Cara belanja di AliExpress untuk Pemula

Cara belanja di AliExpress – Apakah Kamu semua yang terlibat dalam ekspor sudah mengerti apa itu Aliexpress? Atau ada yang masih bingung soal ini? Dan apa saja keuntungan belanja di AliExpress? Mari kita lihat artikel ini untuk melihat apakah itu dapat membantu kita menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Aliexpress

MediaPost.id sebelumnya telah membahas dasar-dasar belanja eBay di artikel lain. Sekarang setelah semuanya selesai, mari kita bicara tentang belanja di Aliexpress.

AliExpress adalah situs web yang beroperasi seperti eBay, jika ada di antara Kamu yang tidak mengetahui fakta ini. Aliexpress adalah situs web yang berfungsi sebagai pasar online dan berakar di Cina. Aliexpress adalah varian bisnis-ke-bisnis (B2B) dari pasar online Alibaba, yang menjual barang ke bisnis lain.

Perbedaan utamanya adalah apakah Alibaba menawarkan barang dengan jumlah pesanan minimum atau tidak karena platformnya dirancang untuk ukuran komersial. AliExpress, di sisi lain, adalah versi ritel dari situs dan memungkinkan pembelian barang dagangan individu.

Aliexpress adalah pasar online yang beroperasi dalam nada yang sama seperti yang lain seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak, menurut satu definisi. Hanya saya, pengiriman barang yang dibuat tidak diragukan lagi berasal dari negara lain.

Lalu, bisakah Kamu memberi tahu saya tentang manfaat menggunakan Aliexpress ini? Mengapa begitu banyak orang memilih untuk melakukan belanja di AliExpress?

Daftar Isi

Manfaat Belanja di AliExpress

Barang Unik Banyak yang Dijual di AliExpress

Yap, barang-barang unik banyak tersedia di marketplace ini. Semua produk yang ditawarkan untuk dijual di AliExpress adalah satu-satunya dan tidak dapat dibeli di Indonesia saat ini.

Ambil contoh, gadget terbaru yang datang dari negara lain. Karena Indonesia belum mengadopsi teknologi ini, pengenalan Kamu terhadapnya di sana mungkin akan menjadi awal dari gerakan mode baru.

Permisalan lain adalah situasi di mana Kamu memerlukan komponen yang tidak mungkin diperoleh di Indonesia, seperti suku cadang atau komponen lainnya. Kamu dapat mencoba mencarinya di Aliexpress untuk melihat apakah mereka menjualnya di sana.

Biaya yang relatif murah

Barang-barang yang dijual di Aliexpress terkenal dengan harganya yang murah, selain kualitasnya yang unik. Mengambil keuntungan dari berbagai pilihan barang murah AliExpress dan memulai operasi ritel Kamu sendiri adalah pilihan yang layak.

Karena AliExpress tidak mewajibkan Kamu untuk membeli apapun dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, Kamu dapat memperoleh barang dengan partai kecil untuk dijual kembali di Indonesia.

BACA JUGA:   Cara Belanja di eBay Bagi Pemula dengan Mudah

Bagaimana Keamanan saat Menggunakan AliExpress?

Apakah berisiko melakukan pembelian di AliExpress? Penjelasannya adalah bahwa hal ini tidak selalu terjadi. Di Aliexpress, sama seperti di platform e-commerce Indonesia, ada seller atau penjual yang bisa dibilang scammers. Ini adalah situasi yang mirip dengan apa yang terjadi di Indonesia.

Namun, ini tidak berarti bahwa setiap seller adalah penipu karena masih ada beberapa dealer jujur ​​di luar sana. Di Aliexpress, hanya ada sebagian kecil dari total jumlah seller.

Selain itu, Aliexpress memiliki sistemnya sendiri yang dapat memastikan keamanan pelanggan saat mereka berbelanja di platform. Namun, ada beberapa praktik terbaik yang harus dipatuhi saat belanja di Aliexpress.

Saran untuk belanja online di AliExpress

1. Selidiki kredibilitas seller.

Pastikan Kamu mencari barang di Aliexpress yang berasal dari pedagang tepercaya dan terhormat saat Kamu berbelanja apa pun untuk dibeli di sana.

Lamanya waktu penjual aktif di AliExpress secara langsung berkorelasi dengan reputasi yang dinikmati seller di antara pelanggan mereka. Setelah itu, bagaimana feedback yang diterima seller; khusus, apakah penjual menerima banyak umpan balik positif atau sebaliknya?

Peringkat yang diberikan oleh seller sendiri datang berikutnya. Jika pembeli memiliki pengalaman positif dengan seller, maka penjual juga akan memiliki penilaian positif.

BACA JUGA:   Aplikasi Belanja Online Luar Negri yang Aman Untuk Barang Import

2. Pastikan barang tersebut masih tersedia untuk dibeli.

Saran selanjutnya adalah memeriksa kualitas barang. Meneliti deskripsi produk secara keseluruhan adalah kunci sukses di sini.
Jika Kamu melihat sesuatu yang aneh tentang deskripsi produk, seperti fakta bahwa ada informasi penting yang hilang, ada baiknya Kamu mempertimbangkan untuk mencarinya lagi di seller yang berbeda.

Hal ini membantu untuk mengurangi jumlah kesalahan yang terjadi selama transaksi yang Kamu lakukan.

Jika ternyata diperlukan, Kamu juga harus menghubungi penjual untuk menanyakan lebih lanjut mengenai barang yang ingin Kamu beli.

Kamu memiliki pilihan untuk menanyakan secara spesifik seperti stok yang tersedia, varian warna, pilihan ukuran, dan informasi lainnya.

3. Manfaatkan penawaran eksklusif.

Kamu juga dapat menegosiasikan biaya unik untuk produk yang ingin Kamu beli. Namun, Kamu lebih mungkin menerima penawaran ini jika Kamu melakukan pembelian dalam jumlah yang signifikan dari produk yang bersangkutan.

Jika Kamu membeli sesuatu dalam jumlah besar, Kamu harus mencoba menegosiasikan diskon dengan seller atau menurunkan biaya pengiriman dengan mereka.

Cara belanja di Aliexpress

Saatnya Kamu mempelajari cara belanja di Aliexpress sekarang setelah Kamu mengetahui alasan mengapa begitu banyak orang menggunakan Aliexpress sebagai platform belanja.

Tangkapannya adalah ini:

1. Mendaftar untuk akun dengan AliExpress.

Membuat akun di Aliexpress adalah langkah pertama yang perlu Kamu ambil sebelum Kamu dapat mulai membeli di situs web. Ini adalah persyaratan. Daftar dengan Aliexpress dengan memasukkan nama, alamat email, dan beberapa informasi lainnya. Setelah akun Kamu diverifikasi, Kamu akan dapat masuk.

BACA JUGA:   Aplikasi Belanja Online Luar Negeri Terbaik

2. Cari Item Barang yang ingin Kamu beli

Setelah Kamu masuk, Kamu akan memiliki kemampuan untuk melakukan pencarian produk yang ingin Kamu beli di salah satu dari beberapa pedagang yang menjual barang tersebut.

Ingatlah untuk menerapkan saran dari bagian sebelumnya, saat Kamu mencari barang di Aliexpress untuk membuat pengalaman membeli Kamu lebih menyenangkan dan aman.

Jika Kamu yakin telah menemukan barang yang sesuai dengan harga yang sesuai, langkah selanjutnya adalah mengklik tombol “beli sekarang” untuk menyelesaikan transaksi dan melakukan pembayaran. Kamu juga dapat memasukkan barang ke keranjang belanja jika ingin membeli lebih dari satu barang.

3. Berikan alamat yang benar dan pilih metode pengiriman

Langkah selanjutnya adalah memeriksa dan melihat apakah alamat pengiriman yang Kamu berikan sudah akurat, karena ini akan menentukan apakah barang tersebut dapat dikirimkan kepada Kamu atau tidak.

4. Pilih Mode Pembayaran Pilihan Kamu

Kemudian, setelah selesai, Kamu akan dibawa ke layar pembayaran. Ada beberapa cara berbeda untuk membayar di Aliexpress. Pembayaran Doku, di sisi lain, adalah cara pembayaran yang paling sederhana dan nyaman.

Untuk memilih Doku sebagai mode pembayaran Kamu, Kamu tidak perlu melakukan apa pun selain memilih opsi itu, lalu mengonfirmasi, dan akhirnya membayar.

BACA JUGA:   Keuntungan Belanja di Gearbest

Namun demikian, Kamu harus terlebih dahulu memastikan bahwa Kamu memiliki ID Doku dengan mendaftarkannya. Karena suatu saat nanti, Kamu akan diminta untuk memberikan ID dan kata sandi Doku Kamu untuk menyelesaikan pembayaran.

5. Menunggu Pengiriman

Setelah melakukan pembayaran, tinggal menunggu pengiriman produk dari luar negeri. Jika Kamu memilih untuk menggunakan metode pengiriman yang biasa di AliExpress, pengiriman akan memakan waktu yang sangat lama—mulai dari 20 hingga 30 hari—yang merupakan salah satu kelemahan layanan ini.

Di sisi lain, jika Kamu memilih pengiriman semacam itu, Kamu tidak perlu khawatir membayar biaya tambahan.

 

Pajak impor

Karena melakukan pembelian di AliExpress merupakan kegiatan yang mengakibatkan impor produk dari luar Indonesia. Jika ini masalahnya, AliExpress mungkin mengharuskan Kamu membayar pajak tambahan untuk barang yang Kamu beli di sana.

Produk impor dibebaskan dari pembayaran bea masuk jika sesuai dengan peraturan 199/PMK.010/2019 yang dikeluarkan Kementerian Keuangan, nilai FOB barang tersebut kurang dari tiga dolar Amerika Serikat.

Sejumlah produk dikenakan pajak tambahan yang unik untuk mereka; contohnya termasuk tas tangan, alas kaki, produk tekstil, dan publikasi seperti buku. Kamu dapat menemukan informasi tambahan mengenai bea masuk dengan membaca artikel.
Demikian informasi mengenai cara belanja di Aliexpress untuk saat ini. Kami sangat berharap bahwa artikel ini akan membantu Kamu saat Kamu membeli di situs web e-commerce.