Ini 5 Keuntungan Home Schooling

Ini 5 Keuntungan Home Schooling

Apa yang Membuat Homeschooling Lebih Baik Dari Pendidikan Tradisional? Akhir-akhir ini, ada kecenderungan yang berkembang di keluarga memilih untuk homeschooling anak-anak mereka daripada mengirim mereka ke lembaga pendidikan tradisional.

Mari kita lihat beberapa manfaat homeschooling dibandingkan pendidikan tradisional:

1. Jam fleksibel

Homeschooling memungkinkan untuk jam fleksibel. Misalnya, anak tidak perlu bangun jam 7 pagi. Dengan homeschooling, anak Anda bisa memulai homeschooling pada pukul 9 pagi. atau lambat, tergantung pada waktu pilihan Anda. Anda dapat menjadwalkan homeschooling anak Anda sesuai keinginan Anda dengan materi atau mata pelajaran yang mungkin tidak tersedia di sekolah tradisional.

Anda dapat menyesuaikan kurikulum homeschooling agar sesuai dengan kebutuhan dan minat anak Anda.

2. Perhatian individu

Dalam pengaturan sekolah tradisional, tiga puluh hingga empat puluh siswa ditugaskan ke seorang guru di kelas. Oleh karena itu, pada umumnya guru tidak dapat memberikan perhatian 100 persen kepada setiap anak, karena tidak akan adil bagi anak-anak lainnya. Lebih jauh lagi, sangat tidak mungkin untuk memberikan perhatian individual kepada semua siswa.

Dengan homeschooling, anak Anda menerima semua perhatian individu yang dia butuhkan. Misalnya, jika anak Anda lemah dalam matematika, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dan energi untuk mengajar matematika.

Jadwal homeschooling anak Anda bisa disesuaikan dengan kawah untuk itu. Misalnya, jika anak Anda lebih baik dalam sains daripada matematika, habiskan lebih banyak jam homeschooling untuk matematika dan kurangi sains. Dengan homeschooling, pilihan ada di tangan Anda. Sekolah tradisional tidak bisa melakukan itu.

3. Aktivitas keluarga

Sekolah anak dapat menjadi kegiatan keluarga besar. Beberapa contohnya adalah kunjungan lapangan dan eksperimen. Selain itu, anak juga mendapatkan waktu yang lebih berkualitas dengan orang tuanya. Ada lebih banyak waktu untuk ikatan keluarga. Anak juga bebas dari tekanan atau pengaruh teman sebaya yang negatif.

4. Tidak ada tekanan teman sebaya

Dengan homeschooling, anak tidak perlu menunjukkan kemampuannya kepada anak lain. Orang tua dapat lebih memahami anak mereka secara mendalam dengan homeschooling dan dengan demikian dapat merencanakan program pembelajaran sesuai dengan kekuatan dan kelemahannya.

Orang tua juga dapat mengubah kurikulum agar sesuai dengan gaya belajar anak. Misalnya, beberapa anak belajar paling baik dengan membaca sementara yang lain perlu menulis. Beberapa anak bahkan belajar lebih baik dengan mengalami atau melihat sesuatu dalam tindakan.

5. Pembelajaran agama

Pelajaran agama adalah mata pelajaran yang sensitif, itulah sebabnya sebagian besar sekolah tradisional menolaknya. Namun, dengan homeschooling, orang tua dapat mengontrol pembelajaran moral dan agama anak. Orang tua dapat mewariskan ideologi dan keyakinan mendalam mereka kepada anak daripada membiarkan sekolah mendikte pendidikan moral dan agama apa yang akan diterima anak.

Homeschooling adalah cara terbaik untuk mendidik anak, seperti yang dapat Anda lihat dari keuntungan yang tercantum di bawah ini. Jika Anda punya waktu, minat, dan kemampuan, mengapa tidak mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *