5 Negara dengan jumlah Penduduk terkecil di dunia 2022

Negara dengan jumlah Penduduk terkecil – Tidak perlu bagi suatu negara untuk memiliki jutaan orang yang tinggal di wilayahnya agar dianggap sebagai negara. Deklarasi Montevideo tahun 1933 menetapkan bahwa pembentukan negara hanya membutuhkan pemenuhan empat syarat: keberadaan penduduk tetap di dalam wilayah, keberadaan pemerintahan yang sah di dalam negara, dan kapasitas negara untuk membentuk hubungan diplomatik dengan negara lain.

Selama setiap negara di dunia mampu memenuhi setiap kondisi ini, jumlah penduduk yang relatif rendah tidak akan menjadi masalah. Namun demikian, agar pembentukan suatu negara diakui secara resmi, perlu terlebih dahulu memperoleh pengakuan internasional.

Daftar Isi

5 Negara dengan jumlah Penduduk terkecil di dunia 2022

Berikut ini adalah daftar negara-negara di dunia yang akan memiliki orang paling sedikit yang tinggal di dalamnya pada tahun 2022.

1. Vatikan

Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia dalam hal luas daratan, dan juga merupakan kediaman Paus Fransiskus. Kota Vatikan, yang terletak di Italia dan dianggap sebagai negara tersendiri, mencakup area seluas hanya 0,49 km2 secara keseluruhan.

Vatikan dikatakan memiliki populasi terendah di dunia, yaitu sekitar 801 orang, sebagai akibat dari wilayahnya yang kecil, yang membatasi jumlah orang yang dapat menyebut diri mereka warga negara di sana.

Meskipun dianggap sebagai negara yang sangat kecil, Vatikan, yang merupakan rumah bagi paus serta agama Katolik Roma, ditampilkan dalam daftar negara paling kuat di dunia.

BACA JUGA:   jepang mengalami penurunan jumlah penduduk hal tersebut terjadi karena

2. Nauru

Nauru memiliki perbedaan sebagai negara kepulauan terkecil di dunia, mengikuti jejak Kota Vatikan, yang memegang gelar negara dengan total luas daratan terendah di seluruh dunia. Nauru adalah negara yang ditemukan di Kawasan Asia Pasifik dan hanya terdiri dari satu pulau kecil yang berukuran sekitar 20 km2.

Populasi Nauru, yang hanya di suatu tempat di wilayah 10.800 orang, cukup kecil karena posisi negara di tempat yang agak terisolasi. Nauru dulunya adalah salah satu negara terkaya di dunia karena tambang fosfat yang dimilikinya. Ini terjadi setelah memperoleh kemerdekaannya dari pendudukan Inggris.

Namun demikian, sebagai akibat dari aktivitas penambangan yang berlebihan dan menipisnya mineral, Nauru saat ini dianggap sebagai salah satu negara termiskin di dunia.

BACA JUGA:   Wirausahawan yang mampu berkembang adalah wirausahawan yang selalu berorientasi kepada masa depan

3. Tuvalu

Tuvalu, yang terletak di wilayah Asia Pasifik dan merupakan anggota Persemakmuran Inggris, memiliki orang paling sedikit ketiga dari negara mana pun di dunia. Tidak ada lebih dari 11.900 orang yang tinggal atau tinggal di negara ini saat ini.

Baik Nauru dan Tuvalu memiliki luas hanya 30 km2, sehingga tidak banyak perbedaan antara keduanya. Perekonomian Tuvalu sangat bergantung pada pariwisata, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi penurunan tajam dalam jumlah pengunjung yang datang dari negara lain. Akibatnya, pendapatan negara dari pariwisata telah menderita.

4. Palau

Ketika kita bergerak melalui Asia Pasifik, kita sampai ke negara bagian Palau, yang memegang rekor memiliki populasi terkecil keempat dari negara mana pun di dunia dan populasi terkecil ketiga di wilayah Oseania. Negara ini terdiri dari sekitar 500 pulau dan mencakup area seluas 450 km2 secara total.

BACA JUGA:   Kapan perang antara Jepang dan Cina berakhir?

Meskipun tampaknya relatif besar dibandingkan dengan negara-negara yang datang sebelumnya, populasi Palau hanya mencapai 18.169 orang, dan kepadatan penduduknya adalah 39 km2 per kilometer persegi.

Palau, seperti banyak negara pulau kecil lainnya di Kawasan Asia Pasifik, memperoleh sebagian besar pendapatannya dari pariwisata, tetapi negara itu juga menghasilkan uang dari ekspor budaya lautnya.

5. San Marino

Setelah kembali ke benua Eropa, ditemukan bahwa Italia masih memiliki negara kecil di dalam perbatasannya. Negara kecil San Marino, yang didirikan beberapa abad yang lalu, dapat ditemukan di wilayah timur laut Italia dan mencakup area seluas 60 km2.

Meskipun tampaknya hanya sebuah negara kecil, San Marino sebenarnya memiliki populasi lebih dari 20.000 orang, khususnya 34.017. Industri perbankan, industri keramik, dan industri elektronik semuanya berkontribusi pada perekonomian San Marino. Mereka terlibat dalam bisnis mengekspor barang-barang manufaktur mereka ke berbagai negara di Eropa.

BACA JUGA:   Negara Asia Tenggara di Sebelah Timur Laos

Selain itu, pariwisata adalah industri yang menyumbang 22 persen dari produk domestik bruto (PDB) San Marino. Hal ini disebabkan fakta bahwa negara ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari negara lain, terutama untuk MotoGP Dan F1 Grand Prix.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.