Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk

Pencarian tentang pertanyaan ” Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk… ” beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Apakah Kamu sedang cari jawaban dari pertanyaan ini ” Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk… ” MediaPost pada kesempatan akan menjawab pertanyaan ini sehingga kalian bisa menemukan Kunci jawaban dari ” Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk… ” dengan benar dan tepat.

Tentu saja kami sangat menghargai berbagai pendapat dari para pakar (ahli), siapapun bisa menjawab, memberikan pertanyaan atau membenarkan dari jawaban yang sudah ada agar menjadi lebih tepat.

Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk…

A. Cerita
B. Kisah
C. Kehidupan
D. Narasi
E. Deskripsi

Jawaban yang paling tepat : D. Narasi

Untuk lebih jelasnya silakan baca pembahasan lebih lanjut di bawah ini.

Baca juga : Membuat surat lamaran yang baik dan benar harus ditinjau dari segi

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan biografi?

Biografi Memuat Informasi Berupa Fakta Serta Disajikan Dalam Bentuk

Pengertian, Sifat, Organisasi, dan Kelas dari Berbagai Jenis

Kehidupan dan karir orang-orang terkenal sering menjadi contoh bagi orang lain untuk ditiru karena prestasi, ide, dan karya yang mereka hasilkan, antara lain. Akibatnya, ada potongan tulisan yang berkaitan dengan persona ini. Nah, apakah Anda sudah familiar dengan aspek-aspek apa itu biografi dan apa itu biografi?

BACA JUGA:   Alat dan bahan untuk menggambar ilustrasi dengan teknik kering adalah

Pengertian Biografi

Sepotong tulisan yang memberikan gambaran tentang kehidupan seseorang di samping berbagai informasi tentang individu itu disebut biografi. Singkatnya, mungkin juga untuk menyebutnya sebagai riwayat hidup individu lain yang biasanya memiliki pengaruh signifikan.

Secara etimologis, kata “pengertian” berasal dari kata Yunani “bios” yang berarti kehidupan, dan “graphien” yang berarti tulisan. Oleh karena itu, catatan tertulis tentang kehidupan seseorang dikenal sebagai biografi. Bentuknya mungkin singkat atau panjang, dan mungkin ditulis oleh orang lain.

Substansi biografi adalah kisah perjalanan hidup seseorang, diceritakan dalam detail yang praktis, dimulai dengan kelahiran subjek, peristiwa besar dalam kehidupan subjek yang membuatnya terkenal baik melalui karya, prestasi, atau pemikirannya, dan berlanjut. sampai subjek meninggal.

Apa Ciri-ciri Biografi?

Bidang biografi dibedakan dari bidang lain berkat sejumlah fitur yang membedakan. Oleh karena itu, baik substansi maupun maksud penulisan dapat diketahui secara langsung. Informasi mengenai ciri-ciri khusus yang membedakannya:

1. Format penulisan yang baku

Narasi kehidupan seseorang yang menginspirasi orang lain, berdampak positif, dan sebagainya adalah pokok bahasan biografi, yaitu catatan tertulis tentang kehidupan orang tersebut. Bahasa yang digunakan biasanya bahasa Indonesia yang ditulis dengan cara yang dianggap lebih formal.

Salah satu hal yang membedakan biografi dengan jenis tulisan lainnya, seperti fiksi pendek, adalah fakta bahwa biografi ditulis dengan menggunakan orang pertama. Selain itu, ditulis seolah-olah didasarkan pada fakta-fakta asli, seperti data pribadi atau kisah orang-orang yang terhubung dengan karakter dalam beberapa cara.

2. Hal-hal yang Terkandung dalam Tulisan

Substansi biografi adalah perjalanan hidup seseorang, dimulai dari kelahirannya dan berlanjut melalui masa mudanya, sekolahnya, dan akhirnya kelulusannya, serta kehidupan keluarganya, pencapaiannya, dan banyak aspek kehidupan lainnya. Singkatnya, ini adalah kompilasi dari cerita fiksi yang terinspirasi oleh peristiwa nyata.

BACA JUGA:   Kapan Jepang menyerah pada Sekutu?

Karena perbedaan ini, biografi tidak sama dengan cerita pendek atau novel, baik yang fiktif maupun fiktif. Tulisan tentang perjalanan hidup seseorang ini didasarkan pada pengalaman penulis, kisah orang lain yang berhubungan dengan orang tersebut, dan juga bukti nyata lainnya.

3. Gaya penulisannya

Biografi biasanya memiliki nada formal atau teratur dengan gaya penulisan yang mereka gunakan. Namun, karakter yang diangkat atau ditulis ke dalam cerita juga memiliki peran penting dalam hasil dari segalanya. Menulis formal adalah sesuatu yang diharapkan dilakukan jika Anda adalah orang yang dihormati dan terhormat, dan terutama jika Anda adalah pahlawan nasional.

Anda bebas menggunakan gaya penulisan yang lebih santai, namun, jika karakter yang Anda buat bukan pahlawan atau individu yang mulia, tetapi mereka masih memiliki dampak yang menguntungkan atau karya tertentu untuk nama mereka, Anda dapat melakukannya. Dimungkinkan untuk memulai dengan sambutan yang lebih akrab, seperti “kalian”, “kami”, “kita”, dan seterusnya.

4. Nilai Inspirasional

Selain memberikan pengetahuan dan pelajaran, kekuatan motivasi dari biografi yang baik terletak pada kemampuannya untuk menginspirasi pembacanya untuk meniru perilaku orang yang hidupnya diceritakan dalam buku itu. Mungkin kata-kata mutiara dari penulis, atau bisa juga kutipan dari tokoh itu sendiri.

Tujuan dari pemberian insentif ini adalah untuk mendorong pembaca agar mengadopsi perilaku, perbuatan, dan sebagainya positif yang ditunjukkan oleh karakter yang telah dipilih. Tidak hanya itu, ini juga berfungsi sebagai pengingat untuk terus mencoba hal baru dan tidak mudah menyerah.

BACA JUGA:   Barang Atau Hasil Karya yang Dihasilkan Melalui Keterampilan Tangan Disebut

Struktur Tulisan Biografi

Selain membahas tentang sifat dan sejarah seseorang, biografi dianggap atau apa yang dimaksud dengan biografi? Tidak ada yang salah dengan gagasan bahwa Anda juga harus belajar bagaimana mengatur tulisan Anda. Informasi mengenai struktur yang menjalankan fungsi kerangka kerja adalah sebagai berikut:

1. Orientasi

Bagian awal dari struktur sastra yang memberikan pengantar singkat kepada protagonis utama disebut “Orientasi.” Ia juga berfungsi sebagai awal atau pembuka sebuah karya sastra yang bersifat biografis. Setelah itu, ia akan melanjutkan ke konfigurasi berikutnya secara diam-diam.

Dengan kata lain, orientasi adalah proses pengenalan karakter, dimulai dengan detail mendasar seperti identitas mereka dan berkembang melalui penjelasan keluarga mereka, termasuk orang tua, saudara kandung, dan sebagainya. Bagian tentang orientasi ini perlu memiliki tulisan yang jelas sehingga pembaca dapat merasakan kemajuan saat membaca biografi.

2. Masalah dan Peristiwa

Adanya peristiwa dan situasi yang secara kolektif menjadi pendorong dimulainya penulisan sebuah karya tulis biografi merupakan komponen kedua dari struktur organisasi biografi. Agar layak ditulis sebagai curriculum vitae, perlu ada rangkaian kejadian, baik positif maupun negatif, yang menjadi alasan atau poin penting.

Subjek dari peristiwa dan kesulitan bisa tentang protagonis bertahan dalam keadaan yang paling sulit dan kemudian mencari cara untuk melarikan diri dari mereka. Oleh karena itu, karya tersebut akan memiliki kualitas tersendiri dan menjadi inspirasi bagi pembaca.

3. Reorientasi

Penyelesaian urutan proses penulisan pada orientasi, kejadian, dan kesulitan diwakili oleh tibanya pada tahap orientasi. Sering disajikan dalam bentuk pandangan atau opini pengarang terhadap tokoh atau orang luar yang kisah hidupnya diangkat.

Terserah Anda untuk memutuskan apakah reorientasi ini benar-benar terjadi atau tidak; keberadaannya di udara, yang berarti bahwa itu mungkin atau mungkin tidak menjadi kenyataan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa informasi tersebut hanya berbentuk opini penulis, yang antara lain sering menimbulkan risiko penulisan yang tidak lengkap.

BACA JUGA:   Panjang tongkat pemukul bola kasti adalah

Mengenal Berbagai Bentuk Biografi.

Ada banyak jenis biografi, dan masing-masing memiliki kategori tersendiri. Oleh karena itu, bentuk-bentuknya dapat berubah tergantung pada maksud penulis ketika ia menampilkan karakter utama dalam tulisannya. Berkenaan dengan hal tersebut, diberikan informasi sebagai berikut:

1. Menurut Diskusi

Menurut diskusi, biografi dapat dipecah menjadi salah satu dari tiga kategori: politik, intelektual, atau jurnalistik. Ketiganya memiliki fokus yang berbeda, dan karena itu, jalur yang ditempuh penulisan hanya dapat berkonsentrasi pada salah satu aspek tersebut.

Seperti namanya, mereka yang terlibat dalam politik dan kegiatan intelektual menggunakan istilah “sudut pandang”. Biasanya memiliki tujuan dan kebutuhan tertentu untuk dipelajari dalam penulisannya. Sedangkan informasi untuk jurnalistik berasal dari wawancara yang dilakukan baik dengan tokoh langsung maupun orang lain yang berhubungan dengan tokoh tersebut.

2. Menurut Penerbit

Menurut penerbit, biografi dibagi menjadi dua bagian: bagian diri dan bagian subsidi. Ketika penerbit melakukan semuanya sendiri, mulai dari menulis, mencetak, hingga distribusi, ini dikenal sebagai penerbitan independen. Bertujuan untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Penerbitan buku yang bersifat komersial dan memiliki orang tertentu yang memegang kendali, seperti sponsor, adalah contoh subsidi. Sementara subsidi berupa buku. Karena tidak didasarkan pada seberapa populernya di masyarakat, harga yang dijualnya terkadang dianggap tidak masuk akal.

3. Menurut Kontennya

Biografi dapat dibagi menjadi dua kategori menurut informasi yang diberikannya: biografi yang merinci pengalaman hidup subjek dan biografi yang berfokus pada kehidupan profesional subjek dan bagaimana biografi dapat menjadi sumber inspirasi bagi pembaca. Keduanya menawarkan tujuan untuk menunjukkan kecemerlangan karakter utama kepada pembaca.

BACA JUGA:   Kapan Jepang Menguasai Jawa?

Kisah hidup diceritakan secara mendetail, dari lahir sampai mati, dengan fokus pada peristiwa penting yang terjadi di sepanjang jalan. Ketika berbicara tentang karir, penting untuk memperhatikannya dari awal hingga titik di mana Anda telah mencapai kesuksesan dan berada di posisi Anda sekarang.

4. Dari Perspektif Penulis

Ada dua macam biografi, yaitu autobiografi dan biografi, tergantung sudut pandang pengarangnya. Siapa pun yang menulis daftar riwayat hidup adalah kunci untuk memahami perbedaan. Hal ini disebabkan fakta bahwa setiap orang memiliki kemampuan untuk menulis narasi kehidupan orang lain atau diri mereka sendiri.

Autobiografi adalah bentuk penulisan biografi di mana penulis menampilkan diri sebagai orang pertama di seluruh karya. Sebuah otobiografi, di sisi lain, adalah kisah penulis tentang hidupnya sendiri yang berkaitan dengan kehidupan orang lain (bukan dari pemilik cerita secara langsung).

Informasi yang akurat mengenai tulisan dapat diperoleh dengan terlebih dahulu memperoleh pemahaman yang mendalam tentang makna biografi. Menulis biografi kehidupan seseorang atau barang tertentu, jelas bermanfaat menjadi seseorang yang memiliki panggilan. Namun, ini tidak diperlukan. Pertanyaan yang diajukan di awal artikel tentang biografi ini telah terjawab.

Pertanyaan tentang ” Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk… ” kami sudah berusaha memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan berbargai penjelasan lengkap dan rinci.

Karena, jawaban pertanyaan ” Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk… ” yang kami utarakan di atas sudah melewati proses moderasi dan kami dapatkan dari berbagai sumber yang terpecaya.