25

Belajar di Lokasi Outdoor di Masa Pandemi

Masa pandemi memberikan dampak yang besar bagi aktivitas sehari-hari. Tidak terkecuali pada sektor pendidikan. Dampak yang diberikan ini bisa mempengaruhi prose belajar-mengajar. Namun beberapa instansi pendidikan tetap bisa merapkan sitem belajar di lokasi outdoor.

Terkadang belajar di luar kelas juga dibutuhkan. Banyak dampak baik yang berguna bagi para pelajar. Karena rutinitas belajar bisa juga membuat siswa menjadi cepat bosan. Pilihan belajar di lokasi outdoor bisa menjadi cara yang efesien.

Meski di bebarapa sekolah tidak menerapkan sistem belajar ini. Ada baiknya jika hal ini menjadi bahan pertimbangan. Selain belajar di luar kelas bisa menyenangkan, tetapi juga bisa meningkatkan proses berpikir para pelajar.

Dalam proses belajar-mengajar juga diperlukan kreativitas. Keluesan penyampaian materi juga bisa berpengaruh kepada penerimaan materi yang disampaikan pada siswa. Setiap pendidik tentu menginginkan keberhasilan dalam menyampaikan materi. Agar ilmu yang mereka sampaikan benar-benar bisa diterima dengan baik oleh siswa dan bermanfaat untuk kedepannya.

Manfaat  Belajar di Lokasi Outdoor

Setiap individu tentu memiliki rasa jenuh terhadap aktivitasnya. Tidak terkecuali pada pelajar. Proses belajar yang sudah menjadi rutinitas bagi pelajar ini, tidak sedikit meninggalkan rasa jenuh bagi sebagian besar siswa. Untuk itu diperlukan sedikit perbedaan pada proses belajar-mengajar, salah satunya yaitu di lokasi outdoor. Adapun manfaat yang di dapat jika belajar sebagai berikut:

  • Menghilakan rasa jenuh atau bosan pada siswa
  • Menumbuhkan kreativitas siswa di ruang belajar yang berbeda
  • Meningkatkan rasa tanggung jawab pada siswa
  • Menjadi lebih menyenangkan sebab penyampaian materi bisa bersamaan dibarengi dengan praktik langsung
  • Menciptakan inisiatif pada setiap individu
  • Lebih mengenal karakter setiap individu atau pelajar
  • Memberikan dampak ingatan yang lebih bermakna kepaada pelajar
  • Pelajaran yang diberikan lebih melekat ada setiap pelajar

Tips Belajar di Lokasi Outdoor di Masa Pandemi

Wabah yang melanda bumi belakangan ini memang memberikan dampak besar bagi dunia pendidikan. Baik guru maupun siswa dan orang tua turut serta dalam perubahan aktivitas belajar mengajar, supaya tetap bisa berjalan dengan baik. Sebagian sekolah ada yang sudah bisa mengadakan proses belajar mengajar tatap muka. Namun, bagi yang belum bisa memulai, ada baiknya memperhatikan tips belajar di lokasi outdoor di masa pandemi, berikut:

  • Pilihlah lokasi belajar di ruang terbuka
  • Patuhi setiap intruksi yang diberikan oleh para pengajar
  • Tetap taati protokol kesehatan seperti jaga jarak, cuci tangan dan memakai masker
  • Atur waktu proses belajar yang tidak lama namun tetap memberikan dampak yang efektif dan efesien
  • Terapkan proses belajar yang terbatas setiap minggunnya. Misalkan sebanyak 3 kali dalam seminggu.
  • Beri tugas yang efektif guna membangun karakter anak seperti tanggung jawab, kerja sama  dan fokus

Aktivitas yang Bisa dilakukan Saat di Lokasi Outdoor

Ada beberapa aktivitas Belajar di Lokasi Outdoor yang bisa dijalankan saat melangsungkan proses belajar-mengajar di luar kelas. Aktivitas ini bisa menjadi bahan pertimbangan kedepannya untuk melangsungkan pembelajaran. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Proses mengamati. Tugas mengamati ini berkaitan dengan tugas praktik atau lapangan di mana pengajar memebri tugas ke siswa untuk mengamati suatu objek tertentu
  • Membuat laporan. Laporan yang dibuat berdasarkan hasil pengamatan setiap siswa. Cara ini bisa juga dilakukan pertim atau perkelompok
  • Proses presentasi. Setelah melakukan pengamatan dan pembuatan laporan. Maka yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu presentasi. Di sini para pelajar diajak untuk belajar public speaking. Hal ini dapat membentuk rasa percaya diri siswa agar lebih meningkat.

Itulah beberapa tips asyik belajar di lokasi outdoor. Meski menyenangkan, belajar di luar kelas juga memiliki tantangannya sendiri yaitu menjaga kedisiplinan dan fokus kepada pengajar. Hal ini harus menjadi perhatian sebelum berlangsungnya proses belajae-mengajar di luar kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *