Cara Memperbaiki Memory Card Smartphone yang Rusak

Ketika penyimpanan ponsel dibatasi, memiliki kartu memori adalah cara yang tepat untuk memperluas kapasitasnya. Pengguna ponsel dapat menggunakan kartu memori untuk menambahkan lebih banyak ruang penyimpanan ke ponsel mereka, memungkinkan mereka untuk menyimpan lebih banyak foto, video, dan file penting lainnya.

Jika kartu memori tidak berfungsi. Jangan panik dulu. Ini ada beberapa metode untuk memperbaiki kartu memori yang rusak yang bisa dicoba.

1. Pastikan kartu memori kamu bersih

membersihkan kartu memory yang rusak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan konektor kartu memori yang rusak. Karena tidak pernah dibersihkan, konektor biasanya berdebu atau lembab. Akibatnya, tidak ada cara untuk membaca kartu memori. Bersihkan pin penghubung setelah mengeluarkan kartu SD dari perangkat smartphone.

BACA JUGA:   Solusi Layar HP bergerak sendiri

Cara memijat lembut pin penghubung kartu memori yang rusak untuk mengembalikannya. Itulah area kartu SD yang terlihat seperti pelat tembaga kekuningan. Jangan gunakan air untuk membersihkannya. Setelah tampak bersinar, coba pasangkan kembali di ponsel cerdas kamu untuk melihat apakah berfungsi.

2. Nyalakan ulang Smartphonemu

Jika prosedur sebelumnya tidak berhasil, coba mulai ulang ponsel kamu. Ada kemungkinan bahwa kerusakan pada sistem perangkat mencegah kartu memori untuk dibaca. Jika pengguna terlalu sering melepas dan memasukkan kartu SD, sistem dapat macet. Ini juga dapat terjadi sebagai akibat dari infeksi virus atau malware.

Masalahnya dapat diselesaikan dengan me-restart smartphone. Sistem perangkat akan dimulai ulang dari awal saat perangkat dihidupkan ulang. Akibatnya, gangguan sebelumnya akan hilang. Kartu memori, yang sebelumnya tidak terbaca, sekarang akan terbaca.

BACA JUGA:   Aplikasi Penguat Sinyal Mobile Legends 2022

3. Letakkan Kartu Memori di Perangkat Lain

Pindah memory card ke perangkat lain

Mungkin juga perangkat smartphone tempat kartu SD dipasang tidak berfungsi. Akibatnya, tidak ada cara untuk membaca atau mendeteksi kartu memori. Untuk menguji, coba transfer kartu memori ke perangkat lain. Misalnya, ke smartphone, tablet, atau komputer yang berbeda.

Transfer kartu memori ke telepon lain. Setelah itu, lihat apakah kartu SD dapat dibaca dan dikenali oleh perangkat. Jika kamu bisa, masalahnya ada pada ponsel cerdas daripada kartu memori. Ada kemungkinan komponen yang membaca kartu SD rusak.

4. Gunakan Aplikasi Perbaikan Kartu Memori

Beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play juga dapat membantu kamu memperbaiki kartu memori yang rusak. Di bidang pencarian aplikasi, ketik istilah Perbaikan kartu SD. Daftar aplikasi yang sebanding akan muncul di Google Play. Pilih aplikasi dengan banyak umpan balik positif dan peringkat tinggi.

BACA JUGA:   Cara Memperbaiki Data Seluler Tidak Berfungsi di Android

Data yang terdapat pada kartu memori yang rusak dapat rusak, rusak, atau bahkan hilang. Untuk menyiasatinya, kamu dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan data. Misalnya, program Pemulihan kartu SD atau semacamnya. Dengan mencari istilah ‘pemulihan kartu SD’, kamu dapat menemukan banyak aplikasi untuk dicoba.

5. Format Ulang Kartu Memori

Format kartu SD sebagai sarana untuk memperbaiki kartu memori yang rusak adalah suatu kemungkinan. Mungkin ini adalah upaya terakhir. Karena memformat kartu memori berarti menghapus semua data di dalamnya. Semua data akan hilang, bahkan data yang tidak dapat dipertahankan. Tapi itu layak dicoba; setidaknya, kartu memori dapat digunakan kembali di masa mendatang.

BACA JUGA:   iPhone SE 2022 dirilis dengan harga mulai dari Rp 7 jutaan

Pengguna dapat memformat kartu memori mereka melalui menu pengaturan perangkat ponsel cerdas mereka. Arahkan ke menu penyimpanan, lalu ke tab Kartu SD, lalu ke opsi Format Kartu SD. Pilihan lain bagi pengguna adalah mengunduh program pihak ketiga dari Google Play. Ambil, misalnya, perangkat lunak Format SD Card.

Kamu bisa mencoba lima cara berikut ini untuk memperbaiki kartu memori yang rusak di smartphone. Pilihan lainnya adalah menggunakan laptop atau komputer untuk mencoba memperbaikinya. Gunakan prosedur perbaikan internal sistem komputer atau gunakan perangkat lunak perbaikan kartu SD.

Semoga bermanfaat.