Perhatikan Hal Ini Sebelum Upgrade RAM Laptop Kalian

Apakah kalian ingin Upgrade RAM laptop kalian? Sebelumnya, kalian harus perhatikan hal-hal ini. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory dan merupakan salah satu komponen komputer yang paling penting. Memori berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Oleh karena itu, saat laptop dimatikan, data yang tersimpan di RAM hilang.

RAM tidak sama dengan HDD/SSD, yang dapat menyimpan data tanpa batas atau permanen. RAM membantu meningkatkan kinerja laptop atau komputer. Semakin besar kapasitas RAM, semakin bagus kinerja komputer.

Upgrade RAM tidak dapat dilakukan pada beberapa laptop karena RAM disolder ke motherboard. Kalian bisa cek di vendor/buku manual yang ada di panduan laptop kalian. Atau kalian bisa cek  [DI SINI]

Daftar Isi

Tips Yang perlu Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Laptop

Banyak orang memperbarui RAM mereka karena sangat penting untuk meningkatkan kinerja laptop. Namun, upgrade RAM laptop tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Kebutuhan Untuk Upgrade RAM Laptop

Mengetahui kebutuhan RAM Laptop kalian adalah hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum meningkatkan RAM Laptop. Misalnya, laptop yang dipakai untuk tugas sehari-hari seperti browsing online, streaming film, menjalankan Microsoft Office, dan memainkan beberapa game harus memiliki setidaknya 8 GB RAM.

Mengingat bahwa banyak PC kelas menengah dan bawah hadir dengan 4 GB.  Namun, mereka lambat untuk merespons dan cepat lemot setelah satu atau lebih proses sistem mulai beroperasi. Oleh karena itu, kami merekomendasikan penyimpanan minimal 8 GB.

BACA JUGA:   Cara Mudah Reset Keyboard Laptop

Saat digunakan untuk gaming, laptop dengan RAM sebesar itu tidak akan lag. Namun, hanya kalian sendiri yang dapat memutuskan berapa banyak kapasitas yang akan ditambahkan.

Perlu diperhatikan, bahwa kalian tidak boleh upgrade RAM laptop kalian tanpa terlebih dahulu menilai apakah kalian memerlukannya untuk mendukung aktivitas atau tidak. Karena banyak sekali individu yang ingin meningkatkan performa dan mengupdate RAM mereka ke kapasitas yang besar.

Kapasitas RAM tidak akan digunakan jika tidak diperlukan. Begitu pula dengan penambahan RAM dengan kapasitas yang sedikit tidak akan berpengaruh pada kinerja laptop kalian.

2. Cek sistem operasi laptop kalian sebelum upgrade RAM Laptop

Cek apakah sistem operasi yang terpasang di laptop kalian, apakah 32-bit atau 64-bit. Perbedaan utama adalah jumlah kapasitas register yang dapat ditangani oleh CPU (Central Processing Unit) dalam satu perhitungan. Tentu saja, apabila yang terpasang adalah 64-bit, dapat menangani lebih banyak data daripada sistem 32-bit.

BACA JUGA:   Cara Mengganti HDD Laptop Dengan SSD tanpa Install Ulang

Misalnya, dengan Windows 10 32-bit, maksimum RAM adalah 4GB. Hanya membaca 4GB ketika kalian upgrade RAM dengan kapasitas lebih besar dari itu.

3. Ketahui Jenis RAM sebelum upgrade RAM Laptop

Sebelum upgrade memori RAM laptop kalian, pastikan kalian mengetahui tipe mana yang pas untuk laptop kalian. SODIMM adalah singkatan dari Dual Inline Memory Module dan digunakan di laptop, sedangkan DIMM adalah singkatan dari Dual Inline Memory Module dan digunakan di PC.

SODIMM DDR3 8GB PC-12800 sebagai contoh (800 MHz). DDR3 menunjukkan jenis RAM yang digunakan, 8GB menunjukkan ukuran RAM, dan PC3-12800 (800 MHz) menunjukkan memori dengan kecepatan 800 MHz.

4. Lihat Frekuensi RAM sebelum upgrade RAM Laptop

Perhatikan frekuensi RAM di laptop kalian jika kalian ingin meningkatkan RAM-nya. Jika RAM standar adalah DDR3 PC3-10700 (667MHz), peningkatan RAM harus dengan kecepatan yang sama atau serupa. Karena jika keduanya tidak cocok, maka RAM baru akan memanfaatkan memori bawaan laptop.

BACA JUGA:   Cara Upgrade RAM Laptop Kamu? Mudah, Ikuti Petunjuk Ini

Untuk mengecek Frekuensi Ram  dan Jenis RAm kalian, kalian bisa download dan instal CPU-Z di sini

Misalnya, jenis RAM bawaan laptop yang disebutkan telah diganti dengan jenis RAM DDR PC3-12800 (800 MHz) yang baru. RAM baru akan beroperasi pada frekuensi RAM default, yang dapat mengakibatkan kecepatan RAM lebih lambat.

Jika kalian masih belum jelas tentang berapa banyak RAM yang harus ditingkatkan dan bagaimana melakukannya sedemikian rupa sehingga memengaruhi kinerja laptop, konsultasikan dengan teman atau spesialis teknologi. Ini dapat membantu kalian menghindari mengambil langkah yang salah saat meningkatkan RAM kalian.

Meskipun Ram telah diperbarui ke kapasitas yang jauh lebih besar, setiap laptop memiliki kapasitas konsumsi RAM berbeda, kemungkinan RAM tersebut tidak terbaca seluruhnya. Akibatnya, apa yang dibaca terbatas pada kapasitas RAM penuh laptop, sementara yang lainnya dibuang.

BACA JUGA:   7 Aksesori Laptop Pendukung Yang Wajib Dimiliki!

Kalian bisa menggunakan laptop untuk melakukan berbagai hal dengan kapasitas RAM yang besar, seperti mengedit film, menonton film, bermain game, dan lain sebagainya. Alhasil, jika kalian ingin mendongkrak performa laptop kalian, jangan takut untuk upgrade RAM laptop kalian.