Fitur-fitur WhatsApp Yang Banyak Orang Tidak Tahu

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan terpopuler di dunia yang mayoritas digunakan oleh orang-orang dari segala umur, mulai dari mengirim teks sampai konten media dan dokumentasi.

Potensi WhatsApp juga meningkat bersamaan dengan banyak fitur yang terus diupdate dan diarahkan dengan rajin oleh developernya. Di antara banyak fitur yang ada, beberapa di antaranya relatif jarang tetapi bisa bermanfaat bagi para pengguna.

Yuk simak, Fitur-fitur WhatsApp Yang Banyak Orang Tidak Tahu

1. Mengirim foto tanpa mengurangi kualitas

Kerapkali kita mengunggah gambar ke WhatsApp cenderung menurunkan kualitas. WhatsApp akan dikompres secara otomatis agar bisa dikirim. Hasilnya, gambar akan keliahatan “pecah” waktu dibuka karena resolusinya yang rendah.

BACA JUGA:   Fitur "Read Later" WhatsApp, Apa Sih Fungsinya?

Supaya menjaga kualitas agar tidak menurunkan kualitas dan tetap sama dengan aslinya, saya melampirkan foto sebagai dokumen dalam obrolan.

  • klik ikon lampiran (foto penjepit kertas) di sisi bawah.
  • Kemudian pilih Dokumen
  • Temukan Dokumen Lain (di sisi atas)
  • pilih album foto yang diinginkan
  • pilih Gambar
  • Kirim.

2. Sembunyikan pesan dengan arsip

Merasa terlalu banyak ruang obrolan di WhatsApp? Fitur Arsip dapat membantu Anda. Apalagi kalau Anda masih ragu untuk menghapus pesan chat tersebut sepenuhnya.

Dengan fitur Arsip ini, hanya ruang obrolan yang akan disembunyikan dan nantinya muncul lagi saat pesan baru datang dari kontak diarsipkan. Jika Anda hanya ingin mengarsipkan beberapa percakapan, pilih ruang obrolan yang diinginkan, ketuk dan tahan, lalu pilih ikon arsip yang diwakili oleh kotak dan panah bawah.

BACA JUGA:   Yuk kenali Fitur Terbaru WhatsApp Business!

Jadi ikon Bold and Italic Archive ada di bagian atas, tepat di tengah ikon silent (mute) dan menu (tiga titik vertikal).

Jika Anda ingin mengarsipkan semua obrolan :

  • buka Pengaturan
  • Obrolan
  • Riwayat obrolan
  • Arsipkan semua obrolan
  • Oke
  • Pesan yang diarsipkan masih dapat dicari dan ruang obrolan akan muncul kembali ketika pesan baru diterima.

3. Mencari file dengan cepat

Di tahun 2020, WhatsApp merilis fitur yang memudahkan pengguna dalam mencari file, baik itu gambar, video, GIF, maupun dokumen. Untuk mencari file dengan shortcut, klik ikon pencarian yang diwakili oleh ikon kaca pembesar, lalu pilih jenis file yang Anda cari, apakah gambar, GIF, video, audio, dokumen, atau link.

BACA JUGA:   5 Cara Mudah Mengembalikan Chat WhatsApp yang Dihapus

Kemudian tambahkan kata lain yang terkait dengan pencarian.

4- Ekspor chat ke perangkat lain

Sebelum mentransfer WhatsApp ke perangkat lain, pengguna biasanya membuat cadangan ponsel mereka. Namun, tidak jarang beberapa pesan ditempatkan dan tidak dicadangkan.

Salah satu opsi yang bisa digunakan adalah menggunakan fitur ekspor obrolan. Fitur ini akan mengirimkan seluruh riwayat obrolan di ruang obrolan, termasuk teks, suara, gambar, dan pesan video. Dengan demikian, pesan dari kontak yang dianggap penting akan terus disimpan, jika tidak dicadangkan.

Pengguna dapat memilih untuk mengekspor pesan teks saja, atau menyertakan pesan media (gambar, video dan audio) juga.

Jika Anda berpartisipasi dalam mengekspor pesan multimedia, file sumber akan berukuran lebih besar. Obrolan dapat diekspor dengan membuka percakapan yang ingin Anda ekspor. Kemudian ketuk ikon menu> Lainnya> Ekspor obrolan.

BACA JUGA:   Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan WhatsApp

Pesan dapat diekspor ke email, penyimpanan cloud, atau aplikasi perpesanan lainnya.

5. Cegah salah masuk kamar

Sering kali, kita membuka aplikasi WhatsApp yang penuh dengan ruang obrolan dapat memasuki ruang obrolan yang salah. Hati bermaksud untuk mengirim pesan penting ke kelompok kerja atau kerabat, tetapi yang terjadi adalah menulis pesan ke kontak atau kelompok lain.

Untuk mengurangi kemungkinan salah entri ini, pengguna bisa membuat pintasan chat yang bisa ditempel di home screen ponsel. Oleh karena itu, pengguna akan langsung masuk ke chat room kontak tanpa terganggu oleh pesan dari kontak lain.

Untuk melakukan ini, pilih kontak atau grup obrolan yang ingin Anda gunakan sebagai pintasan. Kemudian ketuk dan tahan (dan tahan)> ketuk menu> tambahkan pintasan> tambah (tambah).

BACA JUGA:   5 Aplikasi Untuk Membuat Stiker WhatsApp memakai Foto Sendiri di Android

Pintasan percakapan akan otomatis muncul di layar beranda dan dapat digunakan untuk langsung masuk ke kontak atau grup tertentu sehingga Anda tidak salah masuk ruangan.