Membuat surat lamaran yang baik dan benar harus ditinjau dari segi

Membuat surat lamaran yang baik dan benar harus ditinjau dari segi…

A. Kalimat – kata
B. Penulisan ejaan – hal
C. Kaitan antar kalimat – hal
D. Hal – sruktur
E. Diksi dan ejaan

Untuk membuat surat lamaran, harus memperhatikan beberapa hal. Membuat surat lamaran yang baik dan benar harus ditinjau dari segi? Surat lamaran dibuat untuk tujuan yang jelas dengan gaya bahasa yang tidak bertele-tele, isi tujuan dan latar belakang pelamar harus jelas dan singkat tetapi harus tetap di perhatikan aspek penulisan, termasuk ejaan dan format penulisan surat lamaran.

Jadi jawaban diatas yang paling tepat adalah A. Kalimat – kata

Mari simak pembahasan tentang Bagaimana Membuat Surat Lamaran dengan Baik dan Benar

Poin-poin berikut harus ditinjau saat menulis surat lamaran kerja

Proses penulisan surat lamaran kerja memakan waktu. Sebab, saat mencari pekerjaan, Kamu harus menunjukkan keseriusan Kamu dengan mengirimkan surat lamaran beserta resume Kamu. Kali ini di MediaPost, kami akan membahas cara membuat surat lamaran kerja yang efektif, yang akan berguna bagi kalian yang berharap mendapatkan pekerjaan yang ideal di masa depan. Hanya dengan melihat percakapan saja sudah cukup untuk memuaskan rasa ingin tahu Kamu.

Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor tertentu saat menulis surat lamaran kerja. Faktor-faktor ini termasuk kredensial pelamar serta identifikasi pribadinya, pendidikan, bakat, dan keahliannya, serta pengalaman kerja mereka sebelumnya.

Pembuatan surat lamaran yang baik dan benar perlu memperhatikan faktor-faktor berikut: Surat lamaran harus ditulis untuk tujuan tertentu dan dengan gaya bahasa yang ringkas, tetapi juga harus memperhatikan aspek penulisan, seperti ejaan dan format penulisan. surat lamaran. Tujuan surat lamaran harus jelas dan ringkas, dan latar belakang pelamar harus rinci.

Pertimbangkan hal-hal berikut saat menulis surat lamaran Kamu:

1. Informasi tentang diri sendiri

Kamu akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi seperti alamat, nomor telepon, atau nama pengguna dan kata sandi akun jejaring sosial. Untuk memudahkan perusahaan menghubungi Kamu di kemudian hari, harap berikan informasi kontak Kamu di bawah ini.

BACA JUGA:   Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat

2. Posisi Jabatan

Jangan lupa untuk mencantumkan lowongan yang diinginkan sesuai dengan lowongan yang sedang diiklankan. Ingatlah untuk menambahkan kode posisi apa pun yang digunakan dalam dokumen juga. Biasanya, departemen sumber daya manusia memberikan kode posisi kepada pelamar kerja untuk mempermudah penyortiran.

3. Penyerahan lembar biodata atau curriculum vitae (CV)

CV biasanya memuat informasi tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan yang dimiliki, dan referensi apa pun yang mungkin tersedia.

4. Sumber lowongan pekerjaan

Cantumkan nama atau nama institusi tempat Kamu memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan di lamaran Kamu. Pastikan Kamu menerima informasi lowongan kerja ini dari sumber yang sah seperti iklan, teman atau kerabat  untuk memastikan bahwa informasi yang diperoleh akurat.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

1. Jujurlah saat menulis surat lamaran kerja.

Saat membuat surat lamaran kerja, hal terpenting yang harus diingat adalah jujur. Karena mereka yang membaca aplikasi Kamu akan dapat mengetahui apakah Kamu jujur. Ketika Kamu tidak jujur ​​dan melebih-lebihkan pencapaian Kamu dalam surat lamaran Kamu, Kamu akan ditolak dari pertimbangan oleh perusahaan tempat Kamu melamar.

Ketika Kamu membahas kekuatan dan kekurangan Kamu dalam surat lamaran kerja, Kamu menunjukkan kejujuran yang diperlukan. Penting untuk tidak melebih-lebihkan pencapaian Kamu atau menyembunyikan kekurangan Kamu. Cukup jelaskan apa bakat Kamu serta bagaimana Kamu berencana untuk mengatasi kekurangan Kamu.

Setelah itu, Kamu harus terus terang dalam menyatakan kemampuan atau kemampuan yang Kamu miliki. Jika Kamu tidak dapat menjalankan perangkat lunak desain grafis, jangan mengklaim dapat mengoperasikannya. Jika Kamu tidak dapat menggunakan aplikasi akuntansi, tidak mengakui bahwa Kamu dapat menggunakannya, dan sebagainya.

2. Kamu harus menulis surat lamaran Kamu sendiri.

Kepribadian orang yang menulis surat lamaran kerja tercermin di dalamnya. Jika Kamu mengajukan lamaran pekerjaan dengan surat lamaran yang ditulis oleh orang lain, kemungkinan Kamu dihubungi untuk wawancara sangat tipis. Akibatnya, Kamu harus membuat korespondensi lamaran pekerjaan Kamu sendiri.

Dimungkinkan untuk memoles bagian resume Kamu yang dianggap penting untuk divisi HRD perusahaan yang Kamu cari jika Kamu menulisnya sendiri. Menulis sendiri membuat Kamu lebih percaya diri daripada mengandalkan template yang tersedia gratis di internet.

Selanjutnya, apakah Kamu melamar pekerjaan di disiplin jurnalisme, administrasi, atau sektor lain yang membutuhkan kemampuan menulis, Kamu harus memiliki portofolio menulis yang kuat. Akibatnya, Kamu harus membuat korespondensi lamaran pekerjaan Kamu sendiri.

3. Tulislah secara formal dan tertulis dengan baik.

Salah satu hal terpenting yang harus diingat saat menulis surat lamaran kerja adalah selalu menggunakan bahasa formal dan menulisnya dengan tata bahasa dan tanda baca yang baik dan tepat. Ini penting karena Kamu memulai usaha bisnis yang serius.

BACA JUGA:   Perintah dari keyboard untuk melakukan cetak tebal

Untuk menulis surat lamaran kerja yang benar, Kamu harus memahami ketentuan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang tersedia secara online (PUEBI). Kamu harus tahu istilah mana yang akan digunakan dalam aplikasi Kamu agar berhasil di dalamnya.

Kemudian, hindari penggunaan bahasa lain kecuali benar-benar diperlukan. Dalam percakapan biasa, Kamu dapat berbicara dalam bahasa anak-anak Jakarta Selatan, yang dipahami secara luas. Namun, saat melamar pekerjaan, pastikan untuk tidak mencampuradukkan bahasa!

Jika ingin menggunakan bahasa Inggris, pastikan bahasa Inggrisnya baik dan benar, begitu juga saat ingin menggunakan bahasa Indonesia. Pertimbangan pertama perusahaan Kamu setelah menerima surat lamaran kerja Kamu adalah apakah Kamu telah menggunakan bahasa resmi dan tertulis dengan baik sesuai dengan aturan tata bahasa yang berlaku.

4. Sebutkan posisi yang Kamu lamar.

Saat menyusun surat lamaran kerja, biasanya orang mengabaikan untuk memasukkan posisi pekerjaan yang mereka lamar. Bahkan, jika pemberi kerja mendapat surat lamaran kerja yang tidak memuat posisi yang sedang dipertimbangkan lamarannya, surat itu sangat dijamin akan dibuang. Pasalnya, isi surat lamaran dapat menimbulkan kebingungan di kalangan karyawan perusahaan.

Karena itu, sangat penting untuk memasukkan dalam surat lamaran pekerjaan posisi pekerjaan yang sedang diperebutkan oleh pelamar. Namun, sebelum Kamu melakukannya, Kamu harus benar-benar mengetahui posisi yang Kamu lamar.

Pertama dan terpenting, Kamu harus melakukan penelitian menyeluruh tentang pekerjaan yang Kamu lamar. Kamu harus menentukan apakah posisi teknis posisi tersebut sesuai dengan bidang yang Kamu kuasai atau tidak. Kecuali Kamu adalah karakter pejuang yang mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan baru, hindari mengambil profesi yang berada di luar bidang kompetensi Kamu kecuali Kamu adalah karakter pejuang.

Ketika Kamu telah menyelesaikan penelitian Kamu pada pos yang Kamu lamar, sertakan dalam surat lamaran Kamu. Dengan mencantumkannya di curriculum vitae Kamu, perusahaan tempat Kamu melamar akan langsung memeriksanya (CV).

5. Catat semua informasi yang diperlukan.

Dalam surat lamaran kerja, Kamu harus memberikan semua informasi terkait yang mendukung dan menghubungkan ke posisi yang Kamu cari untuk dipertimbangkan. Informasi ini akan digunakan oleh HRD untuk menentukan maju atau tidaknya ke tahap wawancara dalam proses rekrutmen.

Dalam surat lamaran Kamu, hindari memasukkan informasi apa pun tentang diri Kamu yang tidak terkait dengan posisi tersebut. Informasi lain seperti urutan kelahiran anak dalam keluarga, informasi tentang perjalanan ke luar negeri, informasi tentang makanan yang disukai, dan sebagainya dianggap informasi yang tidak berhubungan. Dalam surat lamaran kerja, informasi tentang diri Kamu ini tidak perlu diungkapkan.

Format penulisan surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja mengikuti struktur surat resmi, yang diikuti saat menyusun surat resmi. Gaya ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa surat lamaran kerja dipahami dengan jelas oleh penerima dan tidak ada kebingungan tentang apa yang diminta. Langkah-langkah yang diuraikan di sini akan membantu Kamu dalam menyusun surat lamaran kerja dengan cara yang benar.

BACA JUGA:   berikut yang tidak termasuk dalam tahapan melakukan smash adalah

1. Tanggal dan tempat penulisan surat

Surat lamaran pekerjaan harus dimulai dengan tanggal dan lokasi di mana surat itu ditulis, diikuti dengan judul dan deskripsi pekerjaan. Idenya adalah agar perekrut mengetahui tempat tinggal Kamu sehingga mereka dapat mempertimbangkannya.

2. Tujuan surat, serta nama dan alamat perusahaan yang kamu lamar

Selanjutnya, surat lamaran kerja dilengkapi dengan menuliskan tujuan surat, serta nama dan alamat organisasi tempat Kamu mengajukan lamaran. Kamu hanya perlu menulis tentang tujuan surat itu, diikuti dengan kata-kata ‘Dear.’ dan nama serta alamat perusahaan yang Kamu tuju.

3. Salam dan pendahuluan untuk prosiding

Setelah itu, Kamu menulis salam dan penjelasan singkat tentang bagaimana Kamu mengetahui informasi lowongan pekerjaan.

4. Informasi Diri

Kamu tidak perlu menuliskan semua informasi pribadi Kamu di area data pribadi. Cukup berikan nama, tempat lahir, tanggal lahir, alamat, alamat email, nomor telepon, dan institusi pendidikan terakhir Kamu di kotak ini.

5. Pengalaman kerja dan keahlian

Setelah itu, berikan deskripsi singkat namun ringkas tentang pengalaman dan kualifikasi profesional Kamu. Ini akan menjadi relevansi khusus bagi mereka yang berada di industri rekrutmen. Untuk menghindari kesalahan, silakan baca berikut ini:

6. Berikan penutup

Sebagai penutup, ungkapkan optimisme Kamu bahwa surat lamaran kerja yang Kamu kirim akan mendapat jawaban yang bagus di halaman terakhir Kamu. Jangan lupa untuk menyertakan salam Kamu serta tanda tangan Kamu di bagian bawah halaman.

Contoh surat lamaran

1. Contoh surat lamaran untuk yang berpengalaman

Yogyakarta, 29 Maret 2021

Kepada Yth

HRD Manager PT XXX

Jl. XXX

Perihal: Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari surat kabar xxx tertanggal 15 Desember 2016, PT XXX membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai tenaga marketing di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut data diri:

Nama:

Tempat/tgl lahir:

Jenis kelamin:

Pendidikan terakhir:

Alamat:

Telepon/HP:

Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. Saya juga berpengalaman di posisi tersebut, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup fasih serta bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

  1. Foto ukuran 3 x 4
  2. Fotokopi KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotokopi Ijazah terakhir
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi surat pengalaman kerja

Besar harapan untuk dipanggil wawancara sehingga dapat menjelaskan secara detial mengenai potensi dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

XXX

2. Contoh surat lamaran untuk fresh graduate

Yogyakarta, 29 Maret 2021

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Bpk/Ibu Pimpinan
PT XX
Jl. XXX
Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari surat kabar xxx pada 5 Mei 2020, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai content creator di PT Maju Mundur. Saya pria, 25 tahun, lulusan S1 Sastra Indonesia, Universitas Kancana, tahun 2020 dengan IPK 3,9.

Berikut data pribadi saya:

Nama :
Tempat/Tanggal Lahir:
Pendidikan Terakhir:
Alamat:
Telepon (HP):
Status:

Saat ini, saya dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani. saya juga aktif berorganisasi, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup, serta siap bekerja secara mandiri maupun tim.

Berikut dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotokopi ijazah S1 dilegalisir
3. Fotokopi transkrip nilai
4. Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas foto terbaru
6. Fotokopi SKCK

Demikianlah surat permohonan pekerjaan ini. Sekali lagi, besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

XXX

3. Contoh surat lamaran magang

Yogyakarta, 29 Maret 2021
Perihal : Permohonan Magang
Lampiran : 1 (satu)Yth.
HRD PT XXX
Jalan XXX

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
NIM:
Alamat:
Perguruan Tinggi:
Program Studi:

Dengan surat ini saya bermaksud mengajukan izin untuk dapat melaksanakan Kerja Praktik (magang) selama 1 (satu) sampai 3 (tiga) bulan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
2. Fotokopi Kartu Mahasiswa
3. KHS terakhir dengan IPK
4. Pas foto terbaru ukuran 3×4 2 lembar
5. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Demikian permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan permohonan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

XXX

4. Contoh surat lamaran CPNS

Yogyakarta, 29 Maret 2021

Yth. Sekretaris Jenderal DPR RI
c.q. Ketua Pansel Pengadaan CPNS
Sekretariat Jenderal DPR RI

Di –
Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                               : XXX
Tempat/Tanggal Lahir  : XXX
Jenis kelamin                 : XXX
Pendidikan                      : XXX
Jabatan yang dilamar   : XXX
Nomor telepon aktif      : XXX
Email                                : XXX
Alamat sesuai KTP        : XXX
Alamat domisili              : XXX

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan (Nama Instansi Pemerintahan yang Dilamar). Sebagai bahan pertimbangan, saya sampaikan berkas kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut:

  1. Surat lamaran bermeterai Rp10.000,00 ditujukan Kepada Sekretaris Jenderal c.q. Ketua Pansel Pengadaan CPNS Sekretariat Jenderal DPR RI di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (asli);
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau Surat Keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan; *
  3. Pasfoto berlatar belakang warna merah;
  4. Ijazah Sarjana/Diploma (asli); *
  5. Transkrip Nilai Sarjana/Diploma (asli); *
  6. Surat penyetaraan ijazah dan transkrip nilai luar negeri; **
  7. Sertifikat/ hasil cetakan tangkapan layar (screen capture) Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi;
  8. Surat keterangan predikat kelulusan setara “Dengan Pujian”/Cumlaude;***
  9. Surat Pernyataan bermeterai Rp10.000,00 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (asli);
  10. Surat keterangan garis keturunan orang tua (bapak atau ibu asli Papua/Papua Barat, dibuktikan dengan akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku (asli); ****
  11. Surat Keterangan Dokter dari rumah sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis/tingkat kedisabilitasan (asli) dan tautan/link video singkat; ** ***
  12. Surat Tanda Registrasi (STR) asli yang masih berlaku. ** ****

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Sekretariat Jenderal DPR RI Tahun Anggaran 2021. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Materai Rp10.000)

(XXX)

Catatan:

*Dapat dipilih salah satu, sesuai dokumen yang dimiliki
**Diperlukan bagi Pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri
***Diperlukan bagi Pelamar Kebutuhan Khusus Cumlaude
****Diperlukan bagi Pelamar Kebutuhan Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat
*****Diperlukan bagi Pelamar Kebutuhan Disabilitas
** ****Diperlukan bagi Pelamar yang melamar jabatan Perawat

5. Contoh surat lamaran PT

Yogyakarta, 29 Maret 2021

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth.
HRD XXX
Jl. XXX

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di Harian Medan edisi 5 Januari 2021 dengan posisi XXX, melalui surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan di PT XXX dengan posisi tersebut.

Berikut biodata singkat saya:

Nama                              : XXX
Tempat/Tanggal Lahir : XXX
Jenis Kelamin               : XXX
Alamat                            : XXX
Pendidikan Terakhir     : XXX
Email                               : XXX
Nomor HP                      : XXX

Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, berbahasa Inggris aktif, siap bekerja sesuai target dan dapat bekerja secara mandiri maupun tim. Sebelumnya saya juga memiliki pengalaman sebagai XXX selama XX tahun di perusahaan XXX.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa dokumen pendukung lainnya:

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah
  • SKCK
  • Fotokopi Surat Pengalaman Kerja
  • Pas Foto ukuran 3 x 4

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berharap mendapat kesempatan untuk wawancara supaya dapat menjelaskan lebih lengkap mengenai kemampuan yang saya miliki.

Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

(XXX)

BACA JUGA:   Untuk menghindari bola dari raihan (serobotan) lawan yang tinggi atau jangkung, maka digunakan teknik operan pantulan