Lakukan Perawatan Hardware Laptop Secara Rutin

Apa yang dimaksud dengan Perawatan Hardware ?

Istilah Perawatan Hardware/perangkat keras mengacu pada serangkaian layanan dukungan yang ditujukan untuk mengoptimalkan dan/atau memperbaiki Hardware, server, jaringan, dan storage. Pemeliharaan kontrak, pemasangan, layanan konsultasi teknis per jam, dan suku cadang adalah contoh dari layanan ini. Layanan biasanya mencakup hal-hal seperti helpdesk, thigh-level engineering, field engineers, on-site technical personnel, dan suku cadang.

Memperbaiki dan mengganti Hardware komputer/laptop yang rusak atau tidak berfungsi adalah bagian dari perawatan Hardware komputer/laptop. Pemeliharaan preventif juga penting. Banyak bisnis besar dan menengah mengandalkan perbaikan komputer untuk menjaga pperangkat mereka berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:   Cara Mengganti HDD Laptop Dengan SSD tanpa Install Ulang

Komputer saat ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi semuanya membuat kita tetap terhubung dengan dunia digital kita setiap saat. Perawatan hardware tetap harus dilakukan, baik menggunakannya untuk bisnis atau hiburan, sangat penting untuk menjaganya dalam kondisi bersih dan bebas noda. Komputer yang terpelihara dengan baik, dari daya tarik estetika hingga fungsionalitas operasionalnya, terlihat baik, tahan lama, dan beroperasi secara konsisten.

Menjaga komputer/laptop kalian dalam keadaan baik akan memperpanjang umur komputer/laptop kalian baik di dalam maupun di luar. Sistem operasi yang rusak, CPU yang panas, atau baterai yang cepat habis adalah masalah komputer/laptop yang dapat dihindari. Tentu saja yang dapat dihindari dengan sedikit perawatan rutin.

Mari kita lihat Tips perawatan Hardware PC berikut untuk memastikan bahwa PC kalian terus memberikan kinerja yang kuat dan tampilan tetap bagus selama bertahun-tahun.

Menjaga Komputer tetap Bersih

Membersihkan komputer kalian secara teratur akan membantunya bertahan lebih lama, menghemat waktu dan uang kalian untuk perbaikan dan penggantian. Ingatlah bahwa komputer/laptop sangat rentan terhadap debu dan panas berlebih, jadi mengambil tindakan pencegahan ini dapat membantu mengurangi risiko dan menjaga komputer/laptop kalian berfungsi sebaik mungkin.

BACA JUGA:   Perhatikan Hal Ini Sebelum Upgrade RAM Laptop Kalian

1. Menggunakan udara bertekanan, bersihkan keyboard kalian.

2. Bersihkan monitor komputer/laptop kalian.

3. Singkirkan debu dan partikel yang menumpuk di mouse kalian.

4. Pastikan sistem kalian benar-benar bersih.

5. Restart atau matikan gadget kalian secara berkala.

Sistem operasi kalian harus diperbarui.

Salah satu cara paling sederhana untuk melakukan perawatan hardware dasar adalah dengan menjaga sistem operasi kalian tetap terbaru. Baik kalian menggunakan Windows, Mac, atau Linux, memperbarui PC kalian saat update baru tersedia, bisa menjaga kinerjanya tetap baik.

Dengan pemeriksaan pembaruan sekali sehari, Windows 10 dikenal untuk menjaga pengguna tetap up to date. Pemindaian otomatis ini berjalan di latar belakang dan selalu memberi tahu kalian jika ada perangkat lunak/software penting atau patch sistem operasi yang diperlukan. Tujuan keseluruhannya adalah untuk meningkatkan kinerja PC kalian, oleh karena itu kalian harus memperbarui ketika Windows menyarankannya.

Perlu dicatat bahwa beberapa peningkatan membutuhkan waktu lebih lama daripada biasanya. Biarkan Windows melakukan update tanpa mengganggu pekerjaan kalian. Lakukanlah update saat sudah selesai dengan pekerjaan kalian, atau saat kalian istirahat/tidur.

BACA JUGA:   Windows 11 Tidak Kompatibel di PC Kamu? Begini cara ceknya

1. Perawatan Hardware dengan update Antivirus.

Kalian harus menjalankan pembaruan program antivirus pada hari yang sama tersedianya untuk menghapus virus. Pembaruan ini dapat memberikan fitur perangkat lunak baru atau meningkatkan yang sudah ada. Kalian biasanya dapat mengatur sistem kalian untuk pembaruan otomatis, tetapi jika perangkat lunak antivirus kalian saat ini mengirimi kalian sinyal, kalian harus menyelesaikan pembaruan sesegera mungkin.

2. Ubah kata sandi kalian secara berkala.

Serangan cyber yang mencuri kredensial login adalah salah satu cara termudah bagi peretas untuk mendapatkan akses ke perangkat kalian. Mereka dapat mengakses informasi penting seperti email spam, informasi perbankan, dan lainnya jika mereka mendapatkan akses ke perangkat kalian.

Para ahli biasanya menyarankan untuk mengubah kata sandi setiap bulan. Atau kalian bisa juga mengubah Kata sandi kalian 4 kali dalam setahun.

3. Perhatikan update firmware.

Firmware adalah bagian kecil dari perangkat lunak yang membuat hardware komputer kalian berjalan dengan lancar. Pembaruan ini terkadang disertakan dalam pembaruan komputer utama, tetapi kalian juga dapat memeriksa pembaruan firmware secara manual di banyak perangkat.

BACA JUGA:   7 Aksesori Laptop Pendukung Yang Wajib Dimiliki!

Hapus semua file dan aplikasi yang tidak perlu dari komputer/laptop kalian.

Jumlah file yang tidak digunakan pada hard disk komputer/laptop merupakan indikator yang baik dari usianya. Program yang tidak digunakan dan file sampah lama mungkin menghabiskan lebih banyak ruang daripada yang kalian kira.

PC kalian pasti memiliki bagian yang adil dari sampah digital di desktop kalian atau di start menukalian, dari versi perangkat lunak yang lama hingga salinan surat lamaran kalian yang bahkan sudah pensiun. Jika aplikasi dan file ini terus terakumulasi, mereka mungkin dengan cepat menjadi babi kinerja.

1. Hapus semua program yang tidak lagi digunakan.

Perawatan Hardware dengan menghapus program yang tidak diperlukan dari perangkat kalian untuk menghemat memori. Jika kalian mengurutkan program berdasarkan ukuran, kalian dapat menemukan program mana yang menggunakan memori paling banyak, lalu memilih program mana yang akan dihapus.

BACA JUGA:   'PC ini tidak dapat menjalankan Windows 11': Cara memperbaiki masalah dengan TPM dan Boot Aman

2. Bersihkan sampah di Recycling Bin.

File dipindahkan ke Recycling Bin saat kalian atau pengguna lain menghapusnya. Ini memberi kalian satu kesempatan terakhir untuk memulihkan file yang dihapus, tetapi juga dapat menyumbat hard disk kalian jika kalian tidak menghapusnya secara teratur. Periksa Recycling Bin sebulan sekali untuk mencari file yang mungkin terhapus secara tidak sengaja dan hapus sisanya.

3. Lakukan pembersihan disk (Disk Clean Up)

Pembersihan disk akan membantu kalian mengosongkan ruang di HDD/SSD kalian. Ini akan menghapus lampiran besar, file sementara, dan file bahasa yang berlebihan.

4. Hapus File sementara internet

Hapus file internet sementara dan bersihkan cache kalian untuk mempercepat mesin kalian. Untuk menghapus cookie ini, setiap browser memiliki caranya sendiri.

5. Unggah file ke cloud.

Penyimpanan cloud memungkinkan kalian untuk menyimpan gigabyte data tanpa menghabiskan RAM pada hard disk kalian. Lebih baik lagi, kalian dapat membagikan file kalian ke berbagai perangkat yang menggunakannya. Transfer file ke penyimpanan cloud saat kalian mengunduhnya sepanjang hari untuk mengosongkan ruang di hard disk kalian.