Negara di benua afrika yang terpisah dengan benua afrika adalah

Negara di benua afrika yang terpisah dengan benua afrika adalah..?? MediaPost pada kesempatan akan menjawab pertanyaan ini sehingga kalian bisa menemukan Kunci jawaban dari Negara di benua afrika yang terpisah dengan benua afrika adalah..?? dengan benar dan tepat.

Negara di benua afrika yang terpisah dengan benua afrika adalah..??

Jawaban yang tepat adalah Madagaskar

Tentu saja kami sangat menghargai berbagai pendapat dari para pakar (ahli), siapapun bisa menjawab, memberikan pertanyaan atau membenarkan dari jawaban yang sudah ada agar menjadi lebih tepat.

Negara di benua afrika yang terpisah dengan benua afrika adalah Madagaskar

Madagaskar adalah negara pulau Afrika yang terletak di lepas pantai tenggara benua itu. Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia, di belakang Greenland, New Guinea, dan Kalimantan, dan merupakan negara terpadat keempat di dunia.

Namun, terlepas dari kenyataan bahwa Madagaskar terletak sekitar 250 mil (400 kilometer) dari benua Afrika, populasinya sebagian besar terkait dengan masyarakat di Indonesia, yang terletak sekitar 3.000 mil (4.800 kilometer) ke timur. Lebih jauh lagi, orang Malagasi tidak menganggap diri mereka sebagai orang Afrika; namun, sebagai akibat dari hubungan berkelanjutan pulau itu dengan Prancis, yang berasal dari bekas pemerintahan kolonial, pulau itu telah mengembangkan ikatan politik, ekonomi, dan budaya dengan negara-negara berbahasa Prancis di Afrika barat, khususnya Madagaskar.

Aspek kehidupan hewan dan tumbuhan di pulau itu juga luar biasa, menyimpang secara signifikan dari yang ditemukan di Afrika yang berdekatan dan, dalam banyak hal, satu-satunya. Karena itu, terlepas dari kenyataan bahwa orang Eropa telah mengenal daerah pesisir selama lebih dari 400 tahun dan orang Arab lebih lama, pertumbuhan historis baru-baru ini lebih intensif dan terkonsentrasi di dataran tinggi tengah, yang meliputi ibu kota negara Antananarivo (sebelumnya Tananarive).

BACA JUGA:   Apakah yang dimaksud dengan reklame

Madagaskar di darat terletak di barat daya Samudra Hindia dan dipisahkan dari pantai Afrika oleh Selat Mozambik, yang lebarnya kira-kira 250 mil (400 kilometer).

Letak Madagaskar

Madagaskar dibagi menjadi tiga zona memanjang paralel: dataran tinggi tengah, jalur pantai di timur, dan zona dataran rendah dan dataran rendah di barat. Dataran tinggi tengah adalah yang terbesar dari tiga zona.

Dataran tinggi, yang naik antara 2.500 dan 4.500 kaki (800 dan 1.400 meter) di atas permukaan laut dan telah ditinggikan dan diturunkan beberapa kali, condong ke barat dan dikelilingi oleh pegunungan. Tiga menara massifs di atas sisanya di lebih dari 8.500 kaki (2.600 meter). Ada dua wilayah berbeda di Madagaskar utara: Tsaratanana dan dataran tinggi lainnya.

Massif Tsaratanana memisahkan kedua wilayah, dengan puncak Maromokotro yang menjulang ke 9.436 kaki (2.876 meter) dan menjadi titik tertinggi di pulau itu. Massif Ankaratra, terletak di tengah benua, adalah massa vulkanik besar yang puncaknya, Tsiafajavona, naik ke ketinggian 8.671 kaki (2.643 meter). Terletak di antara tiga daerah aliran sungai utama, Ankaratra merupakan daerah aliran sungai yang penting. Lebih jauh ke selatan, Andringitra adalah granit besar massif utara Tôlanaro (Faradofay) yang naik ke ketinggian 8.720 kaki (2.658 meter) di Boby Peak. Ini adalah titik tertinggi di wilayah tersebut.

Ketika melihat ke arah dataran selatan yang ekstrem, dataran tinggi itu turun dengan teratur; meskipun demikian, batasnya di timur dan barat lebih tajam daripada di utara dan selatan. Itu jatuh di patahan curam ke timur, dengan tangga vertikal mulai dari ketinggian 1.000 hingga 2.000 kaki (300 hingga 600 meter).

BACA JUGA:   Salah satu contoh olahraga yang memiliki unsur tolakan yaitu

Tebing ini, juga dikenal sebagai Tebing Besar atau Tebing Angavo, sering kali tidak dapat dilewati, dan di sebelah timurnya sendiri dibatasi oleh Tebing Betsimisaraka, tebing kedua dan lebih rendah yang menjorok ke dataran pantai dan dikenal sebagai Tebing Angavo .

Wajah curam dikelilingi oleh reruntuhan danau kuno, termasuk yang dikenal sebagai Alaotra, yang terlihat di belakangnya. Dataran tinggi Mahafaly dan Androy, yang menjorok ke laut di tebing terjal, terbentuk ketika dua lereng curam bertemu di selatan dan bergabung membentuk dataran tinggi Mahafaly.

Penurunan dilakukan secara berurutan ke arah barat. Namun, di daerah lain, seperti Tebing Bongolava di wilayah barat-tengah pulau, dataran tinggi tengah dibatasi oleh tebing curam yang tidak dapat ditembus, mencegah akses ke dataran tinggi. Batas paling utaranya dibentuk oleh jalur rendah yang disebut Pegunungan Ambohitra, yang berisi serangkaian kawah gunung berapi dan merupakan titik paling utara di benua itu.

Garis pantai membentang rata-rata sekitar 30 mil (50 km). Wilayah ini dicirikan oleh dataran aluvial pendek yang berakhir di garis pantai rendah yang dibatasi oleh laguna yang dihubungkan bersama oleh Terusan Pangalanes (Ampangalana), yang membentang lebih dari 370 mil (600 kilometer). Garis pantai menjadi berbatu di selatan Farafangana, dan ada banyak teluk kecil di tenggara desa. Teluk Antongil yang dalam terletak di timur laut (Antongila).

Zona barat membentang antara 60 dan 125 mil (100 dan 200 kilometer) panjang dan lebarnya. Lapisan sedimennya miring ke bawah menuju Selat Mozambik, menghasilkan serangkaian perbukitan yang berurutan. Sisi pedalaman (timur) dari bukit-bukit tinggi ini didominasi oleh cekungan yang terbentuk pada sedimen lunak di bagian dalam, sementara sisi lainnya turun ke laut di lereng berbatu di sisi lain pegunungan.

BACA JUGA:   Sebutkan 3 bagian utama bargainser

Garis pantainya lurus, dibatasi oleh gumuk pasir sedang, dan di sebelah timur dibatasi oleh mangrove. Arus di Selat Mozambik telah mendukung pengendapan aluvium lepas pantai serta perluasan delta sungai di wilayah tersebut. Sejumlah muara dan teluk dapat ditemukan di sepanjang pantai barat laut negara itu.

Beberapa pulau vulkanik, termasuk Nosy Be (Nossi-Bé), yang melindungi Teluk Ampasindava, berjajar di pantai ini. Terumbu karang dan pulau vulkanik juga berjajar di pantai ini.

Drainase Madagaskar

Ada banyak sungai pendek dan deras yang mengalir di sisi timur dataran tinggi yang curam, seperti Mandrare, Mananara, Farony, Ivondro, dan Maningory. Sungai-sungai ini bermuara ke laguna pantai atau langsung ke laut, tergantung di mana mereka bertemu dengan laut dan di mana mereka bertemu dengan laguna.

Di sisi barat dataran tinggi, di sisi yang lebih landai, sungai yang lebih panjang dan lebih besar, seperti Onilahy, Mangoky, Tsiribihina, dan Betsiboka, menyeberangi dataran tinggi, membawa endapan besar aluvium subur turun ke dataran luas. dan muara yang banyak salurannya; muara sungai, meskipun tidak sepenuhnya tertutup oleh sedimen ini, dipenuhi dengan banyak gundukan pasir.

Ada banyak danau asal vulkanik di pulau itu, seperti Danau Itasy, yang merupakan tujuan wisata populer. Alaotra adalah danau terakhir yang tersisa di lereng timur pegunungan. Di sekitar pantai selatan Toliara (sebelumnya Tuléar), terdapat kumpulan air asin yang sangat besar yang disebut Danau Tsimanampetsotsa, yang tidak memiliki saluran keluar.

BACA JUGA:   Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan kulit adalah

Tanah Madagaskar

Sebagian besar formasi batuan kristal di dataran tinggi tengah dan di sepanjang pantai timur adalah gneiss, granit, kuarsa, dan bentuk batuan kristal lainnya. Gneiss terurai menjadi murrum merah, laterit, dan tanah merah yang lebih dalam dan lebih subur, membuat Madagaskar mendapat julukan “Pulau Merah Besar” dalam penggunaan bahasa sehari-hari.

Tanah aluvial yang subur di lembah memungkinkan produksi pertanian yang luas. Ada juga beberapa intrusi vulkanik di sana-sini yang telah menghasilkan tanah yang produktif tetapi mudah tererosi. Danau Alaotra adalah kantong sedimen besar di dataran tinggi tengah pulau yang berisi beberapa pertanian paling produktif di pulau itu. Bagian barat pulau seluruhnya terdiri dari lapisan batuan sedimen, yang menghasilkan kesuburan tanah yang sedang hingga buruk, seperti yang terjadi di seluruh pulau.

Madagaskar memiliki iklim tropis.

Musim panas dan hujan berlangsung dari November hingga April, dan musim dingin dan kering berlangsung dari Mei hingga Oktober. Di dataran tinggi tengah, iklim dipengaruhi oleh gabungan pengaruh angin tenggara yang membawa kelembapan dan angin muson barat laut, yang menyapu daratan.

Angin pasat, yang bertiup sepanjang tahun, paling ganas dari Mei hingga Oktober, saat suhunya paling tinggi. Pantai timur menghadap angin dan menerima curah hujan yang cukup besar setiap tahun, dengan curah hujan mencapai sekitar 150 inci (3.800 mm) di Maroantsetra di Teluk Antongil pada musim panas.

Angin yang melintasi dataran tinggi kehilangan sebagian besar kelembapannya, yang mengakibatkan hanya gerimis dan kabut di dataran tinggi itu sendiri dan bayangan hujan kering di belahan bumi barat. Hampir gurun di barat daya, dan kekeringan diperburuk oleh arus lepas pantai yang dingin yang mengalir melalui wilayah tersebut.

BACA JUGA:   Contoh dari kerajinan bahan lunak buatan adalah....

Selama musim panas dan lembab inilah monsun, yang membawa hujan ke pantai barat laut Madagaskar serta dataran tinggi, paling jelas terlihat. Akibatnya, pantai barat menerima curah hujan yang cukup besar setiap tahun, sedangkan barat daya, yang terlindung, tetap lebih kering karena arah angin yang miring.

Di Nosy Be, di bagian barat laut pulau, curah hujan tahunan berkisar dari sekitar 80 inci (sekitar 2.000 mm) hingga sekitar 40 inci (1.000 mm) di Maintirano, di pantai barat, hingga sekitar 14 inci (360 mm) di Toliara , di barat daya.

Antananarivo dan Fianarantsoa, ​​yang terletak sekitar 200 mil (320 kilometer) lebih jauh ke selatan, menerima curah hujan dalam jumlah besar, dengan sekitar 50 inci (1.200 mm) turun setiap tahun di kedua kota. Dataran tinggi menerima tingkat curah hujan sedang.

Secara umum, Juli adalah bulan terdingin sepanjang tahun, dengan suhu rata-rata bulanan di sekitar pulau mulai dari suhu rendah 50-an F (rendah 10 derajat C) hingga suhu tinggi 70-an F (pertengahan-20 derajat C), dan Desember adalah bulan terpanas. , dengan suhu rata-rata bulanan mulai dari rendah 60-an hingga pertengahan 80 derajat F. (pertengahan 10-an dan tinggi 20-an C). Suhu turun dengan ketinggian, dengan suhu tertinggi di pantai barat laut dan suhu terendah di dataran tinggi.

Siklon tropis adalah aspek penting dari sistem iklim. Mereka berasal ribuan mil jauhnya di atas Samudra Hindia, terutama antara bulan Desember dan Maret, dan kemudian bergerak lebih dekat ke pantai timur, membawa hujan lebat dan banjir yang menghancurkan.