Letak Astronomis Indonesia: Pengaruh dan Keuntungannya

Letak Astronomis Indonesia: Pengaruh dan Keuntungannya

Letak astronomis merupakan dasar untuk menentukan iklim dan daerah waktu di suatu wilayah.

Selain itu, kami akan menyebarluaskan fakta atau menjelaskan dampak letak astronomis Indonesia agar semua orang mengetahuinya.
Semoga dengan adanya sumber atau referensi ini, kita bisa lebih mengenal Indonesia dan tumbuh lebih menghargai tanah air kita.
Jadi, mari kita lihat detail yang satu ini, dan inilah yang kami temukan:

BACA JUGA:   tanaman mangga dikembangbiakan secara vegetatif buatan dengan cara

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomis Geografis Indonesia Pengaruh Dan Keuntungannya
Letak Astronomis Geografis Indonesia Pengaruh Dan Keuntungannya

Untuk mengetahui pengaruh posisi astronomis Indonesia dengan tepat, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu lokasi astronomis Indonesia, bukan?

Jika dikaitkan dengan letak astronomis, maka digambarkan sebagai letak geografis suatu wilayah berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur.

Lintang mengacu pada garis yang melingkari planet secara horizontal (melintang), sedangkan bujur mengacu pada garis yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Lintang diukur dalam derajat dan menit.

Penting untuk dipahami bahwa posisi Indonesia pada 6°LU (Lintang Utara) – 11°LS (Lintang Selatan) dan 95°BT (Bujur Timur) – 141°BT (Bujur Timur) secara astronomis.

Kondisi astronomis seperti ini berdampak pada Negara Indonesia, dan berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan pengaruh posisi astronomis Indonesia:

BACA JUGA:   Berikut ini yang bukan kegiatan dari konsep pergaulan sehat adalah….

1. Indonesia memiliki iklim tropis.

Indonesia beriklim tropis karena letak geografisnya yang berada di dekat khatulistiwa atau di dekat kutub khatulistiwa (lintang nol derajat). Selain itu, letak geografis Indonesia yang masih berada di bawah 23,5° Lintang Selatan (North Latitude) dan 23° Lintang Selatan (LS), sehingga masih berada di dalam Zona Iklim Tropis (berdasarkan kategori Iklim Matahari).

Iklim yang digambarkan sebagai tropis mengacu pada lokasi yang memiliki suhu hangat dan diterangi oleh sinar matahari sepanjang tahun, terlepas dari musim.

2. Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu yang berbeda.

Tentu kita semua tahu bahwa Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu, yang merupakan akibat dari letak geografis Indonesia.

BACA JUGA:   Jelaskan cara melakukan daya tahan pernapasan

WWaktu Indonesia bagian Barat (WIB)
Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)
Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)

Wilayah antara 90° dan 105° BT (dengan selisih waktu +7 jam dari GMT) dianggap dalam Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), yang meliputi Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Untuk tempat antara 105° dan 120° Bujur Timur (dengan selisih waktu +8 jam dengan GMT), digunakan Waktu Indonesia Tengah (WITA). Daerah-daerah tersebut meliputi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali dan Nusa Tenggara, serta pulau-pulau Sulawesi.

Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT) diamati di wilayah yang berada di antara 120 ° dan 135 ° Bujur Timur (dengan perbedaan waktu +9 jam dari GMT), yang meliputi Kepulauan Maluku dan Pulau Papua, di antara tempat-tempat lain.

BACA JUGA:   Operan yang digunakan untuk operan jarak pendek adalah

3. Suhu dan kondisi cuaca

Karena lingkungan tropis Indonesia, suhu dan kondisi cuaca di negara ini sangat ideal untuk pertanian, perkebunan, pertanian, dan penanaman tanaman, antara lain.

4. Kelimpahan dan keanekaragaman flora dan fauna

Lingkungan tropis, seperti yang kita ketahui bersama, menyebabkan Indonesia memiliki kondisi yang sangat panas dan lembab serta curah hujan yang melimpah, termasuk hujan zenithal yang lebat. Sebagai akibat dari pembentukan keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia, hal ini telah terjadi.

Perhatikan bahwa poin 1 dan 2 adalah akibat langsung dari posisi astronomis Indonesia, tetapi poin 3 dan 4 adalah konsekuensi tidak langsung dari lokasi astronomis Indonesia (karena ini adalah efek langsung dari iklim tropis).

BACA JUGA:   Untuk menjaga agar gunting kain tetap tajam, maka…

Mungkin ini menyimpulkan informasi kami tentang pengaruh letak astronomis Indonesia; kami harap kalian telah menemukannya informatif dan berharap dapat melihat Anda lagi di masa depan.