Maka menggunakan nanas menjadi salah satu alternatif yang baik. Nanas banyak ditemukan dipasaran. Sehingga itu juga dapat memudahkan kamu dalam menyiapkan bahannya. Berikut cara membuat daging empuk dengan nanas:

Bahan dan Alat  Mengolah Daging Empuk dengan Nanas

  • Siapkan daging sapi segar sebanyak 1 kg
  • 250 gram nanas
  • Blender atau Parut
  • Plastik wrapping

Cara mengolah Daging Empuk dengan Nanas

  1. Siapkan daging sapi segar sebanyak 1 kg. Bersihkan daging terlebih dahulu dari kotoran yang menempel. Baiknya bersihkan daging juga dari lemak dan otot yang menempel. Karena ini yang bisa membuat daging terasa alot saat digigit.
  2. Daging tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Saat daging sudah siap, simpan dalam sebuah wadah.
  3. Selanjutnya siapkan nanas yang sudah diparut atau di blender sebanyak 250 gram. Bagian nanas yang digunakan sebaiknya hanya buah dan bonggol daging saja.
  4. Kemudian tuangkan nanas ke atas daging hingga tertutup pada permukaan daging.
  5. Diamkan selama 45 menit.
  6. Tutup daging dengan plastik wripping agar tetap terjaga kebersihannya
  7. Setelah di diamkan selama 30 menit. Cuci bersih daging di air yang mengalir.
  8. Jika sudah selesai dicuci, daging siap diolah. Potong daging sesuai kebutuhan. Cara membuat daging empuk dilunakkan dengan nanas memiliki tekstur yang lebih berair.
  9. Daging siap di masak sesuai dengan selera kamu. Misalkan di stik, gril, sate dan lain sebagainya.

Mengapa nanas bisa mengempukkan daging?

Daging terbentuk dari ikatan-ikatan jaringan otot dan ikat yang mengandung banyak protein. Sehingga untuk melunakkannya harus memecah atau memotong protein-protein tersebut. Nanas mengandung enzim protease yang disebut bromelain. Enzim bromelain pada nanas ini yang dapat memecah protein-protein pada daging sehingga daging bisa menjadi lunak.

Bagian nanas yang mengandung bromelain ada pada buah, kulit, bonggol buah dan daun. Namun untuk tetap menjaga cita rasa dari daging, maka sebaiknya yang digunakan hanya bagian buah dan bonggol buah saja. Supaya saat kamu memasak daging tersebut tidak ada perubahan rasa daging.

Cara lain membuat daging empuk

Adapun cara lain yang bisa kamu coba untuk mengempukkan daging yaitu dengan cara memotong daging dengan berlawanan arah serat. Sebagian orang juga ada yang menggunakan cara memukul daging yang telah diiris dengan palu kayu atau logam. Daging yang akan dimasak untuk rawon bisa dimasak dengan api kecil dengan waktu yang lama hingga empuk. Semakin tinggi lemak pada daging, maka akan membuat daging sulit lunak.  Nah itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat daging empuk dengan nanas. Pemilihan bagian daging juga bisa mempengaruhi keempukan daging. Karena biasanya daging untuk rawon, rendang, stik, grill membutuhkan bagian daging yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.