Berapa Jumlah Pemain Bulutangkis

Apakah Kamu sedang cari jawaban dari pertanyaan ini “Berapa Jumlah Pemain Bulutangkis?Mediapost.id pada kesempatan ini akan menjawab pertanyaan ini sehingga kalian bisa menemukan Kunci jawaban dari “Berapa Jumlah Pemain Bulutangkis?” dengan benar dan tepat.

Tentu saja kami sangat menghargai berbagai pendapat dari para pakar (ahli), siapapun bisa menjawab, memberikan pertanyaan atau membenarkan dari jawaban yang sudah ada agar menjadi lebih tepat.

Pertanyaan :

Berapa Jumlah Pemain Bulutangkis?

Jawaban :

Itulah jawaban secara singkat tentang “Berapa Jumlah Pemain Bulutangkis?” yang banyak orang cari dari pencarian google, yahoo, yandex dan juga situs pencari lainnya.

Jawaban pertanyaan dari soal “ Berapa Jumlah Pemain Bulutangkis? ” yang kami utarakan di atas sudah melewati proses moderasi dan kami dapatkan dari berbagai sumber yang terpecaya.

Kalian juga dapat membaca uraian jawaban dari soal “Berapa Jumlah Pemain Bulutangkis?” secara lengkap dan rinci pada pembahasan di bawah ini.

Salah satu olahraga yang telah membantu meningkatkan profil Indonesia di panggung dunia adalah bulu tangkis. Faktanya, olahraga ini tidak pernah absen dari kontribusi medali di kompetisi Olimpiade mana pun, dan sering menjadi hal biasa bagi Indonesia untuk mendulang emas di kompetisi ini.

Dalam sejarah kompetisi bulutangkis di pentas internasional, negara Indonesia tidak pernah terlewatkan. Banyak pemain bulutangkis Indonesia telah memenangkan kejuaraan dunia, termasuk Christian Hadinata, Susi Susanti, dan Liliyana Natsir, serta duo terbaru Gerysia Polii dan Apriani Rahayu, yang bersaing di final ganda putri di Olimpiade Tokyo 2021.

BACA JUGA:   Setelah selesai berolahraga,sebaiknya pakaian diganti agar

Pengertian bulu tangkis

Badminton, yang kadang-kadang disebut sebagai badminton, adalah olahraga yang merupakan bagian dari keluarga permainan bola kecil. Ini dimainkan dengan memukul bola yang dikenal sebagai shuttlecock ke lapangan bermain lawan. Bulutangkis adalah olahraga yang dimainkan dengan raket untuk mengontrol pergerakan bola; itu bisa dimainkan baik secara tunggal atau ganda.

Jumlah Pemain Bulu Tangkis

Tunggal: satu lawan satu dan bisa dimainkan oleh putra maupun putri.
Ganda: satu tim terdiri dari dua orang.
Ganda campuran: satu tim terdiri dari dua orang, satu putra, dan satu putri.

Saat berkompetisi untuk kejuaraan atau dalam pertandingan, seorang juara akan sering dipilih di setiap nomor. Namun, dalam beberapa kompetisi untuk kejuaraan, ada gelar lain yang diperebutkan oleh tim, yang sering bersaing dengan nama negara masing-masing.

Sejarah olahraga bulu tangkis

Olahraga bulutangkis diyakini berasal dari abad ke-17 di wilayah Gloucestershire, Inggris, yang terletak sekitar 200 kilometer sebelah barat London. Tempat ini dikenal sebagai Badminton House. Di rumah itulah pemiliknya, yang pergi dengan moniker Duke of Beaufort, mulai terlibat dalam kegiatan ini.

Namun, baru pada tahun 1899 kompetisi pertama yang diakui untuk olahraga ini, yang dikenal sebagai All England, diadakan. Kompetisi ini telah diakui sebagai salah satu kejuaraan paling bergengsi dan tertua dalam sejarah dunia hingga saat ini.

Pada tahun yang sama, pada tanggal 5 Mei 1951, Asosiasi Bulutangkis Indonesia (PBSI) mengadakan pertemuan, yang kemudian dikenal sebagai kongres pengukuhan organisasi. Gathering ini menandai awal tumbuhnya bulu tangkis sebagai olahraga di Indonesia. Rochdi Partaatmadja terpilih sebagai ketua PBSI pertama pada kongres yang sama yang diadakan di Bandung pada waktu yang sama.

Perlengkapan permainan bulu tangkis

Ketika bermain bulu tangkis, Kalian akan membutuhkan sedikit peralatan, dimulai dengan lapangan dan turun ke shuttlecock dan raket. Penjelasan diberikan di bawah ini.

BACA JUGA:   Ciptaan Allah yang Ada di Langit - Cari Tahu Di Sini

* Lapangan bulu tangkis

Federasi Bulu Tangkis Internasional telah menetapkan dimensi berikut untuk lapangan bulu tangkis:

Panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter.
Lebar lapangan bulu tangkis adalah 6,10 meter. 5,18 meter adalah panjang lapangan yang digunakan untuk permainan tunggal.

* Net atau jaring

Panjang jaring: 610 cm
Lebar net: 76cm
3,8 sentimeter untuk pita putih di atas jaring
Tiang jaring berbentuk bulat dan berdiameter 3,8 sentimeter.
Ketinggian jaring, yang diletakkan di tengah lapangan bermain pada ketinggian 1,524 meter

* Kok (shuttlecock)

Menurut spesifikasi IBF, shuttlecock yang digunakan dalam pertandingan resmi memiliki berat sekitar 5,67 gram. Ada gabus di ujung tempat menancapnya bulu angsa

Bulu angsa biasanya berjumlah antara 14 dan 16 dan digabungkan menjadi satu kok menggunakan dua tali melingkar. Panjang kok bulutangkis biasanya 8,8 sentimeter, dan memiliki bulu angsa yang panjangnya 6,5 sentimeter dan kepala kok yang panjangnya 2,3 sentimeter.

* Raket untuk bulutangkis

Raket adalah bagian penting dari peralatan yang diperlukan untuk digunakan dalam setiap pertandingan bulu tangkis. Dalam kebanyakan kasus, raket bulutangkis akan datang dengan berat kurang dari 150 gram. Bahan baku yang digunakan dalam produksi mungkin berkisar dari grafit dan aluminium hingga karbon dan karbon dioksida.

Aturan bulu tangkis

Segala sesuatu yang berkaitan dengan olahraga bulu tangkis diatur oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), yang sering dikenal sebagai Federasi Bulu Tangkis Dunia. Ini termasuk kategori kompetisi individu dan tim. Selain itu, BWF mengatur segala sesuatu mulai dari persyaratan untuk menggunakan shuttle hingga dimensi lapangan, termasuk panjang dan lebarnya, serta aturan teknis yang berkaitan dengan permainan pertandingan itu sendiri.

Berikut adalah beberapa peraturan bulu tangkis yang menyenangkan yang harus Kalian ketahui.

1. Aturan servis

Ketika kami mengatakan bahwa aturan servis  yang kami maksud adalah:

  • Baik pemain yang melayani maupun pemain yang dilayani tidak diizinkan untuk menunda pengiriman porsi mereka.
  • Baik pemain yang akan melakukan servis maupun orang yang akan menerima servis diharuskan berdiri dalam posisi diagonal dan dipisahkan oleh jaring.
  • Baik server dan penerima diharuskan untuk menjaga setidaknya sebagian dari kaki mereka ditanam dengan kuat di tanah sampai servis selesai.
  • Ketika raket server dipukul, shuttlecock harus diposisikan sedemikian rupa sehingga berada di bawah pinggang server. Kami akan menganggap pinggang sebagai garis fiktif yang membungkus tubuh dan berjalan ke arah yang tegak lurus dengan bagian paling bawah tulang rusuk server yang lebih rendah.
  • BWF juga menggunakan penggunaan tongkat pengukur ketinggian servis selama pertandingan resmi. Tongkat ini memastikan bahwa servis pemain harus berada di bawah 110 sentimeter dari permukaan lapangan saat terkena raket server agar servis tidak dianggap sebagai kesalahan.
  • Agar penerima servis dianggap valid, bola yang dilayani harus melewati net dan masuk ke area bermain.
  • Saat bermain ganda, pemain kedua yang tidak menerima atau melayani dapat berdiri di mana saja di lapangan selama mereka tidak menghalangi pandangan orang yang menerima atau melayani.
BACA JUGA:   Daya tahan sering dikenal dengan istilah

2. Metode penilaian

  • Individu atau tim yang dapat memenangkan dua pertandingan pertama di setiap olahraga bulu tangkis dinyatakan sebagai pemenang olahraga itu.
  • Jika seorang pemain mencapai skor 21, set permainan bulutangkis yang mereka ikuti dianggap sebagai kemenangan mereka.
  • Setiap kali seseorang atau tim melakukan servis dan bola tidak dikembalikan oleh pihak lain, pemain atau tim yang melakukan servis akan diberikan poin.
  • Ketika kedua pemain dalam pertandingan tunggal atau ganda memiliki skor 20-20, ini dikenal sebagai pengaturan atau duece. Penting bagi satu orang atau tim untuk memiliki keunggulan dua poin atas saingan mereka sebelum pertandingan dapat dinyatakan berakhir.
  • Jika pertandingan bulu tangkis mencapai skor seri 29-29, pemain atau tim yang mencapai 30 poin pertama menjadi pemenang.
  • Pada pertandingan berikutnya, pemenang akan mendapat kehormatan untuk melakukan servis terlebih dahulu.
BACA JUGA:   Ciptaan Allah yang Ada di Bumi

3. Pelanggaran

  • Ketika server memukul shuttlecock lebih tinggi dari pinggang mereka, atau ketika kepala raket mereka dipukul lebih tinggi dari pegangan raket mereka, ini disebut “overhead tinggi.”
  • Shuttlecock tidak tiba di pengadilan servis yang tepat ketika seharusnya.
  • Entah kaki orang yang menerima servis tidak berada di lapangan servis, atau kaki orang yang melayani tidak berada di lapangan secara diagonal terhadap orang yang menerima servis.
  • Saat melakukan servis, server bergerak maju satu langkah.
  • Pemain dapat mencoba untuk mengintimidasi lawan mereka baik sebelum atau saat mereka melakukan servis.
  • Tembakan atau servis yang keluar dari batas, masuk ke bawah jaring, menyentuh penghalang lain atau tubuh atau pakaian pemain, atau keluar dari permainan karena alasan lain.
  • Shuttlecock yang sekarang sedang dimainkan dipukul sebelum mencapai sisi pemukul dari net.
  • Jika raket pemukul adalah satu-satunya bagian pemukul yang melewati net setelah memukul bola di zonanya (misalnya, selama kompetisi jaring), ini tidak dianggap sebagai pelanggaran.
  • Saat shuttlecock sedang dimainkan, pemain harus melakukan kontak dengan jaring atau penyangga menggunakan tubuh atau raketnya.
  • Seorang pemain atau tim mencetak poin dengan memukul shuttlecock dua kali berturut-turut dengan cepat.
  • Ada kemungkinan bahwa sampai saat ini, Kalian telah menonton atau bermain bulu tangkis tanpa menyadari aturan ini. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut!

Itulah uraian dan pembahasan dari olahraga Bulu tangkis, pengertian, sejarah, Berapa Jumlah Pemain Bulutangkis, hingga aturan olahraga bulutangkis. Semoga bermanfaat