Sikat Gigi Sebelum Apa Sesudah Makan?

Kegiatan menggosok gigi harusnya dilakukan secara rutin. Menjaga kebersihan gigi sangat penting. Sebab bakteri atau kumam yang mengumpul di dalam mulut bisa jadi sumber sarang penyakit. Namun, baiknya sikat gigi sebelum apa sesudah makan, ya?

Sejak kecil kita sudah mulai diajarkan dan dibiasakan untuk menggosok gigi untuk menjaga kebersihan mulut. Kebiasaan ini harus tetap dilakukan sampai kapanpun. Sebenarnya ada waktu terbaik yang bisa dilakukan untuk menggosok gigi.

Menurut teori waktu yang baik untuk menggosok gigi yaitu sebelum makan. Namun, secara prakteknya untuk sebagian orang hal tersebut sulit dilakukan. oleh sebab itu terkadang tidak jadi masalah jika gosok gigi dilakukan di waktu mandi pagi sebelum sarapan.

BACA JUGA:   Berikut Makanan yang Dihindari oleh Penderita Kolesterol

Daftar Isi

Alasan Menggosok Gigi Baiknya Sesudah Makan

Bagi sebagian orang yang merasa risih dan tentu tidak nyaman. Jika setelah bangun tidur melakukan aktivitas sarapan terlebih dahulu kemudian baru menggosok gigi. Teori memang menjelaskan jika menggosok gigi baiknya sesudah makan guna membersihkan sisa-sisa makanan yang bisa menjadi sarang kuman atau bakteri.

Waktu Terbaik Sikat Gigi Sebelum Apa Sesudah Makan

Berdasarkan penelitian waktu terbaik menggosok gigi yaitu pada malam hari sebelum tidur dan sesudah sarapan pagi. Waktu yang diperlukan untuk menyikat gigi baiknya selama 2 menit untuk gigi atas dan bawah.

BACA JUGA:   Apa Sih Perbedaan Keseleo Dan Saraf Kejepit?

Menggosok gigi harus dengan cara yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan supaya kesehatan gigi dan kebersihannya tetap terjaga. Bila kamu menggosok terlalu keras bisa saja melukai gusi dan mengakibatkan terjadinya infeksi. Namun, jika kamu menyikat gigi terlalu cepat resiko gigi tidak bersih dan masih meninggalkan sisa makanan.

Sikat gigi sebelum apa sesudah makan, Dalam menggosok gigi gunakan sikat gigi yang memiliki bulu dengan tekstur yang lembut. Sebab jika menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras, bisa berakibat melukai gusi atau menggeser gusi (naik ke atas). Hal ini yang disebut dengan abrasi dan menyebabkan gigi sensitif.

Jika pasta gigi dengan tekstur butiran kasar, lama-lama juga bisa berpengaruh terhadap sensitivitas gigi dan gusi. Bila kamu telah selesai menggosok gigi, sebaiknya maksimalkan pembersihan gigi dengan benang gigi. Benang gigi ini berfungsi untuk membersihkan kotoran yang tersisa di sela-sela makanan.

BACA JUGA:   22 Bahan Kimia Kosmetik Yang Berbahaya Dalam Produk Perawatan

Jangan membersihkan gigi dengan tusuk gigi, sebab ini dapat menyebabkan gusi luka dan berdarah. Pemilihan pasta gigi baiknya yang mengandung fluoride. Lakukan sikat gigi sebelum apa sesudah makan minimal 2 kali sehari.

Waktu Terbaik Menggosok Gigi

  • Pada ibu hamil, biasanya setelah menggosok gigi bisa merasa mual dan muntah. Setelah muntah dianjurkan untuk duduk dan minum air putih dahulu.
  • Setelah memakan makanan asam, sebaiknya tidak langsung menggosok gigi. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya erosi pada gigi.
  • Lakukan sebelum tidur malam. Jika kamu telah menggosok gigi malam, namun kembali merasa lapar hingga mengkonsumsi makanan maka kamu harus tetap menyikat gigi kembali setelahnya. Sebab, saat malam hari produksi air liur akan berkurang dan mulut akan lebih kering. Saat mulut kering, ini bisa menyebabkan kuman atau bakteri lebih mudah berkembang.
  • Setelah makan baiknya beristirahat selama minimal 15 menit terlebih dahulu, jangan langsung menggosok gigi.
  • Menyikat gigi setelah menyelesaikan sarapan pagi dan jangan lupa juga untuk selalu sedia benang gigi untuk memaksimalkan kebersihan gigi.
BACA JUGA:   7 Alasan Mengapa Batuk Kalian Tidak Kunjung Hilang

Nah, itu dia waktu yang tepat untuk menggosok gigi. Selain memperhatikan waktu yang tepat saat menggosok gigi, kamu juga harus menyikat gigi dengan cara yang benar. Pilihan sikat gigi sebelum apa sesudah makan, kepala yang kecil dan bisa menjangkau ke seluruh bagian gigi merupakan hal penunjang lain yang perlu diperhatikan. Sudahkah kamu menggosok gigi?