Peran Vaksinasi dalam Pendidikan Sangatlah Penting

Pendidikan memiliki peran penting bagi kecerdasan anak bangsa. Oleh sebab itu banyak hal yang harus diperhatikan guna memaksimalkan dalam proses belajar-mengajar. Untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas dan sehat tidak hanya diperoleh dari bimbingan dan pengajaran yang baik. Peran Vaksinasi dalam Pendidikan sangatlah penting.

Salah satu penunjang penjaga kesehatan yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan vaksinasi. Lalu apa sih peran penting vaksinasi dalam pendidikan? Ya, tujuan vaksinasi adalah untuk membantu kekebalan tubuh seseorang agar lebih kebal terhadap penyakit atau proses pemulihan penyakit.

Vaksin merupakan produk biologi yang di dalamnya terdapat virus, bakteri atau kombinasinya keduanya. Virus dan bakteri dalam vaksinasi ini sudah dilemahkan sebelum disuntikkan ke dalam tubuh. Vaksinasi sendiri memiliki manfaat dengan tujuan yang baik bagi tubuh.

BACA JUGA:   22 Bahan Kimia Kosmetik Yang Berbahaya Dalam Produk Perawatan

Pada masa pandemi sekarang ini, pemerintah mengupayakan berbagai cara agar bisa menekan pertumbuhan virus covid-19. Salah satunya yaitu dengan pemberian vaksin. Pemberian vaksin ini bertujuan agar bila tubuh yang sudah divaksin terdampak virus covid. Maka daya tahan tubuh pada orang yang terpapar wabah bisa lebih kuat dan diharapkan tidak terjadi pemberatan gejala.

Peran Vaksinasi dalam Pendidikan di Masa Pandemi

Wabah covid-19 yang mulai tersebar di Indonesia sejak bulan Maret 2020 ini sempat membuat pendidikan “lumpuh”. Pasalnya kegiatan belajar-mengajar bagi seluruh siswa berpindah. Dari yang awalnya tatap muka, kini melalui daring atau online.

BACA JUGA:   Sikat Gigi Sebelum Apa Sesudah Makan?

Banyak orang tua dan siswa yang keteteran menghadapi kondisi baru ini. Ya, dampak covid ini tentu juga berimbas pada perekonomian. Sulitnya mengais rezeki juga tentu berefek pada kondisi siswa, di mana orang tua (tidak sedikit) mereka tidak mampu jika harus menyediakan fasilitas tab misal dan kuota untuk belajar online.

Namun, tak berlangsung lama keluhan tersebut mendapat perhatian pemerintah. Pelajar pun mendapat bantuan kuota untuk berlangsungnya proses belajar-mengajar setiap bulannya. Peran Vaksinasi dalam Pendidikan yang diberikan pada prioritas sektor pendidikan ini, dimaksudkan supaya proses belajar-mengajar bisa segera kembali pulih.

Banyaknya kesulitan yang di lewati jika belajar-mengajar melalui daring. Selain itu para pelajar pun merasa kurang maksimal dan efektif dalam menerima pelajaran.  Oleh sebab itu, pemberian vaksinasi pada masa pandemi ini ke para guru dan siswa adalah bentuk upaya baik kedepannya.

BACA JUGA:   Penting! 12 Manfaat Kurma Yang Sudah Terbukti Untuk Kesehatan

Cara Kerja Vaksinasi dalam Tubuh

  • Vaksin berisi kuman atau virus yang sudah dilemahkan atau bahkan mati. Ketika seseorang sudah di vaksinasi. Sistem imun dalam tubuh akan mengenali virus dan bakteri yang masuk.
  • Kemudian vaksinasi membentuk antibody dari protein yang dihasilkan secara alami oleh sistem imun kita.
  • Setelah itu sistem imun ini nantinya yang akan melawan penyakit atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh.
  • Vaksin akan mengingat penyakit yang masuk dan memproduksi antibody spesifik untuk mengatasi penyakit ini di masa depan.
  • Jika tubuh terpapar penyakit ini, sistem imun akan dengan cepat mengenali dan melawan hingga mematikannya sebelum kamu jatuh sakit.
  • Karena vaksin mengandung kuman atau virus atau bakteri yang telah dilemahkan atau mati. Sehingga virus ini tidak akan memberikan resiko komplikasi atau menyebabkan sakit pada tubuhmu.
  • Sistem imun tubuh kamu itu dirancang untuk mengingat. Ketika setelah diberi Peran Vaksinasi dalam Pendidikan, biasanya tubuh akan lebih terlindungi dari berbagai penyakit tertentu selama bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup.
BACA JUGA:   Gejala Tipes yg Perlu Diwaspadai, Segera Atasi

Daftar Penyakit Tidak Boleh Menerima Vaksinasi Covid

Perlu kamu tahu berikut beberapa daftar penyakit yang membuat seseorang tidak boleh di vaksinasi covid:

  • Orang yang bergejala ISPA
  • Orang dengan autoimun sistemik
  • Memiliki alergi berat
  • Gangguan ginjal
  • Penyakit jantung
  • Penyintas reumatik autoimun
  • Gangguan saluran pencernaan kronis
  • Hipertiroid dan hipotiroid
  • HIV dengan CD4 <200
  • Memiliki penyakit paru (pemberian vaksin ditunda hingga pasien sembuh)
  • Diabetes Melitus
  • Kanker, defisiensi imun, penerima produk darah dan kelainan darah

Demikian penjelasa mengenai peran penting vaksinasi dalam pendidikan. Tentunya ada baiknya bagi kamu yang memiliki keluhan penyakit seperti yang disebutkan di atas. Sebelum vaksin konsultasikan terlebih dahulu ke dokter yang menanganimu.

BACA JUGA:   Berikut Makanan yang Dihindari oleh Penderita Kolesterol