Lomba Agustusan di Masa Pandemi yang Asyik

Perayaan 17 agustus sebentar lagi. Di hari kemerdekaan Indonseia tersebut biasanya dirayakan dengan sangat meriah. Berjejer lomba tradisional yang bisa kamu ikuti. Selain untuk meriahkan HUT Republik Indonesia. Lomba Agustusan bisa jadi ajang mempererat solidaritas ragam umat.

Namun, dampak dari wabah yang sedang terjadi saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap aktivitas kita. Jaga jarak dan menghindari keramaian pun menjadi alternative pendukung guna menghindari persebaran wabah yang semakin menjadi.

Meski begitu, kita tetap bisa memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dengan antusias dan meriah. Berikut pilihan lomba agustusan di masa pandemi yang bisa tetap kamu adakan.

Beberapa Pilihan Lomba Agustusan di Masa Pandemi

Kamu tetap bisa mengadakan lomba sebagai bentuk partispasi perayaan kemerdekaan Indonesia meski di saat pandemi. Kemajuan teknologi saat ini menjadi pendukung kemudahan aktivitas yang dapat dilakukan dari rumah. Berikut beberapa pilihan lomba agustusan di masa pandemi yang bisa kamu adakan dan ikuti:

  • Lomba Desain Poster

Lomba ini dapat diadakan dengan tetap mengususung tema kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap peserta bebas berkreasi dengan mengikuti tema umum agustusan. Lomba desain poster ini bisa dilakukan di mana saja. Kamu hanya perlu media internet untuk dapat terhubung.

  • Lomba Infografik

Lomba Agustusan Infografik kemerdekaan Indonesia ini juga bisa menjadi pilihan. Tema yang diangkat juga bisa luas seperti dengan memperkenalkan tokoh-tokoh pejuang Indonesia atau makna kemerdekaan Indonesia bagi generasi penerus bangsa. Selain dapat melatih kreativitas, tentunya lomba ini juga bisa menumbuhkan kesadaran pemuda dan pemudi untuk terus mengingat sejarah Indonesia.

  • Lomba Baca Puisi

Lomb abaca puisi tidak hanya dapat dilakukan di atas panggung. Lomba ini bisa dilakukan di mana saja. Peserta dapat mengirimkan video rekaman bacaan puisi ke alamat yang sudah ditentukan. Kemudian untuk nominasi 10 besar, dapat dilakukan melalui media online seperti zoom meeting atau google meet.

  • Lomba Menulis Puisi

Lomba agustusan selanjutnya yaitu menulis puisi. Tanpa menghilangkan nuansa dan tema kemerdekaan Indonesia. Kamu bisa mengadakan lomba menulis puisi dengan peseta seluruh warga Indonesia. Selain itu lomba juga dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti pelajar SD, SMP, SMA/SMK, Umum.

  • Lomba Menulis Cerpen

Untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ini kamu bisa mengadakan lomba menulis cerpen. Di mana dapat diikuti peserta di seluruh Indonesia. Pilihan lomba satu ini punya banyak peminat. Mulai dari kalangan muda hingga dewasa. Jadi, lomba menulis cerpen dengan tema kemerdekaan Indonesia bisa menjadi pilihan lomba di masa pandemi ini.

  • Lomba Videografer

Di masa pandemi, lomba videographer juga bisa jadi pilihan untuk memeriahkan agustusan. Lomba ini termasuk dalam lomba yang bisa dikuti di mana saja dan oleh siapa saja. Penilaian nantinya bisa melalui media pendukung seperti youtube.

  • Lomba Pidato

Lomba pidato yang merupakan lomba yang biasanya diadakan di atas panggung ini, dapat dialihkan melalui media daring. Karena hasil karya dapat direkam lalu dikirim ke alamat penyelenggara lomba.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Agustusan

Mengadakan lomba melalui media daring tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum mengadakan lomba:

  • Perketat ketentuan atau persyaratan lomba seperti ketahuan plagiasi akan di diskualifikasi.
  • Memilih juri yang suportif terhadap jalannya perlomban
  • Keterbukaan Penyeleksian
  • Kejelasan informasi lomba

Meski saat pandemi, pilihan lomba agustusan di atas bisa jadi rujukan untuk tetap memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Tetap hidupkan semangat pemuda dan pemudi Indonesia. Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.