Tahukah, Induk organisasi pencak silat di Indonesia?

Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah

Pencak silat adalah beladiri yang telah ditetapkan UNESCO menjadi Warisan Budaya Tak Benda dari Indonesia. Yang mana Induk organisasi pencak silat di Indonesia di beri nama Ikatan Pencak Silat Indonesia atau yang di singkat dengan nama IPSI.

Yuk kenali lebih lanjut tentang Sejarah Pencak Silat

Sejarah dan Induk organisasi pencak silat di Indonesia

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), juga dikenal sebagai Federasi Pencak Silat Indonesia, adalah organisasi pendiri negara. Pencak silat tidak hanya memiliki induk organisasi tersendiri dari cabang olahraga lainnya, tetapi juga memiliki induk organisasinya sendiri.

BACA JUGA:   Alat dan bahan untuk menggambar ilustrasi dengan teknik kering adalah

Pencak silat bukan hanya bentuk bela diri, tetapi juga merupakan jenis seni yang menggabungkan beberapa gerakan yang menarik. Ciri karakter ini adalah dia bergerak dengan cara yang tampak seperti menari.

Pencak silat kini mengalami perkembangan yang luar biasa sebagai akibat dari berdirinya induk organisasi pencak silat yang beranggotakan para praktisi pencak silat di seluruh Indonesia.

Induk Organisasi Pencak Silat di Indonesia

Ikatan Pencak Silat Indonesia atau lebih dikenal dengan IPSI adalah organisasi pencak silat nasional. Organisasi ini dianggap sebagai organisasi pertama yang menciptakan istilah “pencak silat”.

Nama induk organisasi pencak silat Indonesia didirikan pada tanggal 18 Mei 1948, di Surakarta, dan dikenal sebagai Induk Pencak Silat Indonesia. Wongsonegoro menjabat sebagai ketua umum IPSI saat itu.
Ketika frase pencak silat diciptakan, itu didasarkan pada arti kata yang sama, diikuti oleh keinginan untuk menyatukan Perguruan Pencak Silat dan Perguruan Silat.
Sejak pengukuhan nama IPSI, beberapa negara telah mengesahkan penamaan bela diri ini dengan nama “Pencak Silat” dalam Organisasi Federasi Internasional bertajuk Federation of Pencak Silat Antar Bangsa (Persilat International Federation of Pencak Silat Antar Bangsa) (PERSILAT). .

BACA JUGA:   Jelaskan apa yang dimaksud dengan daya tahan

Berdirinya Federasi Pencak Silat Indonesia sebagai induk organisasi bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni bela diri ini sekaligus mempersatukan berbagai aliran pencak silat di tanah air.

Sejarah Organisasi induk pencak silat

Menurut situs web IPSI, berikut adalah gambaran singkat tentang sejarah organisasi:

1. Perhimpunan Pencak Silat Indonesia 1922

Khususnya pada tahun 1922 di Everythingherang, Subang, Jawa Barat, dilakukan upaya untuk menyatukan kembali aliran-aliran pencak silat yang telah terpisah sejak masa penjajahan Belanda.
Untuk menyatukan aliran-aliran pencak silat Jawa Barat yang telah tersebar di seluruh nusantara, maka dibentuklah Persatuan Pencak Silat Indonesia.

2. Gabungan Pencak Mataram 1943

Pada masa penjajahan Jepang, Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, menjabat sebagai pembela rakyat Indonesia. Upaya serupa juga pernah dilakukan di kota Yogyakarta pada tahun 1943, maka sejumlah tokoh pejuang dalam pembentukan berbagai bentuk pencak silat adalah:

  • R. Brotosoetarjo dari Mataram Budaya Indonesia.
  • Muhammad Djoemali adalah penduduk asli Taman Siswa
  • RM. Harimurti dari Krisnamurti.
  • Abdullah dari organisasi Pencak Kesehatan.
  • R. Soekiman dari Rukun Kasasaning Badan adalah anggota kelompok tersebut.
  • Ali Purwarso adalah warga Setia Hati.
  • Suwarno adalah anggota komunitas Setia Hati Terate.
  • R. Mangkupujono, perwakilan dari Persatuan Hati.
  • RM Sunardi Suryodiprojo adalah penduduk asli Reti Ati
BACA JUGA:   Operan yang dilakukan untuk menerobos lawan yang tinggi adalah

Kemudian ia mendirikan sebuah organisasi yang dikenal dengan nama Gapema, atau Paguyuban Pencak Mataram, guna mengkoordinir mobilisasi pencak silat yang berkembang di Kesultanan Kerajaan Yogyakarta saat itu.
Pasukan yang dikenal dengan nama Gapema ini seluruhnya terdiri dari para pendekar pencak silat, banyak dari mereka juga terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

3. Gabungan Pentjak Seluruh Indonesia dibentuk pada tahun 1947.

Tidak sampai beberapa tahun kemudian, pada tahun 1947, di kota Yogyakarta, sebuah organisasi bernama Gapensi (Persatuan Pencak silat Indonesia) didirikan dengan tujuan untuk menyatukan semua aliran pencak silat di bawah satu payung organisasi.
Gapensi dibentuk oleh Muhammad Djoemali dari Taman Siswa, yang berkolaborasi dengan banyak individu dari sekolah pencak silat, termasuk

  • RM Soebandiman Sirdjoatmodjo dari aliran pencak silat Perisai Diri.
  • Ki Widji HArtani dari Prisai Sakti Mataram.
  • R Brotosoetajo dari budaya Indonesia mataram.
  • Widjaja.

4. Ikatan Pentjak Seloeroeh Indonesia 1948

Pada tanggal 2 Juni 1948, PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia) yang kemudian berubah nama menjadi KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), mengadakan Musyawarah Cabang Pencak di Solo yang dihadiri oleh perwakilan dari seluruh tanah air.
Pertemuan tersebut didahului dengan pertemuan di Solo pada awal tahun 1947 untuk membahas pembentukan Panitia Persiapan Perhimpunan Pencak Silat Indonesia, yang diorganisir oleh Bapak Wongsonegoro, Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan saat itu, dan yang diorganisir oleh Pak Wongsonegoro.
Sebagai hasil dari konferensi ini, dibentuklah panitia IPSI (Ikatan Pencak Seloeroeh Indonesia) pada bulan Mei 1947, dengan Tuan Wongsonegoro sebagai ketuanya pada saat itu. IPSI adalah organisasi nirlaba yang beroperasi di bawah naungan Kementerian Pembangunan dan Pemuda.
Beberapa perguruan tinggi yang terlibat aktif dalam memperjuangkan keutuhan IPSI diberi gelar Perguruan Tinggi Sejarah dan diangkat menjadi Anggota Khusus IPSI di bawah pimpinan Mayjen TNI Eddie Marzuki Nalapraya selama menjabat sebagai pimpinan organisasi tersebut. Antara tahun 1948 dan 1973, mereka dianggap memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sejarah dan perkembangan IPSI dan pencak silat pada umumnya.

BACA JUGA:   Salah satu contoh olahraga yang memiliki unsur tolakan yaitu
Sejarah Dan Induk Organisasi Pencak Silat Di Indonesia
Sejarah Dan Induk Organisasi Pencak Silat Di Indonesia

Historis Perguruan Pencak Silat

  • Setia Hati
  • Persaudaraan Setia Hati Terate
  • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
  • PSN Perisai Putih
  • Tapak Suci Putera Muhammadiyah
  • Phasadja Mataram
  • Perpi Harimurti
  • Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI)
  • PPS Putra Betawi
  • KPS Nusantara
Itulah induk organisasi pencak silat yang ada di Indonesia beserta sejarah perkembangannya.